Pada saat ada seseorang yang tengah berusaha mengganggu hubungan kamu dan juga pasangan, tentunya kamu tak akan mau untuk tinggal diam. Namun jangan langsung mengambil keputusan dengan marah-marah pada si dia maupun selingkuhannya, ya! Cobalah dengan cara mengetahui pasangan selingkuh berikut ini terlebih dahulu.

Perselingkuhan sendiri memang merupakan kata yang sangat ditakuti oleh seorang yang tengah memiliki pasangan. Pasalnya, perbuatan selingkuh tersebut tentu akan sangat berdampak besar terhadap orang yang diselingkuhi dan juga terhadap hubungan yang tengah dijalani.

Mulai dari sakit hati hingga hilangnya akan kepercayaan terhadap pasangan pun menjadi salah satu risiko yang sangat besar.

Terlebih lagi jika perselingkuhan tersebut terjadi di dalam sebuah hubungan rumah tangga. Karena berselingkuh dalam pernikahan berarti telah mengingkari janji yang telah di buat dihadapan Tuhan.

Nah, jika kamu tengah mengalami perselingkuhan di dalam hubungan, dan kamu masih ingin memperetahankan hubunganmu, maka cara mengatasi pasangan yang selingkuh yakni dengan solusi yang cerdas dalam menghadapinya! Berikut ini beberapa cara-caranya:

Cara mengetahui pasangan selingkuh dan berbohong

Evaluasi diri sendiri

Cara mengetahui pasangan selingkuh yang pertama yakni dengan tidak menyalahkan orang lain terlebih dahulu, baik itu pasanganmu ataupun selingkuhannya.

Namun, hal yang pertama yang harus kamu lakukan yakni dengan mengevaluasi diri sendiri terlebih dahulu. Bukan tidak mungkin jika kamu sendirilah yang memberikan kontribusi terhadap permasalahan yang telah terjadi.

Tanyakanlah kepada diri sendiri, apakah kamu sudah sepenuhnya berkomitmen atau bahkan kamu terlalu sering marah-marah tanpa alasan yang jelas? Biasanya, kebanyakan perselingkuhan akan terjadi pada saat salah satu pihak di dalam hubungan tersebut tak memberikan cukup perhatian dan juga afeksi.

Konfrontasi si selingkuhan pasanganmu

Hal ini bukan berarti kamu harus menyerangnya di media sosial atau melabraknya langsung dan mengungkapkan semua kekesalanmu terhadap dirinya. Namun kamu hanya perlu berbicara dengannya, untuk menunjukan jika kamu memang tengah berusaha untuk menyelamatkan hubungan yang tengah kamu jalani bersama pasangan.

Lakukanlah sebuah konfortasi yang dewasa, tanpa didasari emosi dan kata-kata yang kasar. Berbicara langsung dengan si selingkuhan dapat membantumu menemukan sebuah jawaban dari sebuah kebenaran hingga pada akhirnya dapat membuat hatimu merasa lebih lega.

Jangan diam saja

Kesalahan yang juga kerap dilakukan perempuan pada saat mengetahui pasangannya berselingkuh yaitu dengan hanya memilih untuk diam dan tak melakukan apa-apa. Kamu tak bisa menyelamatkan hubungan kamu jika kamu diam saja atau memilih untuk mengabaikan permasalahan yang tengah terjadi.

Utarakanlah perasaan kamu pada pasangan, bicarakan permasalahan yang tengah terjadi, cobalah tetap merasa tenang dan dengarkan juga apa yang perlu dibicarakan oleh pasanganmu.

Pahami permasalahan terlebih dahulu

Masalah perselingkuhan bisa disebabkan karena datang dari dirimu sendiri, atau bisa juga karena si dia memang tak setia. Sebelum kamu mengambil keputusan yang besar, alangkah baiknya kamu memahami permasalahannya terlebih dahulu.

Cara mengatasi pasangan yang selingkuh dan berbohong yakni dengan tak menyalahkan si selingkuhan yang menjadi orang ketiga di dalam hubungan kalian. Bisa saja si selingkuhan hadir dan membuat perasaan pasangan berubah terhadapmu. Tapi bisa juga kamu yang telah berubah dan akhirnya membuat si dia mencari selingkuhan.

Mencari bantuan

Memperbaiki suatu hubungan yang telah retak memang ada kalanya tak bisa dilakukan hanya dnegan berdua saja. Mungkin saja kamu dan pasangan membutuhkan bantuan dari orang lain yang jauh lebih ahli atau lebih tepatnya seorang terapis.

Terapis inilah yang akan bertindak sebagai pihak ketiga yang akan menjembatani kesenjangan komunikasi kamu dan dapat memberikan saran yang profesional untuk perbaikan hubungan kalian. Hal ini lah yang akan menjadi cara mengatasi pasangan selingkuh agar hubungan kalian kedepannya menjadi lebih baik.

Hormati ikatan kamu dan pasangan

Cara mengatasi perselingkuhan yang sangat mudah dilakukan jika keduanya menghormati sebuah ikatan yang telah dijalin sekian lamanya. Dengan adanya rasa saling menghormati, maka tak akan terlalu sulit untuk memulai cara memperbaiki hubungan yang sudah retak tersebut.

Anda dan pasangan hanya perlu belajar cara menghargai orang lain dan cara menjaga perasaan orang lain demi terjalinnya sebuah hubungan yang tetap langgeng tanpa adanya perselingkuhan.

Berusaha memaafkan

Memaafkan memang merupakan hal tersulit jika mengalami diselingkuhi oleh pasangan sendiri. Namun bagaimanapun Anda harus belajar memaafkan jika masih ingin meneruskan hubungan dan mengatasi perselingkuhan pasangan.

Mencoba memberi maaf kepada pasangan akan menjadi jalan utama untuk meneruskan proses pemulihan hubungan setelan perselingkuhan, karena terus memelihara dendam atau perasaan pahit hanya akan mempersulit dan menghalangi langkah Anda untuk kembali menata rumah tangga dengan pasangan.

Perhatikan penampilan

Cara mengatasi pasangan yang suka selingkuh juga dapat kamu lakukan dengan merubah penampilanmu agar tak terus menerus merasa sedih dan juga sakit hati.

Memiliki penampilan yang baru dan segara dapat turut menaikkan suasana hati yang sedang menurun dan memberi semangat kepada Anda untuk terus berjuang mengatasi perselingkuhan dan memperbaiki keutuhan hubungan kalian kedepannya.

Move on

Pada saat kamu telah melakukan konfrontasi dan telah berbicara dengan si dia, namun kamu belum juga mendapatkan jalan yang terbaik, kini keputusannya hanya ada pada dirimu. Apakah kamu sudah siap untuk memaafkan dan melupakan? Atau kamu tidak bisa memaafkan dan akhirnya memilih untuk menyudahi hubungan yang telah kalian jalani? Apa pun keputusanmu, jangan pernah menggantungkan dirimu dalam sebuah hubungan yang memang sudah rusak dan sudah membuatmu merasa tidak nyaman lagi berada di dalamnya.

BACA JUGA: Ciri-ciri pasangan selingkuh di belakangmu

Dalam memperbaiki sebuah hubungan yang sudah retak memang sangat sulit. Sangat diperlukan kemauan yang kuat dari keduanya untuk mau berusaha berjuang bersama-sama.

Cara mengatasi perselingkuhan dalam hubungan akan berhasil jika pasangan yang berselingkuh dan yang dikhianati bersedia untuk saling emninggalkan ego satu sama lainnya, dan berjuang kembali untuk melanjutkan komitmen yang telah dibuat, walaupun sempat ternoda oleh sebuah perselingkuhan.