Keberadaan siwak mungkin sudah tidak asing lagi terdengar di kalangan masyarakat muslim. Ya, karena nama batang pohon dari Tanah Suci ini cukup terkenal pada kisah-kisah Rasulullah dan digunakan sebagai sikat gigi alami. Beragam manfaat siwak pun dapat Anda dapatkan untuk kesehatan gigi dan mulut.

Siwak atau miswak merupakan ranting atau batang pohon Salvadora Persica yang biasa disebut juga dengan “pohon sikat gigi”. Dan pada umumnya pula batang siwak ini berukurang kecil, menyerupai ranting, dan berwarna coklat muda.

Kini siwak biasanya digunakan untuk sikat gigi sudah dalam bentuk stik dan panjang sekitar kurang lebih 20 cm. Siwak ini sendiri digunakan dalam membersihkan gigi. Dalam agama Islam, Nabi Muhammad juga selalu membersihkan giginya menggunakan siwak.

Apakah kalian tahu jika sikat gigi menggunakan siwak sudah termasuk ke dalam sunnah Rasul? Nah, selain disunahkan, siwak juga memiliki beragam manfaat untuk gigi yang dapat Anda rasakan, seperti:

Manfaat siwak bagi kesehatan gigi

Melawan kerusakan pada rongga mulut dan gigi

Mengonsumsi makanan yang manis secara berlebih dapat mengakibatkan gigi Anda menjadi rusak. Apalagi jika gigi Anda sudah mempunyai riwayat gigi bolong dan bahkan habis di makan oleh bakteri. Berhenti mengonsumsi makanan manis memang menjadi salah satu cara yang akan menghindari kerusakan gigi Anda.

Selain itu, menyikat gigi dengan menggunakan siwak bisa memberikan manfaat yang akan meningkatkan produksi air liur dalam membantu melawan kerusakan yang akan terjadi pada gigi Anda. Tak hanya itu, siwak juga bisa membantu Anda dalam memperkuat email gigi.

Memperkuat jaringan gusi

Gusi yang sehat menjadi salah satu pondasi yang kuat. Jika terdapat penumpukan plak pada gusi, hal itu akan berakibat datangnya penyakit seperti radang gusi atau gingivitis. Dan jika gingivitis sudah parah, akan berisiko pada struktur tulang rahang atau yang biasa disebut dengan periodontis.

Nah, manfaat siwak akan didapatkan jika Anda menggunakannya rutin sebagai sikat gigi yang akan mencegah dalam pembentukan plak dan dapat mengurangi berbagai kemungkinan yang akan membuat gusi menjadi radang.

Melindungi dari penumpukan plak

Plak merupakan lapisan bakteri yang tak memiliki warna dan berbentuk menyerupai gusi dan gigi. Jika Anda tak melakukan sikat gigi dengan rutin, plak tersebut akan berubah warna menjadi kuning sehingga dapat menyebabkan penyakit gusi atau bahkan Anda dapat kehilangan gigi Anda. Siwak memiliki sifat antibiotik yang bisa mencegah bakteri pada gusi dan gigi.

Antikarsinogenik yang alami

Menurut sejumlah penelitian, Anda bisa mendapatkan beragam manfaat siwak karena terdapat enzim antioksidan seperti peroksidae, katalase, dan polifenol oksidase yang memiliki sifat antikarsinogenik atau antikanker. Dengan rutin menggunakan siwak dapat membantu Anda untuk terhindar terkena penyakit kanker.

Melawan bakteri

Dari penelitian yang dilakukan oleh WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) menemukan jika ternyata manfaat siwak untuk kesehatan telah terbukti karena mengandung sejumlah senyawa antibakteri alami yang secara aktif dapat melawan pertumbuhan bakteri dalam rongga mulut.

Seseorang yang menyikat giginya menggunakan siwak dengan teratur akan lebih sedikit dalam mengalami berbagai gangguan kesehatan rongga mulut jika dibandingkan dengan mereka yang hanya menggunakan sikat dan pasta gigi biasa.

Menghilangkan bau mulut

Bau mulut tentu akan membuat seseorang menjadi tak percaya diri. Apalagi jika pada giginya terdapat pula lubang atau bahkan mempunyai penyakit gusi. Nah, menyikat gigi menggunakan siwak sangat dipercayai bisa menghilangkan bau mulut karena memiliki sifat antibiotik. Menggunakannya secara teratur, akan menimbulkan banyak liur yang bisa melawan terjadinya bau mulut.

Membuat mulut terasa segar

Manfaat siwak untuk gigi lainnya dapat menimbulkan aroma dan rasa yang bisa menyegarkan rongga mulut. Hal ini dikarenakan adanya senyawa aromatik dalam siwak yang sangat mudah menguap dengan alami. Setelah menyikat gigi menggunakan siwak, pasti kamu akan merasa bersih dan napas menjadi lebih segar serasa menggunakan obat kumur.

BACA JUGA: Cara merapikan gigi secara alami tanpa perlu mahal-mahal beli kawat gigi

Efektif dan efisien

Menggunakan siwak memang sama halnya dengan Anda melakukan sikat gigi menggunakan pasta gigi, dan obat kumur. Bersiwak juga sangatlah efektif kamu lakukan dibandingkan dengan menggosok gigi. Dari segi biaya pun hal ini lebih efisien, dengan harga skitar Rp 10.000 saja.

Nah demikianlah manfaat siwak yang dapat Anda rasakan untuk kesehatan mulut dan gigi, dengan begitu kini Anda jangan ragu lagi untuk menggunakan siwak saat Anda hendak sikat gigi, ya!