Sabtu (17/3) lalu warga Desa Balong Cabe, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur dihebohkan oleh salah seorang warganya yang bernama Darwati.

Wanita berusia 27 tahun itu kedatangan seorang pria bule. Nama bule itu adalah Ricardo Jorge Nogueira Dos Santos (34) asal Portugal.

Menurut informasi, kehadiran bule Portugal itu menarik perhatian warga sekitar. Warga pun beramai-ramai datang ke rumah Darwanti untuk melihat langsung Ricardo yang tak lain adalah calon suaminya.

Nggak sedikit warga yang kemudian meminta foto bersama dengan pria asing berwajah tampan, berkulit putih, dan berperawakan santai itu.

Ricardo pun rela meluangkan waktunya untuk datang ke Indonesia demi untuk menemui kedua orangtua sang pujaan hatinya itu.

Maksud kedatangannya itu juga sekaligus menyampaikan niatnya untuk mempersunting wanita yang dikenalnya selama enam bulan lalu itu.

Selang dua hari setelah sampai di kampung sang pujaan hati, pria bule yang kesehariannya bekerja sebagai karyawan perusaan mobil di Portugal itu pun resmi menjadi mualaf.

Tepat pada hari Senin (19/3) lalu, Ricardo resmi masuk Islam di Masjid Wali Songo Kecamatan Sumberejo, Bojonegoro.

Selanjutnya, Ricardo berencana akan menikahi Darwati setelah sertifikat muslimnya itu jadi. Demi menikah dengan Darwati, Ricardo pun cuti dari kerjaannya selama satu bulan. Setelah menikah, Darwati akan tinggal di negara sang suami.

Darwati sendiri berkenalan dengan Ricardo lewat media sosial ketika masih menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW) di Taiwan. Keduanya pun kemudian menjalin komunikasi secara intens.

Keduanya pertama kali bertemu di Pantai Kuta Bali. Darwati sendiri mampu berkomunikasi dengan baik karena ia cukup lancar berbahasa Inggris.

Empat tahun terakhir dirinya bekerja sebagai perawat dari pasangan Warga Negara Asing (WNA) di Taiwan dan sering berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris.

Waktu pun bergulir, Darwati pun akhirnya menyampaikan kabar akan dinikahi oleh Ricardo kepada orangtuanya.

Awalnya kedua orangtuanya sempat meminta Darwati untuk berpikir kembali mengenai lamaran Ricardo. Mereka tidak mau Darwati tinggal di luar negeri. Setelah diberi pengertian, akhirnya kedua orangtua Darwati memberikan restu.