Setiap orang tentu pernah mengalami kondisi bibir yang kering, kondisi bibir kering ini tentu akan menyebabkan ketidaknyamanan bagi sebagian orang karena berakibat pada penampilannya. Lalu, bagaimana cara mengatasi bibir kering yang tepat?

Bibir merupakan bagian tubuh yang tak memiliki kelenjar minyak. Oleh karena itu, bibir tak dapat melakukan proses pelumasan secara alami. Dan fakta ini yang menjadikan bibir akan rentan mengalami kekeringan dan juga pecah-pecah.

Penyebab bibir menjadi kering atau pecah-pecah biasanya diakibatkan karena minimnya tingkat kelembapan bibir yang dipengaruhi oleh sejumlah faktor, seperti udara, kurangnya cairan, atau tubuh yang sedang dalam kondisi sakit.

Selain itu, paparan langsung dengan sinar matahari juga turut menyebabkan bibir menjadi kering. Meski bibir kering tergolong ke dalam masalah kesehatan yang ringan. Namun kondisi ini sangatlah mengganggu, baik kenyamanan maupun penampilan bibir.

Terlebih jika bibir sudah sampai mengalami pecah-pecah, bukan tak mungkin bibir menjadi rentan berdarah. Berikut ini merupakan sejumlah cara mengatasi bibir kering yang dapat Anda lakukan dalam mengobati kondisi bibir kering tersebut.

Cara mengatasi bibir kering

Lip balm

Lip balm memiliki manfaat dalam melembabkan bibir. Tentunya tak salah memanfaatkan produk ini sebagai cara mengobati bibir kering yang sedang Anda alami. Penggunaan lip balm lebih ditunjukan untuk melinddungi bibir dari paparan sinar matahari maupun udara panas dan kering, yang mana hal ini merupakan salah satu penyebab bibir kering paling umum terjadi.

Madu

Cara mengatasi bibir kering dapat Anda lakukan dengan madu, karena madu sangat dipercayai dapat mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, dari yang ringan sampai serius sekalipun. Madu merupakan penyebab alami yang diklaim efektif bisa menjadikan bibir selalu terjaga kelembapannya sehingga tak mudah kering apalgi sampai terjadi pecah-pecah.

Tak hanya itu, madu juga diperkaya dengan zat-zat yang bersifat anti-bakteri. Hal ini tentu saja bisa menjadikan madu sebagai pelindung bibir dan juga mulut dari berbagai bakteri jahat yang dapat menyebabkan masalah pada mulut.

Lidah buaya

Lidah buaya diperkaya oleh berbagai zat alami yang menjadikannya bermanfaat dalam mencegah dan mengobati masalah kesehatan, termasuk bibir yang kering. Anda juga bisa menjadikan gel lidah buaya sebagai cara mengatasi bibir kering yang sedang dialami. Caranya dengan mengoleskan gel lidah buaya pada bibir sesaat sebelum tidur. Lakukan cara ini dengan rutin agar hasil yang Anda dapatkan sempurna.

Mentimun

Menggunakan mentimun juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi bibir yang kering. Dan efektivitasnya pun sudah tak perlu diragukan lagi. Manfaat mentimun dalam mengatasi bibir yang kering dan pecah-pecah tak lepas dari kandungan nutrisi dan vitamin yang ada di dalamnya, sebut saja vitamin C.

Nah caranya pun sangatlah mudah, Anda cukup mengiris mentimunnya, kemudian olesi bibir Anda menggunakan irisan mentimun tersebut dengan perlahan. Kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas menggunakan air bersih.

Lemon

Kandungan vitamin C dan air yang tinggi pada buah berkulit kuning ini sudah pasti sangatlah ampuh dalam mengatasi bibir yang kering dan pecah-pecah. Anda hanya perlu mencampurkan lemon dengan madu, kemudian oleskan pada bibir secara merata sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

Tomat

Buah berwarna merah yang juga kaya akan kandungan air, vitamin A, vitamin C, likopen, dan sejumlah nutrisi penting lainnya. Atas dasar tersebut, tomat merupakan alternatif obat bibir kering alami yang dapat Anda manfaatkan sebagai cara mengatasi bibir kering.

Caranya pun sangat simpel Anda lakukan, yaitu dengan hanya memotong tomat menjadi beberapa irisan, kemudian oleskan irisan tersebut pada bibir secara merata. Tunggu selama kurang lebih 15 menit sebelum mencuci bibi menggunakan air bersih.

Minyak zaitun

Semua tentu sudah tidak asing dengan berbagai manfaat yang terdapat pada minyak zaitun. Minyak ini berasal dari ekstrak buah zaitun yang ternyata juga bisa menjadi cara mengobati bibir kering secara efektif.

Kandungan asam lemak yang dimiliki minyak zaitun dipercayai dapat menjadi alasan kenapa minyak zaitun ini menjadi sangat cocok Anda gunakan untuk bibir kering dan pecah-pecah. Karena minyak zaitun dapat menjadikan bibir Anda selalu lembut dan mempunyai tingkat kekenyalan yang ideal.

BACA JUGA: 10 cara alami dan mudah untuk memerahkan bibir

Oleskan minyak zaitun dengan merata pada bibir, kemudian tunggu sekitar kurang lebih 15 menit, sebelum Anda mencucinya menggunakan air bersih. Lakukan hal ini 2-3 kali sehari, ya!

Penuhi asupan cairan

Cara mengatasi bibir kering yang terakhir Anda diwajibkan selalu mengonsumsi makanan bergizi seperti buah dan sayur, terutama yang mengandung vitamin C dan serat. Karena kedua jenis makanan tersebut sudah selayaknya ada di dalam daftar menu sehari-hari jika Anda ingin terhindar maupun mengobati bibir yang kering.

Itu dia beberapa cara mengatasi bibir kering dengan baha-bahan yang alami. Mempunyai bibir yang sehat tentu menjadi dambaan setiap orang, bukan? Oleh karena itu, selalu menjaga kesehatan bibir Anda, ya!