Banyak orang mungkin berpikir jika gula pasir hanya bisa digunakan sebagai pelengkap makanan maupun minuman saja, akan tetapi manfaat gula pasir untuk kecantikan juga ternyata bisa Anda dapatkan, lho!

Dalam kristal-kristal gula pasir Anda bisa memanfaatkannya sebagai bahan alami yang pastinya ekonomis dalam menggantikan perawatan kulit yang mahal. Berasal dari bahan yang alami, kini Anda bisa menggunakan gula pasir sebagai perawatan tanpa harus merasa takut akan memberikan efek yang tak baik untuk kulit.

Penasaran apa saja manfaat gula pasir untuk kecantikan? Berikut ini beberapa manfaatnya, antara lain:

Manfaat gula pasir untuk kecantikan

Menetralkan radikal bebas

Menggunakan gula sebagai scrub yang alami merupakan salah satu cara untuk bisa menetralkan radikal-radikal bebas yang terdapat pada wajah Anda. Sehingga Anda akan terhindar dari berbagai masalah kulit kusam, penuaan dini, dan masalah kulit wajah lainnya.

Manfaat gula pasir juga akan memberikan wajah Anda kelembapan sehingga akan lebih terlihat cerah dan glowing.

Aman digunakan bagi kulit yang cenderung sensitif

Gula pasir terbuat dari air, sehingga hal ini tak akan menyebabkan efek samping bagi Anda yang mempunyai masalah kulit yang sensitif. Melakukan perawatan rutin dengan bahan dasar gula pasir dipercayai dapat memberikan manfaat untuk mengangkat sel kulit mati, tanpa menyebabkan masalah bagi kulit sensitif.

Menghidrasi kulit

Manfaat gula pasir untuk kecantikan selain bisa Anda gunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati hingga membuat kulit menjadi lebih cerah dan bersih, gula pasir juga akan memberikan manfaat untuk kelembapan kulit wajah Anda.

Jika Anda rutin perawatan dengan melakukan scrub gula pasir bisa menghidrasi kulit Anda sehingga kelembapan dan kesehatannya selalu terjaga.

Mengangkat sel kulit mati

Manfaat gula pasir juga bisa Anda dapatkan untuk mengangkat sel kulit mati. Anda bisa mencampurkannya dengan beberapa bahan lainnya seperti madu dan minyak zaitun.

Dapat menghaluskan dan memerahkan bibir

Bibir yang kusam dan juga kasar akan sangat mengganggu penampilan Anda sehingga membuat Anda menjadi tak percaya diri. Akan tetapi, kini Anda bisa mengatasinya dengan mudah menggunakan gula pasir.

Anda bisa melakukannya hanya dengan scrub biasa saja, atau jika Anda ingin memerahkan bibir alangkah baiknya Anda mencampurkan bahan lain seperti madu, minyak zaitun, lemon, dan minyak almond.

Mengangkat komedo membandel

Manfaat gula pasir untuk kecantikan juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah komedo yang membandel. Komedo biasanya akan muncul karena memproduksi minyak yang berlebihan sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat.

Komedo biasanya akan muncul pada area dagu, hidung, dan juga dahi. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, maka gunakanlah gula pasir untuk mengilangkan komedo di wajah Anda.

Bisa digunakan sebagai waxing alami

Untuk Anda yang mempunyai rambut di tangan, kaki, dan ketiak kini Anda tak perlu khawatir lagi karena Anda bisa melakukan waxing dengan memanfaatkan gula pasir yang bisa Anda campurkan dengan lemon maupun madu. Caranya pun sangatlah mudah, Anda hanya perlu mencapurkan kedua bahan tersebut hingga menjadi mengental.

Mengontrol minyak pada wajah

Manfaat gula pasir untuk kecantikan yang terakhir yakni bisa mengatasi kulit wajah yang berminyak. Karena gula pasir dipercayai bisa Anda manfaatkan dalam mempertahankan keseimbangan minyak terhadap kulit wajah.

BACA JUGA: Macam-macam manfaat air mawar untuk kecantikan

Dalam gula pasir mengandung dua komponen yang terbilang penting, yakni asam glikolat dan asam alpha-hydroxy, yang bisa membantu Anda dalam menjaga keseimbangan kadar minyak pada kulit wajah. Sehingga hal tersebut bisa menjadikan kulit wajah Anda menjadi tak terlalu berminyak dan juga tak terlalu kering.

Nah, ternyata tak hanya ekonomis dan mudah didapatkan, ya. Gula pasir juga sangatlah bermanfaat untuk kecantikan.