Dalam sebuah hubungan tentu kamu harus siap dengan segala risiko yang akan terjadi, salah satunya yakni patah hati. Saat kamu mengalaminya, hal itu pasti akan membuat setengah dari hatimu menjadi hampa dan kosong. Namun tak usah khawatir, cara mengatasi patah hati ini dapat menjadi solusi terbaik untukmu.

Perlu kamu tahu, salah satu yang dapat mengobati dan menyembuhkan kamu dari patah hati hanyalah dirimu sendiri. Seberapa keras kamu ingin melupakan masa lalumu, jika kamu tak bersungguh-sungguh melakukannya hal itu akan sia-sia saja.

Nah, agar kamu tak salah melangkah dalam mengatasi patah hatimu itu, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar kamu dapat sembuh dari masa lalu yang membuat sakit hati tersebut.

Cara mengatasi patah hati menurut psikolog

Cari teman, keluarga yang dapat memahamimu

Banyak orang yang meremahkan persoalan patah hati, terutama jika yang bersangkutan dengan putus cinta atau kehilangan hewan kesayangan. Padahal, hal tersebutlah yang dapat meninggalkan luka terdalam bagi seseorang. Oleh karena itu carilah orang yang dapat mendengarkan semua persoalan yang kamu hadapi kepada orang yang memahaminya.

Orang-orang yang dapat memberikan semangat untukmu dipercayai bisa mengalihkanmu dari semua patah hati yang sedang kamu rasakan. Selain itu, datanglah pada acara-acara sosial agar kamu semakin banyak bertemu dengan banyak orang sehingga dapat meringankan rasa sedih yang kamu rasakan.

Dapat memahami diri sendiri

Cara mengatasi patah hati kali ini sama seperti kamu membutuhkan seseorang yang mampu memahami semua emosi dan perasaan yang kamu rasakan, namun kamu juga sangat diperlukan untuk memahami diri kamu sendiri. Tak ada cara yang benar maupun salah dalam merasakan kesedihan, dan tak ada batasan waktu kamu bisa mengalaminya. Rasa emosi yang kamu rasakan tersebut nantinya akan berlalu dengan cepat jika kamu mengijinkan dirimu merasakan apa yang sebenarnya sedang kamu alami.

Jangan mencari tahu mengapa hal itu terjadi

Dalam kasus patah hati ini, banyak orang yang mengalaminya justru semakin memperpanjang patah hati yang ia rasakan dengan selalu mencari tahu mengapa hal itu terjadi padanya. Padahal, hal itu tak seharusnya dilakukan, karena justru akan membuat kamu semakin patah dan semakin sulit untuk melupakan semua yang telah membuat hatimu patah.

Jangan stalking di media sosial

Cara mengatasi patah hati menurut psikolog lainnya kamu sangatlah tidak dianjurkan untuk mencoba stalking lagi masa lalumu di media sosialnya. Karena hal tersebut hanya akan membuat kamu semakin memikirkannya lagi.

BACA JUGA: Cara melupakan masa lalu yang buruk dalam hidup

Dan sebuah penelitian pun membuktian hal tersebut. Oleh karena itu, cobalah menahan diri kamu untuk tak lagi mau tahu mengenai apapun yang menyangkut dengan masa lalu. Karena kini kamu hanya harus fokus untuk melangkah ke masa depan yang sudah menunggumu.

Hindari menyimpan barang darinya

Jika kamu saat masih bersamanya mendapatkan berbagai hadiah yang hingga saat ini masih kamu simpan, sebaiknya segera hindarkan semua barang pemberiannya darimu. Karena dengan kamu masih melihat dan mengingatnya, itu hanya akan membuat hati kamu semakin sakit dan tetap membuatmu mengidealkannya.

Jangan membayangkan kenangan bersamanya

Cara mengatasi patah hati yang terakhir yang bisa kamu lakukan yaitu jangan pernah membayangkan semua kenangan yang pernah kamu lalui bersamanya. Karena hal tersebut akan berdampak pada dirimu yang akan menjadi kian terpuruk saja.

Apakah kamu sedang merasakan patah hati? Semoga dengan cara-cara diatas dapat membantumu dalam menyembuhkannya, ya! Selalu berusaha dan jangan menyerah, agar cara yang kamu lakukan untuk mengobati patah hatimu tak beerjalan sia-sia.