Memiliki bekas luka atau yang sering disebut dengan koreng di dalam tubuh tentu akan sangat menyebalkan dan membuat kita menjadi tak percaya diri. Terlebih lagi, jika beberapa bekas luka menghitam biasanya agak sulit untuk dihilangkan. Nah, namun Anda kini tak usah khawatir karena ada beberapa banyak cara menghilangkan koreng berbekas.

Seiring dengan berjalannya waktu pemulihan, luka pada kulit lambat laun memang akan berubah menjadi koreng. Ini merupakan sebuah proses yang sangat wajar karena hal tersebut sebenarnya menandakan jika luka tersebut akan segera sembuh.

Nah, agar tak mengganggu penampilan maupun kenyamanan Anda, alangkah baiknya Anda segera mengetahui berbagai cara menghilangkan koreng dengan lebih cepat agar bekas luka tak semakin menghitam nantinya.

Koreng sendiri terbentuk dari darah dan juga protein yang mengeras hingga akhirnya membentuk plak. Plak ini berfungsi untuk pelindung selama luka di bawahnya mengalami pemulihan. Koreng kemudia mengelupas dengan sendirinya begitu luka Anda telah sembuh.

Namun, pengelupasan koreng ternyata dapat memakan waktu, lho! Guna mempercepat proses tersebut, berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan koreng yang bisa Anda lakukan seperti:

Cara menghilangkan bekas koreng

Tidak mengelupas bekas koreng

Bekas koreng dapat menimbulkan rasa yang gatal dan membuat Anda selalu ingin menggaruknya, atau bahkan ingin mengelupasinya. Selain itu, tepi bekas koreng biasanya akan mengeering terlebih dahulu hingga seakan-akan luka dibawahnya pun telah sembuh.

Semua cara menghilangkan koreng yang Anda lakukan akan menjadi percuma jika Anda malah mengelupasinya. Pasalnya, mengelupas koreng hanya akan membuka luka yang belum sembuh dan memperlambat pemulihannya kembali.

Mengompres hangat

Kompres hangat sangat bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah menuju luka. Dengan meningkatnya aliran darah, pasokan oksigen pun ikut bertambah. Pasokan oksigen yang cukup dapat merangsang sel-sel di sekitar luka untuk beregenerasi dengan lebih cepat.

Jika luka bisa sembuh dengan waktu yang cepat, bekas koreng pun akan hilang dengan jangka waktu yang singkat pula. Untuk membuat kompres yang hangat, cukup siapkan handuk yang telah dibasahi air hangat. Kemudian tempelkan handuk tersebut pada area yang luka selama kurang lebih 20 menit.

Menjaga kelembapan area luka

Cara menghilangkan koreng bekas luka lainnya yaitu dengan menjaga area luka tetap lembap. Tak hanya mempercepat penyembuhan, hal ini juga dapat mencegah timbulnya rasa gatal yang membuat Anda ingin mengelupas bekas koreng.

American Academy of Dermatology menyarankan penggunaan petroleum jelly untuk melembapkan area luka dan mencegah terbentuknya bekas luka yang nantinya akan jauh lebih besar. Anda juga bisa menggunakan pelembap lain seperti minyak kelapa, losion, atau sleep.

Menjaga kebersihan luka

Meski koreng menandakan jika luka Anda mulai berangsur-angsur sembuh, namun area luka yang lembap juga rentan terhadap infeksi bakteri. Infeksi inilah yang akan menghambat pada proses penyembuhan, bahkan jika memperparah luka yang sudah ada.

Jika luka dan bekas koreng terkena kotoran, segeralah untuk membersihkannya menggunakan air hangat dan sabun yang ringan. Gunakan lap lembut untuk menepuk-nepuk kulit hingga kering. Jangan menggosokan handuk karena dapat mengelupas bekas koreng tersebut.

Menutup luka jika dibutuhkan

Banyak orang yang meyakini jika cara terbaik menghilangkan koreng bekas luka yakni dengan menutupnya. Padahal, cara ini sebenarnya tidaklah sepenuhnya terbilang tepat. Anda hanya perlu menutup luka mengalami robek, berdarah, atau bahkan mengeluarkan cairan tertentu.

Penutup luka juga diperlukan apabila Anda adalah orang yang sangat aktif berolahraga. Tujuannya agar bekas koreng tidak mengelupas akibat gesekan dengan pakaian, anggota tubuh yang lain, atau peralatan berolahraga.

BACA JUGA: Cara merapikan gigi secara alami tanpa perlu mahal-mahal beli kawat gigi

Pembentukan bekas koreng adalah tahap normal dari penyembuhan luka. Tanpa upaya perawatan sekalipun, bekas koreng dapat hilang dengan sendirinya begitu luka di bawahnya telah sembuh.

Nah itu dia beberapa cara menghilangkan koreng yang bisa Anda lakukan di rumah mulai saat ini. Meski demikian, kebanyakan orang tertentu merasa tak nyaman dengan rasa gatal yang dirasakan yang disebabkan bekas koreng tersebut. Oleh karena itu dengan cara diatas semoga bisa menjadi referensi untuk Anda mengatasi masalah tersebut agar lebih mempercepat hilangnya koreng di tubuh. Selamat mencoba!