Siapa saja tentu akan merasakan gatal di bagian mana saja pada bagian tubuhnya. Terutama pada wanita, gatal sering terjadi pada bagian puting payudara. Puting payudara yang gatal memang tidak berbahaya, namun beberapa kasusnya bisa menandakan gejala suatu penyakit. Nah, sebenarnya apa saja sih penyebab puting payudara gatal?

Penyebab puting payudara gatal ada berbagai macam. Perlu Anda ketahui jika puting payudara gatal sendiri disebabkan oleh beberapa faktor, sehingga jika Anda ingin mengatasinya maka Anda perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Nah berikut ini simak beberapa penyebab puting payudara gatal, di antaranya yaitu:

Penyebab puting payudara gatal

Eksim

Penyebab puting payudara gatal yang sangat sering sekali terjadi yaitu eksim. Penyakit ini awalnya ditandai dengan bersisik, gatal, kemerahan, hingga kulit menjadi kering. pada kasus yang parah, eksim dapat menimbulkan sebuah luka dan apabila tak mendapatkan penanganan dengan tepat akan memicu timbulnya infeksi.

Perlu Anda ketahui jika eksi dapat disebabkan oleh beberapa faktor genetik maupun adanya pengaruh dari lingkungan, seperti adanya bahan kimia pada produk perawatan kulit yang Anda gunakan, atau adanya sebuah gesekan pada pakaian.

Eksim sendiri dapat diatasi dengan salep kortikosteroid, salep antiradang, antibiotik, hingga pelembap. Namun, alangkah baiknya jika Anda mengkonsultasikannya pada dokter terlebih dahulu untuk mencari obat yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Psoriasis

Seperti halnya eksim, psoriasis pun memiliki tampilan yang hampir sama yakni munculnya kemerahan, kulit bersisik, dan sebagian besar memang biasanya terjadi di luar siku maupun lutut. Selain itu, ruam juga bisa muncul di mana saja termasuk di puting payudara. Terapi hidrokortison disarankan untuk mengatasi puting payudara gatal atau bagian tubuh lainnya yang berhubungan dengan psoriasis.

Dermatitis atopik (eksim atopik)

Penyebab umum lainnya dari puting gatal adalah dermatitis atopik. Kondisi ini dapat terjadi apabila kulit kering dan juga disertai dengan ruam. Penderitanya cenderung dialami pada mereka yang memiliki sejarah alergi.

Mastitis

Penyebab puting payudara gatal dan mengelupas sangat sering dialami oleh para ibu yang sedang menyusui. Kondisi ini disebut juga mastitis, yaitu peradangan di jaringan payudara. Kondisi ini bisa terjadi akibat jaringan payudara terinfeksi oleh bakteri atau penyumbatan saluran air susu.

Mastitis bisa membuat puting payudara menjadi gatal, bengkak, merah dan juga disertai adanya nyeri atau sensasi perih pada saat menyusui. Jika tak mendapatkan penanganan serius, penyakit kulit ini bisa timbul-tenggelam.

Kehamilan

Kehamilan membuat tubuh seorang wanita mengalami banyak perubahan. Salah satunya yaitu meningkatnya aliran darah ke jaringan susu yang membuat payudara semakin membesar. Derasnya aliran darah pada payudara menyebabkan puting susu gatal, menjadi lebih sensitif dan muncul rasa nyeri.

Agar tidak mengganggu aliran darah di payudara, sebaiknya gunakan bra yang tidak terlalu ketat. Penggunaan petroleum jelly atau losion yang mengandung cocoa butter, lanolin, atau vitamin E disarankan pada pagi dan sore hari usai mandi.

Udara dingin

Penyebab puting payudara sebelah kiri gatal yang satu ini sring sekali tak disadari sebagian orang. Padahal, udara dingin dan kering ternyata menjadi salah satu penyebab timbulnya rasa gatal pada tubuh, tak terkecuali payudara. Jika hal ini disertai dengan munculnya keringat, maka rasa gatal yang terjadi bisa semakin parah.

Mandi atau berendam pada air hangat dapat mengatasi rasa gatal yang Anda rasakan. Setelah itu, Anda dapat mencoba untuk mengoleskan krim pelembap atau lidah buaya agar mencegah kulit semakin kering dan tak mengelupas.

Kanker payudara

Salah satu penyakit berbahaya yang umumnya terjadi pada wanita adalah kanker payudara. Kadang, kanker payudara menyebabkan puting payudara merasa gatal. Selain puting susu gatal, gejala lainnya adalah puting payudara yang menjadi rata atau tertarik, adanya benjolan di payudara, perubahan warna kulit puting, dan keluarnya cairan dari puting.

Infeksi jamur

Infeksi jamur dapat terjadi pada wanita menyusui atau mereka yang tak segera manti atau mengganti pakaiannya pada saat mengalami keringat yang berlebihan. Gejala yang biasanya muncul yaitu puting payudara terasa gatal, kering, berwarna kemerahan, dan timbulnya rasa nyeri.

BACA JUGA: Rekomendasi makanan sehat untuk ibu yang sedang menyusui

Guna mengurangi penyebab puting payudara kiri gatal, Anda dapat menggunakan krim antijamur dan antibiotik sesuai dengan resep yang dokter berikan. Jaga selalu kulit payudara agar tetap kering agar infeksi jamur tak terjadi kembali.

Nah, itulah beberapa penyebab puting payudara gatal yang harus Anda ketahui agar Anda dapat mengatasinya secara benar. Meski pada dasarnya pengobatan puting payudara merasa gatal tergantung dari penyebab yang mendasari. Sebagian besar pun biasanya dapat diatasi dengan menggunakan obat-obatan yang dijual bebas dipasaran.