Jika Anda masih ragu dalam memilih perawatan kecantikan yang belum pasti apakah bahannya aman atau tidak untuk wajah, Anda bisa mencari alternatif lain dengan menggunakan bahan alami seperti buah dan sayuran. Salah satunya mentimun yang memiliki banyak nutrisi bagi kulit. Penasaran apa saja manfaat masker mentimun?

Mentimun merupakan bahan alami yang tak hanya akan memberikan manfaat pada kesehatan tubuh saja, namun juga bisa Anda dapatkan untuk kulit. Dalam mentimun memiliki banyak kandungan yang sangat baik bagi kulit, diantaranya vitamin C, vitamin A, Asam folat omega 3, dan 96% konten air.

Dalam mentimun juga mengandung efek anti peradangan dan antioksidan alami yang sangat efektif dalam mengatasi berbagai masalah kulit sehingga banyak sekali dijadikan sebagai bahan dasar produk kecantikan dan perawatan kulit.

Mentimun juga mengandung berbagai vitamin, mineral, dan nutrisi yang baik dalam membantu merawat kecantikan kulit. Nah, di bawah ini beberapa manfaat masker mentimun untuk kulit, diantaranya :

Manfaat masker mentimun

Mengatasi jerawat

Penyebab timbulnya jerawat biasanya disebabkan karena adanya sel-sel kulit mati dan kulit berminyak yang akan menyebabkan pori-pori Anda menjadi tersumbat.

Manfaat masker mentimun dapat Anda dapatkan dalam mencegah timbulnya jerawat pada wajah, karena dalam mentimun mempunyai sifat astringen, yakni zat yang menyempitkan jaringan kulit dalam membantu mengencangkan pori-pori dan membersihkan kulit dari sel-sel kulit mati dan sebum yang berlebihan.

Masker mentimun juga bisa Anda gunakan dalam mengatasi jerawat dengan menggunakan bahan alami karena mentimun memiliki efek antiinflamasi untuk meredakan peradangan pada jerawat. Kandungan ini pula bisa membantu jerawat lebih cepat mengempis dan mengembalikan kondisi kulit seperti semula.

Mencegah penuaan dini

Penuaan dini biasanya disebabkan karena terpapar sinar UV, pola makan dan tidur yang buruk, atau berpengaruh juga dari stres, namun tak usah khawatir kini Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan masker mentimun.

Berdasarkan studi pada tahun 2011, mentimun mengandung vitamin C, asam caffeic, asam folat, serta komponen antioksidan yang dapat mengatasi penuaan dini, termasuk gejala kulit keriput, kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari, dan masih banyak lagi.

Kombinasi berbagai nutrisi alami tersebut sangatlah berperan dalam melawan racun, menyegarkan kulit yang lelah, merangsang pertumbuhan sel baru, dan menghilangkan berbagai gejala penuaan dini pada kulit.

Mengatasi iritasi yang terjadi pada kulit

Manfaat masker mentimun untuk wajah lainnya yaitu sangat ampuh dalam mengatasi iritasi kulit seperti kulit ruam, kemerahan, gatal, nyeri, dan sensasi kulit yang terbakar lainnya.

Mentimun memiliki efek mendinginkan dan juga meredakan perdangan kulit, Anda pun hanya perlu mengaplikasikannhya di area kulit yang iritasi selama kurang lebih 15 menit, lalu kemudian membilasnya sampai bersih.

Mencerahkan kulit

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam mentimun dipercayai sangat membantu Anda dalam mencerahkan warna kulit dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati dan menyamarkan noda hitam di wajah, kandungan ini pula mampu meremajakan kondisi kulit Anda kembali.

Mengatasi mata panda

Manfaat masker mentimun untuk mata yakni mampu mengatasi mata panda, lingkar mata yang hitam, dan bengkak di bawah mata. Karena di dalam mentimun mengandung flavonoid dan antioksidan yang baik.

Tak hanya itu, mentimun juga akan memiliki efek anti inflamasi yang berguna dalam membantu meredakan pembengkakan mata yang biasa terjadi karena tidur yang kurang dan setelah menangis.

Meratakan warna kulit

Untuk Anda yang memiliki warna kulit yang tak merata, coba atasi menggunakan masker mentimun, deh! Karena dalam mentimun mengandung vitamin A yang juga berperan sebagai kolagen.

Kolagen merupakan zat yang sangat dibutuhkan dalam mendukung pembentukan struktur dan warna kulit. Manfaat kolagen juga sangat baik dalam menjaga tekstur kulit agar menjadi lebih kenyal, halus, dan sehat.

Menghidrasi kulit

Manfaat masker mentimun yang terakhir yaitu di dalam mentimun mengandung 96% air yang dapat membantu Anda dalam melembapkan kulit dan juga tubuh secara alami. Kulit yang kurang terhidrasi akan membuat kondisi kulit menjadi kering hingga akhirnya menimbulkan rasa gatal, keriput, mudah terkelupas, bersisik, hingga risiko eksim.

BACA JUGA: Manfaat masker putih telur untuk kecantikan wajah

Untuk menghindari kondisi kulit yang tak diinginkan tersebut, Anda bisa menggunakan manfaat mentimun dan madu sehingga tetap mempertahankan kelembapan kulit sehingga kulit tetap sehat.

Itulah beberapa manfaat masker mentimun yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah. Karena mentimun merupakan bahan alami, tentu melakukan perawatan dengan bahan ini sangatlah aman untuk Anda coba di rumah.