Sariawan merupakan salah satu gangguan yang terjadi pada kesehatan yang sering terjadi di daerah mulut, termasuk lidah. Selain akan menimbulkan nyeri, sariawan juga dapat menyulitkan aktivitas yang menggunakan mulut, seperti makan, minum, hingga sulitnya berbicara. Lantas, bagaimana sih cara mengobati sariawan tersebut?

Pada dasarnya, kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor, yakni diantaranya stres, kebiasaan merokok, efek samping dari obat-obatan tertentu, serta adanya infeksi jamur. Proses terjadinya pun dapat berlangsung sampai dua minggu.

Untuk menyembuhkan sariawan di lidah, ada beberapa cara yang dapat Anda lakuakan. Mulai dari meminum obat, obat kumur, hingga salep yang dapat Anda temukan dengan mudah di apotek.

Namun, tahukah Anda jika sariawan di lidah ternyata dapat diobati dengan menggunakan bahan-bahan yang alami? Bagaiamana caranya? Berikut ini beberapa cara mengobati sariawan di lidah dengan bahan-bahan alami yakni:

Cara mengobati sariawan di lidah

Madu

Cara mengobati sariawan dengan madu merupakan salah satu pilihan obat sariawan alami yang cukup ampuh. Caranya pun hanya cukup dengan mengoleskan madu di atas sariawan tersebut.

Dilansir dari Prevention, madu memiliki sifat antiradang dan juga antibakteri yang dapat membantu mengurangi rasa perih dan juga sekaligus dapat mempercepat proses pemulihan sariawan. Kesimpulan tersebut dapat didapat dari penelitian asal Studi Arabia terhadap 94 partisipan yang rutin mengoleskan madu pada sariawan di mulut mereka selama empat hari berturut-turut.

Air garam

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk mengobati sariawan yakni dengan menggunakan garam dapur. Caranya pun cukup mudah hanya dnegan mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam air hangat, kemudian aduk hingga larut, Gunakan larutan air garam tersebut untuk berkumur, khususnya pada bagian lidah selama kurang lebih 2 menit.

Kelapa

Kelapa diyakini mampu menjadi salah satu cara mengobati sariawan dengan alami pada lidah dan juga bibir. Kelapa bekerja dalam mencegah peradangan luka yang akan semakin memburuk dan bahkan mengurangi rasa sakit yang timbul akibat sariawan. Kelapa juga diyakini dapat membantu menyejukan suhu tubuh, yang pada beberapa kasus menjadi salah satu timbulnya sariawan.

Kantong teh bekas

Mengompreskan kantong teh bekas juga bisa Anda jadikan sebagai obat sariawan pada lidah dan bibir Anda, lho! Kantong teh yang bersifat bisa dan dapat menetralisir lingkungan mulut yang asam agar tidak memperburuk rasa sakit akibat sariawan tersebut.

Daun teh mampu melawan infeksi dan peradangan yang mampu menyebabkan sariawan. Terlebih, sisa teh yang diseduh dapat membantu meningkatkan kesehatan gusi dan mengurangi risiko penyakit gusi, menurut American Academy of Periodontology.

Caranya pun cukup dengan menempelkan kantong teh celup bekas pakai selama kurang lebih lima menit pada sariawan Anda.

Lidah buaya

Satu sariawan di mulut tentu akan membuat seluruhnya menjadi terasa nyaman dan panas. Oleh karena itu, cara mengobati sariawan di gusi dan lidah, Anda bisa menggunakan lidah buaya asli yang telah di cuci sampai bersih. Caranya dengan mengoleskan getah atau daging lidah buaya secukupnya langsung pada sariawan Anda.

Biarkan selama beberapa jam dan ulangi dua sampai tiga kali sehari. Lidah buaya ampuh untuk menghilangkan sariawan di lidah karena berfungsi sebagai antiperadangan dan pereda nyeri alami.

Es batu

Dalam beberapa hari, sariawan di lidah bisa membengkak dan terasa menyakitkan. Agar sariawan cepat kempis dan sembuh, Anda bisa mengompres lidah dengan es batu yang dibungkus kain lembut. Rasa sejuk es batu bisa menjadi obat sariawan alami yang meringankan rasa nyeri. Jika sulit, Anda pun bisa mengulum es batu pada bagian lidah yang sariawan sampai mencair sepenuhnya di mulut.

Menghindari makanan asam

Makanan asam dapat memperburuk peradangan dan menyebabkan kerusakan permukaan jaringan lunak tubuh. Maka, batasi terlebih dahulu porsi makanan asam Anda selama sariawan. Gantikan dengan sayuran hijau yang rasanya netral atau manis, susu , air kelapa, dan teh. Pilihan makanan dan minuman ini tidak bersifat asam sehingga aman untuk Anda yang sedang menderita sariawan.

BACA JUGA: 9 Penyebab sering sariawan yang harus diketahui

Nah, itu dia beberapa cara mengobati sariawan di lidah yang bisa Anda coba di rumah. Namun jika sudah melakukan beberapa cara di atas dan Anda masih tak merasakan perubahan, jangan ragu untuk segera berkonsultasi pada dokter, ya!