Gagal dalam lulus ujian mata pelajaran, ditinggal kekasih hati, wafatnya kerabat dekat, atau bahkan penyebab-penyebab lainnya dapat membuat kita menangis. Dan biasanya setelah menangis, mata pun akan menjadi sembab dan membengkak. Beberapa cara menghilangkan mata bengkak pun tentu akan Anda lakukan agar mata Anda yang bengkak segera kembali seperti biasa.

Ada yang tau gak, kenapa setelah menangis mata akan menjadi bengkak? Hal itu diakibatkan oleh kandungan yang ada pada air mata. Air mata yang keluar pada saat kita menangis karena luapan emosi dianggap berbeda jika dibandingkan dengan air mata yang keluar pada saat kita mengucek mata karena kemasukan debu ataupun pada saat kita telah menguap.

Air mata karena kesedihan atau bahagia yang tak diduga diketahui lebih banyak mengandung air, hormon stres, dan mangan. Saat air mata tersebut mengenai jaringan sekitar bola mata yang memiliki kadar garam yang tinggi, jaringan tersebut pun akan menjadi membengkak.

Jika mata sudah bengkak, kita pasti akan merasa malu untuk bertemu dengan orang lain dan menjadi malas untuk pergi keluar rumah. Berbagai cara pun akhirnya dilakukan untuk menutupi atau menyamarkannya, misalnya dengan memakai kacamata hitam.

Namun, sebenarnya ada beberapa cara menghilangkan mata bengkak setelah menangis yang bisa dilakukan dengan sangat mudah, yaitu dengan cara:

Cara menghilangkan mata bengkak bekas nangis

Kompres menggunakan air yang dingin

Cara menghilangkan mata bengkak bintitan yang pertama yakni dengan menuangkan air ke dalam sebuah mangkuk sampai setengahnya. Lalu, masukkan 4-5 buah es batu ke dalam mangkuk tersebut. Ambil kain atau tisu, celupkan ke dalam air es, kemudian, mulailah terlebih dahulu dari sudut bagian dalam mata, tekan ke bawah kulit sampai Anda mencapai sudut luar mata Anda.

Kemudian lakukan pijatan ringan selama sekitar kurang lebih 5 menit. Ulangi cara ini beberapa kali. Atau, Anda pun dapat menggunakan jari-jari bersih Anda, genggam terlebih dahulu beberapa es batu, kemudian pijat mata sembap Anda dengan cara yang sama.

Kompres dengan teh

Teh celup dapat membantu menyempitkan pembuluh darah, sehingga mengurangi bengkak yang terjadi pada mata Anda. Cara menghilangkan mata bengkak dan merah ini pun sangat simple Anda hanya perlu menyelupkan dua kantong teh ke dalam air es selama sepuluh menit, kemudian tekan ke kulit bawah mata hingga Anda mencapai sudut luar mata Anda. Pijat ringan selama sekitar 5 menit. Ulangi cara ini beberapa kali, ya!

Kompres irisan timun dan kentang

Ini adalah cara yang klasik yang menjadi pedoman turun-temurun bagi banyak orang. Potong dua iris mentimun atau kentang segar, lalu tempelkan di atas masing-masing mata. Biarkan selama 10-15 menit.

Sama halnya dengan teh celup, sensasi dingin dari timun dan juga kentang akan meengencangkan pembuluh darah. Selain itu, mentimun juga mengandung antioksidan kuat, sementara kentang mengandung enzim pencerah kulit yang disebut catecholase.

Keduanya memang tak begitu berpengaruh terhadap mata yang sembap, namun memulai terapi gawat darurat dengan irisan timun yang ditindaklanjuti lima menit kemudian dengan kentang akan mengempiskan kantong mata. Nah, untuk melakukan jaga-jaga, pastikan kepala Anda bersandar mantap diatas bantal. Peninggian posisi ini disengaja agar mencegah kelebihan cairan menggenang di wajah Anda.

Kompres sendok

Jika Anda punya cukup waktu sebelum kembali pada aktivitas setelah menangis, cara menghilangkan mata bengkak bisa Anda lakukan dengan memasukkan sendok bersih ke dalam freezer kulkas selama 10-20 menit. Kemudian, tekan sendok dengan lembut dan langsung tempelkanlah pada bagian mata Anda, mulai dari mata dalam dan pijat mengarah keluar. Lakukan bergantian untuk mata yang satunya.

Di saat yang sama, Anda bisa pijat lembut batang hidung Anda selama beberapa menit seraya menutup mata. Fokus pada area di mana sepasang kacamata akan bertumpu. Hal ini membantu mengurangi tekanan sinus, yang juga mengurangi pembengkakan.

Pakai concealer

Sembunyikan kemerahan yang tersisa di wajah dan di area bawah mata dengan color correcting concealer warna kuning atau hijau. Oleskan di tempat yang bermasalah pada mata Anda, lalu campurkan hingga merata. Terakhir, bubuhkan bedak tabur atau padat untuk “mengunci” concealer tetap di tempatnya.

Meninggikan kepala

Cara menghilangkan mata bengkak bekas nangis yang terakhir yakni dengan mengurangi alirabn darah di daerah mata. Caranya, jaga agar letak kepala lebih tinggi dari jantung. Kalau pun ingin tiduran, disarankan untuk meletakkan bantal du bawah kepala.

BACA JUGA: Cara menghilangkan mata panda dengan cepat dan alami

Nah, kini Anda sudah mengetahui cara menghilangkan mata bengkak bekas nangis bukan? Jadi, kini Anda studah tidak perlu lagi untuk menahan luapan kesedihan Anda lagi, ya! Menangislah jika memang Anda sedang merasa ingin menangis, karena itu sangat baik untuk kesehatan mentalmu.