Nyeri perut dibagian kanan atas, mual, muntah, dan terkadang terjadinya demam bisa jadi salah satu gejala batu empedu. Batu di empedu biasanya dapat dihancurkan dengan mengonsumsi obat yang diberikan oleh dokter, atau jika sudah parah harus melakukan operasi. Lantas, adakah cara menghancurkan batu empedu tanpa harus melakukan tindakan operasi?

Batu empedu sendiri terbuat dari gumpulan kelebihan kolesterol, lemak, dan zat sisa lainnya yang menjadi mengkristal. Jika gejala yang Anda rasa tak terlalu parah dan ukuran batu empedu pun belum begitu besar, Anda mungkin bisa menghancurkannya dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Memang, perawatan batu empedu tentunya sangat disesuaikan dengan tingkat keparahan dan gejala yang muncul. Batu empedu yang belum membutuhkan pembedahan, dapat diatasi dengan menggunakan berbagai obat-obatan yang tentunya dapat menghancurkan batu empedu tersebut.

Nah, di sisi lain pun banyak sekali cara mengatasi batu empedu dengan bahan alami yang dicoba oleh masyarakat. Jika Anda pun ingin mencobanya juga, berikut ini beberapa cara menghancurkan batu empedu secara alami dan tanpa harus melakukan tindakan operasi.

Cara menghancurkan batu empedu tanpa operasi

Jus apel

Cara menghancurkan batu empedu yang pertama dapat Anda lakukan yakni dengan menggunakan jus apel. Jus apel dipercaya bisa membantu menghancurkan dan memudahkan batu empedu keluar. Klaim ini didapatkan dari sebuah surat yang terbit pada sekitar tahun 1999 lalu, yang mencatat mengenai seorang wanita yang berhasil mengatasi batu empedu berkat mengkonsumsi jus apel.

Meski demikian, cara alami yang satu ini belum dibuktikan secara ilmiah. Selain itu pula, mengkonsumsi jus buah dengan cara yang berlebihan juga tak disarankan untuk pasien yang menderita diabetes, hipoglikemia, dan beberapa kondisi medis lainnya.

Cuka apel

Selain jus apel, cara menghancurkan empedu dengan cuka apel digunakan untuk membersihkan batu empedu yang biasanya juga dicampurkan dengan jus apel sebelum dikonsumsi. Cuka apel memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, namun masih kurang terbukti dari segi ilmiahnya untuk menentukan efektivitasnya dalam hal membersihkan batu empedu ini.

Minyak jarak

Minyak jarak juga dipercayai menjadi salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi batu empedu.

Penggunaan minyak jarak untuk batu empedu tidak dengan cara dikonsumsi secara langsung, ya! Namun caranya dengan menggunakan handuk yang telah direndam dengan menggunakan minyak jarak hangat, lalu letakkan pada bagian perut dan tutup kembali dengan handuk. Diamkan dan kompres selama kurang lebih satu jam.

Bunga dandelion

Menurut studi dalam jurnal National Center for Complementary and Integrative Health bunga andelion sudah lama digunakan sebagai bahan obat herbal untuk mengobati masalah saluran empedu dan hati.

Beberapa orang percaya jika akar dari bunga dandelion dapat merangsang produksi cairan empedu di dalam kantong empedu. Mereka biasanya menyeduh bunga dandelion kering untuk mendapatkan manfaatnya.

Kandungan polifenol yang terdapat dalam dandelion dilaporkan oleh beberapa penelitian dapat membantu mengurangi peradangan sementara juga mengingkatkan daya tahan tubuh.

Teh daun peppermint

Teh daun peppermint sudah sejak lama memang digunakan sebagai bahan alami dalam meredakan perut yang sakit, melencarkan pencernaan, dan meredakan mual. Ini karena daun peppermint mengandung mentol, senyawa yang bisa mematikan rasa dan meredakan nyeri.

Untuk digunakan sebagai cara menghancurkan batu empedu, Anda bisa menyeduhnya beberapa helai daun mint dengan menggunakan air hangat. Minum teh ini dengan cara yang teratur agar dapat membantu mengurangi jumlah nyeri yang berada di daerah kandung empedu tersebut.

Kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah yang berpotensi baik sebagai obat herbal untuk membantu mengurangi gejala batu empedu. Kunyit mengandung zat curcumin yang dikenal karena sifat antiradang dan penyembuhannya.

Anda dapat mengolah kunyit dengan cara menyeduhnya lalu diminum sebagai teh herbal. Minum air rebusan kunyit setiap hari untuk melihat sampai sejauh mana perbaikan kondisinya.

Yoga

Beberapa jenis gerakan yoga juga diprcaya bisa membantu masalah batu empedu. Manfaat yoga untuk mengatasi batu emepedu ini pun memang belum secara langsung ditemukan keterkaitannya. Namun, meskipun tak secara langsung dapat membantu mengeluarkan batu empedu, gerakan yoga  dipercaya dapat membantu meredakan gejalanya.

Akupuntur

Cara tradisional lain yang dipercaya dapat membantu mengatasi batu empedu yakni dengan melakukan sebuah akupuntur. Akupuntur adalah pengobatan tradisional dengan menggunakan jarum kecil yang diaplikasikan ke bagian tubuh tertentu. Pengobatan satu ini memang dipercaya bisa mengatasi berbagai macam penyakit, salah satunya yakni membantu masalah batu empedu. Cara ini juga terbilang aman dan minim dengan risiko. Namun, tentunya harus dilakukan dengan seorang ahli, ya!

BACA JUGA: Selain melezatkan masakan, ini dia 11 manfaat serai untuk kesehatan

Cara-cara di atas Merupakan cara untuk mengatasi batu empedu yang banyak digunakan oleh sebagian masyarakat. Meskipun demikian, perlu Anda ketahui jika hampir semua cara tersebut belum terbukti secara medis. Pengobatan tersebut tidak dapat menjamin kesembuhan Anda, terutama apabila batu empedu sudah dalam kondisi parah.

Cara yang cukup efektif untuk mengatasi batu empedu adalah dengan menggunakan obat-obatan yang dapat membantu menghancurkan batu empedu tersebut agar batu empedu dapat lebih mudah keluar dari tubuh. Sedangkan jika batu empedu sudah lebih parah, maka pembedahan akan dibutuhkan untuk mengatasinya.