Tak jauh berbeda dengan tempe, tahu juga dibuat dengan menggunakan bahan baku kedelai dan memiliki cita rasa yang lezat. Sebagai salah satu makanan yang ekonomis namun menyehatkan, manfaat tahu sangatlah baik bagi kesehatan tubuh kita, lho!

Dalam tahu memiliki kalori yang sangat rendah, sehingga menjadikannya menjadi salah satu pilihan yang sangat menarik Anda makan jika sedang melakukan program penurunan berat badan. Tahu mengandung lemak yang sedikit, tetapi kaya akan protein. Selain itu pula, tahu memiliki kadar natrium yang sangat rendah dan hampir tanpa ada kolesterol sama sekali.

Selain itu dalam hal vitamin dan juga mineral, tahu juga merupakan salah satu jenis makanan yang kaya zat besi, magnesium, tembaga, fosfor, dan juga memiliki kalsium dan kalium yang sangat baik. Menurut USDA (Departemen Pertanian AS), bahkan di dalam tahu mengandung zinc, yang merupakan mineral penting yang baik untuk kesehatan tubuh.

Sementara senyawa organik yang yang ditemukan di dalamnya terutama terdiri dari isoflavon, yang menjadikan manfaat tahu sangat baik bagi tubuh secara keseluruhan. Di balik nutrisi, tahu juga memiliki vitamin C yang signifikan, thiamin, riboflavin, dan vitamin B6. Tahu juga mengandung asam pantotenat dan niasin dalam jumlah yang lebih rendah.

Manfaat tahu juga tak hanya bisa memenuhi protein nabati di dalam tubuh, namun juga, memiliki begitu banyak lagi manfaatnya bagi kesehatan tubuh Anda, berikut ini beberapa manfaat lainnya:

Manfaat tahu bagi kesehatan tubuh manusia

Menurunkan kolesterol

Manfaat tahu mentah atau yang sudah dimasak dapat membantu Anda dalam mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Tak hanya itu, mengonsumsi tahu juga bisa Anda jadikan sebagai bahan alternatif protein hewani yang dapat membantu Anda dalam menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

Jika dibandingkan dengan daging sapi, tahu ternyata memiliki kadar asam lemak jenuh yang lebih rendah dan kadar asam lemak tak jenuhnya pun lebih tinggi. Makanan yang terbuat dari bahan dasar kacang kedelai ini juga merupakan sumber yang baik dari lesitin dan asam linoleat, yang membantu mengatur metabolisme, bersamaan dengan penguraian dan membuang endapan kolesterol dalam tubuh.

Diabetes tipe 2

Penderita diabetes yang sudah memasuki tipe 2 biasanya seing juga mengalami penyakit ginjal, yang akan menyebabkan tubuh mengeluarkan protein yang berlebihan dalam urine.

Bukti dari salah satu penelitian pun menunjukkan jika orang yang hanya mengonsumsi protein kedelai dapat mengeluarkan lebih sedikit protein daripada mereka yang hanya mengonsumsi protein hewani saja. Para peneliti juga menegaskan jika manfaat tahu sangatlah baik bagi para penderita diabetes tipe 2.

Menurunkan risiko terkena kanker prostat dan payudara

Tahukah Anda jika dengan rutin mengonsumsi tahu dapat membantu Anda dalam menurunkan risiko terjangkitnya penyakit kanker?

Pakar kesehatan menyebutkan jika di dalam tahu mengandung isoflavon yang bisa mencegah kanker prostat dan kanker payudara. Dan juga, kandungan selenium yang memiliki antioksidan yang sangat tinggi dan ini mampu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Fungsi ginjal

Berkat protein yang ada di dalam tahu, khusunya protein kedelai, manfaat tahu kuning maupun putih dapat meningkatkan fungsi ginjal dan juga sangat bermanfaat untuk orang yang tengah menjalani dialisis atau transplartasi ginjal.

Satu analisis meta dari sembilan percobaan pun menunjukkan dampak positif dari kedelai beberapa biomarker dari mereka yang menderita penyakit ginjal kronis. Ini mungkin disebabkan karena adanya kandungan protein, akan tetapi juga karena adanya dampak pada kadar lipid dalam darah.

Mencegah terjadinya penyakit anemia

Tahu berperan sebagai sumber zat besi yang sangat baik dan bisa membantu Anda dalam mencegah terjadinya anemia. Kekurangan zat besi ini bisa menyebabkan penurunan jumlah sel darah merah sehat yang menyebabkan anemia. Sebuah penelitian yang dilakukan di Negara China ini pun juga memperlihatkan bahwa manfaat memakan tahu dapat membantu menurunkan risiko anemia yang akan terjadi pada orang dewasa.

Kerusakan hati

Salah satu studi pada tikus menunjukkan jika semua jenis tahu yang telah dikentalkan dengan berbagai koagulan dapat membantu Anda dalam mencegah kerusakaan hati yang diakibatkan oleh adanya radikal bebas.

Menjaga berat badan

Jika Anda sedang menjalankan program diet, tahu bisa menjadi salah satu bahan makanan yang dapat Anda konsumsi secara rutin. Tak ada yang menduga, tahu yang diolah menjadi berbagai jenis makanan sehat ini mampu menurunkan kadar kolesterol yang ada pada tubuh.

Selain itu, manfaat tahu putih dan jenis tahu lainnya untuk diet ini juga kaya akan nutrisi yang dapat menjadi sumber energi untuk kamu yang sedang menurunkan berat badan. sehingga Anda pun tak perlu cemas lagi jika Anda akan merasa lesu jika sedang melakukan pengurangan porsi makan.

Mencegah kerontokan pada rambut

Tahu dipercayai mampu mencegah masalah kerontokan karena di dalamnya mengandung keratin, protein yang sangat penting bagi pertumbuhan rambut. Hingga, Anda kini dapat melakukan perawatan rambut yang murah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Dan pastinya Anda juga dapat mengonsumsinya dengan menambahkan tahu di dalam menu harian.

BACA JUGA: Enak dimakan, ini manfaat tempe untuk kesehatan

Mencegah penuaan dini

Manfaat mengonsumsi tahu juga bisa Anda dapatkan untuk memperlambat proses penuaan dini, lho! Karena dari tahu Anda bisa mendapatkan manfaat untuk membantu mempertahankan elastisitas kulit dan mengencangkan otot-otot wajah yang pada gilirannya akan mencegah penuaan. Cara ini bisa Anda coba dengan membuat pasta dari tahu dan mengoleskannya di seluruh wajah. Hal ini akan memberikan nutrisi yang baik bagi kulit wajah Anda.

Nah, itulah beberapa manfaat tahu yang dapat Anda dapatkan jika Anda rutin mengonsumsi tahu. Semoga bermanfaat!