Bukan menjadi rahasia lagi jika kebersihan dari kuas make up merupakan kunci dari riasan yang sempurna dan mencegah datangnya masalah pada wajah akibat bakteri yang menempel pada kuas. Oleh karena itu, mulai dari sekarang lakukan lah cara membersihkan kuas make up yang baik dan benar agar tetap terjaga kebersihannya, ya.

Mempertahankan kuas make up yang tetap terjaga kebersihannya bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh sebagian perempuan. Karena sebagian dari mereka beranggapan, alangkah lebih mudah menggantinya dengan yang baru jika kuas make up yang lama sudah rusak dan tak bisa digunakan lagi.

Namun bagi Anda yang tetap ingin menggunakan kuas yang lama dan tetap menjaga kebersihannya agar tak menimbulkan bahaya terhadap kesehatan kulit, berikut ini cara membersihkan kuas make up yang dapat kamu lakukan di rumah.

Cara membersihkan kuas make up dengan mudah

Menggunakan sabun cair

Cara membersihkan kuas make up yang pertama dapat Anda lakukan dengan menggunakan sabun yang cair atau bahkan menggunakan sabun pencuci piring bisa menjadi pilihan untuk Anda. Anda hanya butuh menggambungkan sedikit sabun cair dengan air di dalam gelas atau mangkuk. Lalu, masukkan kuas tersebut ke dalam wadah yang telah disiapkan dan rendam selama kurang lebih 15 menit.

Lalu, aduk rata air dan sabun yang telah Anda siapkan menggunakan kuas yang akan kamu cuci agar semua kotoran yang menempel di kuas Anda hilang. Dan yang terakhir jangan lupa membilasnya menggunakan air yang bersih dan tepuk dengan lembut menggunakan tisu dan biarkan mengering sendiri agar kuas tak mengembang.

Silicone mat

Cara membersihkan kuas make up yang baru ataupun lama juga dapat Anda lakukan dengan menggunakan silicone mat. Yang perlu Anda lakukan pun sangatlah mudah, hanya dengan memberinya sedikit sabun, basahi kuasnya, kemudian gosokkan kuas tersebut ke silicone yang kamu gunakan agar kuasmu itu menjadi bersih kembali.

Sampo bayi

Tak banyak yang tahu jika ternyata membersihkan kuas dapat Anda lakukan dengan menggunakan sampo bayi, lho. Hal ini disebabkan karena di dalam sampo bayi memiliki formula yang dapat melembutkan sehingga tak akan membuat kuas menjadi kasar setelah dibersihkan.

Claning spray

Cara membersihkan kuas make up selanjutnya dapat Anda lakukan dengan menggunakan cleaning spray yang memang disediakan untuk membersihkan kuas Anda. Caranya pun sangatlah simple sekali, Anda hanya perlu menyemprotkan claning spray tersebut kepada kuas yang kotor, lalu sapukan kuas tersebut menggunakan tisu agar kotoran yang menempel tersebut segera hilang.

Mesin pembersih kuas

Jika Anda menginginkan cara yang lebih praktis dan canggih lagi untuk membersihkan kuas Anda yang kotor, maka Anda sangat disarankan untuk membeli brush cleaning machine. Barang yang berbentuk bulat ini bisa membersihkan kuas Anda lebih dari tiga kuas sekaligus.

Anda pun hanya cukup memasukkan kuas yang ingin Anda bersihkan, kemudian masukkan sabun khusus pembersih kuas yang Anda dapat pada saat membeli mesin tersebut, Yang terakhir Anda hanya perlu menekan tombol yang tersedia.

BACA JUGA: Tips memilih makeup yang sesuai untuk kulit berjerawat

Itu dia lima cara membersihkan peralatan make up yang dapat Anda coba di rumah. Yuk segera bersihkan kuas make up Anda agar selalu terhindar dari berbagai bahaya yang akan mengancam kesehatan kulit wajah Anda. Semoga bermanfaat!