Minyak bunga matahari merupakan minyak yang dihasilkan dari lemak yang berada dalam biji bunga matahari. Selain dapat digunakan sebagai bahan masakan saja, minyak jenis ini pun juga sangat bermanfaat bagi kecantikan, lho! Apa saja sih manfaat minyak bunga matahari untuk kecantikan?

Pada umumnya minyak bunga matahari berwarna kuning muda serta tak memiliki rasa apapun. Karena alasan itulah, mungkin Anda tak menjadikan minyak tersebut dalam pilihan untuk memasak.

Padahal tak banyak yang tahu, jika minyak biji matahari ini ternyata dapat digunakan untuk berbagai bahan masakan, misalnya untuk membuat salad atau bumbu pesto. Selain untuk memasak pun, minyak biji bunga matahari ini dapat Anda oleskan langsung guna mendapatkan manfaatnya untuk kecantikan.

Berikut ini beberapa manfaat minyak bunga matahari untuk kulit dan kecantikan lainnya, diantaranya yaitu:

Manfaat minyak bunga matahari untuk kecantikan

Aman digunakan untuk kulit

Minyak biji bunga matahari bersifat non-comedogenic. Itu artinya, minyak biji bunga matahari tak dapat membuat kulit Anda rentan akan komedo karena sifatnya tidak menyebabkan iritasi serta menyumbatnya pori-pori pada kulit wajah.

Kandungan asam oleatnya membuat minyak ini sangat mudah terserap oleh kulit sehingga tak menyumbat pori-pori, risiko munculnya komedo pun pada akhhirnya akan menjadi semakin rendah. Oleh karena itu, minyak biji bunga matahari ini dapat digunakan pada hampir semua jenis kulit.

Menjaga lapisan perlindungan kulit

Tak hanya mencegah bahaya radikal bebas akibat paparan sinar matahari, manfaat minyak bunga matahari untuk kulit ini pun dapat Anda gunakan sebagai penjaga lapisan perlindungan kulit.

Menurut sebuah penelotian dari Pediatric Dermatology, minyak biji bunga matahari cenderung lebih efektif untuk membuat kulit Anda menjadi lebih lembap. Dan bahkan, minyak tersebut juga akan membantu menjaga keutuhan lapisan luar kulit.

Hal ini mungkin dikarenakan kandungan asam lionet pada minyak berwarna kuning ini membantu kulit menjaga penghalang alami kulit. Penghalang kulit tersebut bertugas sebagai mempertahankan kadar kelembapan kulit, sehingga sangat cocok untuk Anda yang memiliki kulit kering atau eksim.

Mengurangi penipisan rambut

Minyak bunga matahari ini merupakan sumber yang baik untuk GLA (gamma alpha linolenic acid). GLA ini lah yang dipercaya baik dapat digunakan dalam mengatasi rambut yang mulai menipis, misalnya karena kerontokan secara berlebih.

Mengandung antioksidan

Selain bersifat non-comedogenik, minyak bunga matahari ini pun juga mengandung senyawa antioksidan. Senyawa antioksidan tersebut berasal dari vitamin E yang ada pada minyak ini. Fungsinya yaitu untuk mengurangi bahaya yang diperoleh dari berbagai radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Jika kulit kekurangan vitamin E dan terlalu sering terpapar oleh sinar matahari, maka kulit Anda akan menjadi lebih cepat menua dan menyebabkan timbulnya keriput. Oleh karena itu, antioksidan dalam vitamin E pada minyak biji bunga matahari dapat membantu Anda mengurangi penuaan kulit tersebut.

Hal ini pula lah yang telah dibuktikan melalui sebuah penelitian dari Brazil yang mengungkapkan jika antioksidan pada vitamin E dapat menetralisasi oksigen pada membran sel. Maka dari itu, sel-sel di dalam kulit akan menjadi lebih terlindungi dibandingkan dengan mereka yang tak menggunakan vitamin E.

Melembutkan rambut

Manfaat minyak bunga matahari untuk kesehatan rambut dapat berfungsi seperti conditioner atau pelembap rambut yang sangat bermanfaat untuk Anda yang mempunyai rambut kering, rusak, dan frizzy. Minyak inilah yang akan membantu Anda dalam melembutkan rambut serta menambah kilau pada rambut Anda.

Membantu menyembuhkan luka

Manfaat lainnya dari minyak bunga matahari untuk kulit yaitu dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Hal ini dikarenakan minyak tersebut mengandung asam oleat.

Pernyataan itu pun dibuktikan melalui sebuah penelitian dari jurnal Immunobiology. Hasilnya menunjukkan jika sifat antiradang dari asam oleat bisa mengurangi peradangan pada kulit, sehingga proses penyembuhan luka akan menjadi semakin cepat.

Akan tetapi, belum ada penelitian yang menggunakan manusia untuk proses penyembuhan tersebut, sehingga dibutuhkan studi lebih lanjut agar lebih pasti.

Mengurangi tanda penuaan dini

Minyak bunga matahari banyak sekali mengandung vitamin E, yang juga merupakan antioksidan. Antioksidan ini lah yang dapat membantu Anda dalam mengurangi keluhan-keluhan yang berkaitan dengan penuaan dini pada kulit. Keluhan itu sendiri dapat berupa munculnya keriput dan garis halus yang terdapat pada wajah di usia muda.

Itu adalah beberapa manfaat minyak bunga matahari yang dihasilkan dari lemak biji bunga matahari yang mungkin belum Anda ketahui. Akan tetapi, walaupun memiliki banyak manfaat, dalam pemakaiannya Anda tetap harus menggunakannya secara bijaksana dan tak berlebihan.

BACA JUGA: Selain melezatkan masakan, ini dia 11 manfaat serai untuk kesehatan

Apalagi jika Anda yang memiliki alergi terhadap bunga matahari atupun jenis tanaman lain yang juga termasuk ke dalam keluarga bunga matahari, misalnya daisy dan chrysanthemun untuk sebaiknya Anda hindari. Dan jika Anda belum pernah menggunakan minyak ini sebelumnya secara langsung, ada baiknya Anda melakukan tes terlebih dahulu di area yang kecil untuk menilai reaksi apa yang didapatkan setelah Anda memakainya. Semoga bermanfaat!