Saat ini kita tengah memasuki musim penghujan, cuaca dingin pun kerap sekali melanda. Nah, karena adanya cuaca dingin yang disebabkan oleh hujan ini tubuh pun menjadi sangat rentan terkena berbagai penyakit. Dan Anda pun harus melakukan berbagai tips menjaga kesehatan pada musim penghujan.

Karena adanya pergantian musim dari kemarau ke penghujan ini jugalah yang nantinya akan membuat tubuh menjadi sangat rentan terkena berbagai gangguan kesehatan, hal ini diakibatkan tubuh kita harus bisa beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berbeda dengan suhu sebelumnya.

Untuk menjaga tubuh agar senantiasa sehat pada musim hujan sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai hal yang sangat sederhana, namun seringkali karena terhalang dengan berbagai kesibukan, maka kita pun menjadi lupa akan pentingnya masalah kesehatan di musim penghujan ini.

Agar kita selalu terhindar dari berbagai penyakit yang muncul di musim penghujan, penting bagi kita untuk menerapkan berbagai tips merawat kesehatan di musim penghujan dengan cara berikut ini:

Tips menjaga kesehatan pada musim penghujan

Selalu sedia payung dan jas hujan

Tips menjaga kesehatan pada musim penghujan yang pertama yakni selalu membawa payung maupun jas hujan kemanapun Anda akan pergi. Karena kedua benda tersebut sangatlah penting untuk Anda bawa di saat musim penghujan seperti sekarang ini.

Dengan cuaca yang sedang tidak menentu, meski pagi hari terlihat sangat cerah, bisa saja pada sore hari tiba-tiba hujan, bukan? Untuk menghindari Anda terjebak hujan yang tak kunjung reda sehingga Anda harus memutuskan untuk hujan-hujanan, alangkah lebih baik kedua bendar ini selalu Anda bawa sebagai persiapan jika sewaktu-waktu turun hujan.

Mengonsumsi makanan yang sehat

Saat musim penghujan datang, suhu pun akan berubah menjadi lebih rendah sehingga tubuh akan memerlukan banyak kalori agar bisa menghangatkannya. Tak hanya itu, tubuh juga membutuhkan asupan nutrisi yang cukup agar mencegah terserangnya suatu penyakit.

Jadi, jangan lupakan tips menjaga kesehatan pada musim penghujan ini agar selalu rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dan juga antioksidan guna memperkuat sistem imun dalam tubuh.

Jangan lupa mencuci tangan

Penularan virus bisa terjadi kapan saja dan dengan cara bagaimana saja, salah satunya melalui kontak fisik. Oleh karena itu jangan sampai Anda melupakan kebersihan tangan. Cucilah tangan Anda sampai bersih guna mencegah penyebaran kuman yang bisa saja tertular lewat tangan.

Anda juga dianjurkan untuk selalu membawa hand sanitizer ke mana pun Anda akan pergi untuk mengurangi risko tertularnya penyakit.

Minum air bersih dan sesekali diselingi oleh teh herbal

Tips menjaga kesehatan pada musim penghujan juga bisa kamu lakukan dengan banyak meminum air putih agar bisa mendetoks tubuh dari racun dan menjaga ketahanan tubuh dari penyakit. Tak hanya itu, sangatlah penting bagi Anda dalam memastikan jika air yang Anda minum bersih dan matang, ya.

Selain meminum air putih yang bersih dan matang, Anda juga bisa menyelinginya dengan minum teh herbal untuk menguatkan dan menghangatkan tubuh pada musim penghujan ini.

Mandi setelah kehujanan

Mungkin tips yang satu ini terdengar sepele, akan tetapi mandi saat Anda telah kehujanan bisa membantu Anda dalam mengusir berbagai infeksi. Saat mandi, jangan lupa tambahkan beberapa tetes Dettol dan Savlon ke dalam bak air agar dapat menghilangkan kuman.

Selalu menggunakan pakaian yang hangat

Saat Anda sudah merasa dingin diakibatkan hujan, kenakanlah pakaian hangat dan juga tebal guna menjaga selalu tubuh Anda agar selalu hangat. Lakukan tips menjaga kesehatan pada musim penghujan ini pada saat Anda akan keluar rumah dan pada saat Anda benar-benar merasa kedinginan.

Menggunakan alas kaki dengan baik dan benar

Cacing dan jamur dapat masuk kapan saja ke dalam tubuh melalui kaki, oleh sebab itu selalu gunakan alas kaki dengan benar saat Anda akan keluar rumah. Dan selalu pastikan pula jika kaki Anda tetap dalam keadaan yang bersih dan menggunakan sepatu atau sandal yang bersih.

Selalu menjaga kebersihan lingkungan

Tips menjaga kesehatan pada musim penghujan terakhir yakni selalu menjaga dan memperhatikan lingkungan sekitar agar tetap bersih sehingga Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit yang bisa saja muncul. Selalu bersihkan lingkungan sekitar dari sampah guna mencegah berbagai peenyakit bersarang.

BACA JUGA: Musim hujan telah tiba, Ciri-ciri nyamuk aedes aegypti yang harus diwaspadai

Itulah tips menjaga kesehatan di musim penghujan yang bisa Anda terapkan mulai saat ini. Semoga kita selalu terhindar dari beberapa penyakit yang bisa kapan saja datang, ya!