Siapa sih disini yang tak tahu leunca? Lalapan yang selalu disajikan di dalam makanan-makanan khas sunda. Tak hanya lezat, ternyata manfaat leunca sangatlah beragam bagi kesehatan tubuh.

Leunca merupakan salah satu jeni tanaman buah yang masih berkerabat dengan terong. Leunca sendiri mulai muncul pertama kali di wilayah Asia Barat, hingga akhirnya menyebar luas pada sejumlah wilayah di Asia, termasuk Indonesia, dan bahkan sampai pula ke benua Amerika dan Eropa.

Leunca memiliki bentuk yang bulat kecil serta warna yang hijau, meski memiliki ukuran mungil, namun leunca kaya akan zat bernutrisi di dalamnya, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, zat besi, dan fosfor.

Selain itu, masih banyak lagi zat atau senyawa yang terkandung dalam leunca tersebut, dan zat yang ada di dalamnya pun bersifat antioksidan, anti-piretik, hingga anti-pruritus.

Namun, tetap Anda ingat jika tak semua jenis leunca dapat Anda konsumsi, karena hanya jenis leunca dari kelompok kulvitar saja yang bisa Anda makan. Pasalnya, jenis leunca satu ini diketahui tak mempunyai kadar racun yang tinggi.

Tak hanya menambah kelezatan saat makan, leunca juga mempunyai banyak sekali manfaat dari segi medisnya. Mengonsumsi leunca dengan rutin dipercaya dapat memberikan khasiat yang baik bagi kesehatan, dan juga dapat mengobati berbagai penyakit yang terdapat dalam tubuh.

Untuk mengetahui lebih banyak lagi apa saja manfaat leunca, ini dia beberapa manfaatnya, antara lain:

Manfaat leunca untuk kesehatan

Dapat menurunkan panas

Manfaat leunca yang pertama yaitu dapat membantu Anda dalam menurunkan panas tubuh pada saat terkena demam. Dalam buah leunca mengandung zat yang bersifat anit-piretik yang berkhasiat dalam menurunkan panas.

Mencegah hipertensi

Lenca dipercaya sangatlah efektif dalam memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. Hal ini tentu akan membuat Anda menjadi terhindar dari kondisi tekanan darah tinggi (hipertensi). Karena seperti yang kita ketahui jika salah satu penyebab terjadinya hipertensi karena adanya ketidak lancarannya aliran darah yang ada pada tubuh.

Mengatasi berbagai infeksi bakteri

Bakteri atau virus merupakan dua mikroorganisme yang memang menjadi penyebab timbulnya berbagai penyakit. Di antara banyaknya cara yang dapat Anda lakukan dalam mengobati infeksi atau virus tersebut, mengonsumsi leunca bisa menjadi alternatif pengobatannya.

Manfaat leunca dalam melawan infeksi bakteri ini disebabkan dalam buah lenca mengandung sejumlah senyawa yang bersifat antibiotik.

Merawat kesehatan kulit

Selain mengandung vitamin A, dalam leunca juga terdapat vitamin C. Hal ini tentu akan menghasilkan manfaat yang berkaitan denfan fungsi vitamin C, salah satu yang paling utama yaitu dalam merawat kesehatan kulit.

Vitamin C memiliki sifat antioksidan, yang mana antioksidan itu berfungsi untuk menghalau radikal bebas yang mengakibatkan terjadinya kerusakan pada sel-sel kulit. Nah, sel kulit yang rusak akan berdampak pada sejumlah masalah kulit, salah satu yang bisa saja terjadi yaitu penuaan kulit dengan ditandai munculnya kerutan, flek hitam, dan garis-garis halus.

Menjaga kesehatan mata

Manfaat leunca untuk mata yang paling utama yakni dapat merawat dan mengoptimalkan fungsi mata dengan baik. Jika selama ini Anda hanya tahu vitamin A identik dengan wortel saja, maka Anda pun harus tahu jika dalam buah leunca juga mengandung sumber vitamin A yang baik. Dalam buah leunca mengandung sekitar 1,900 SI vitamin A.

Mengoptimalkan fungssi ginjal

Kandungan zat antioksidan yang terdapat pada leunca diyakini sangatlah bermanfaat bagi kesehatan ginjal. Antioksidan mampu menjaga ginjal dari berbagai kerusakan sel-sel di dalamnya, sehingga fungsi ginjal dalam mem-filter dan membuang racun sisa makanan akan berjalan dengan baik.

Merawat dan membentuk tulang

Karena terdapat kandungan mineral berupa kalsium pada leunca membuat tanaman satu ini menjadi efektif dalam meengoptimalkan pertumbuhan tulang dan juga merawat kesehatan, kekuatan tulang.

Mengatasi peradangan

Peradang merupakan salah satu kondisi yang bisa juga diatasi dengan rutin mengonsumsi leunca. Manfaat leunca satu ini terdapat karena adanya kandungan senyawa kimia alami di dalamnya, yang mana senyawa tersebut memiliki sifat anti-inflamasi.

BACA JUGA: Bukan hanya sekedar cita rasanya yang lezat, ini dia beragam manfaat lobster bagi kesehatan

Kendati demikian, khasiat leunca dalam mengatasi peradangan juga masih perlu medapatkan dukungan dengan beberapa cara mengatasi peradangan yang lainnya guna mempercepat proses penyembuhan. Jadi, meski leunca disebut-sebut bisa mengatasinya, Anda tetap tak boleh sepenuhnya tergantung pada leunca.

Itulah beberapa manfaat leunca yang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Setelah Anda mengetahui beragam khasiatnya, jangan ragu untuk mengonsumsi leunca, ya!