Memilih perawatan wajah memang harus disesuaikan dengan kondisi kulit kita, ya! Jika Anda memiliki kulit wajah yang kering, tentunya Anda pun akan membutuhkan masker yang bisa membantu kulit Anda agar tetap terhidrasi. Ada banyak jenis masker untuk kulit kering yang terbuat dari bahan alami yang dapat Anda coba di rumah.

Kulit kering memang pada umumnya bisa diakibatkan oleh kulit yang tak terhidrasi dengan baik. Selain rentan terhadap iritasi, kulit kering juga biasanya akan cenderung lebih kusam dan membuat makeup yang Anda gunakan akan menjadi sulit untuk menempel di kulit wajah dengan baik.

Nah, untuk mengatasinya Anda bisa mencoba menggunakan beberapa masker untuk kulit kering seperti berikut ini, dan bisa segera Anda lakukan dirumah!

Masker untuk kulit kering

Mentimun dan lidah buaya

Baik mentimun ataupun lidah buaya, keduanya sangat bagus untuk Anda jadikan sebagai masker untuk kulit kering. Karena mentimun dan lidah buaya dapat membantu kulit terhidrasi dengan baik, sehingga kulit Anda dapat lebih lembap nantinya. Masalah kulit kering seperti gatal dan kusam pun juga tentunya akan berkurang.

Kuning telur dan madu

Masker alami untuk kulit kering yang kedua adalah campuran dari kuning telur dan juga madu. Dalam kuning telur mengandung tinggi lemak yang memiliki manfaat berbeda dengan putih telur. Jika putih telur pada umumnya disarankan untuk mengatasi masalah minyak di wajah, kuning telur justru diklaim baik untuk kulit wajah yang kering, karena dapat memberikan efek yang melembapkan di wajah. Tentunya akan lebih baik juga dengan nutrisi dari madu yang kaya akan antioksidan.

Semangka dan madu

Bahan alami yang selanjutnya yakni dengan semangka, yang dipercaya dapat membantu menghidrasi kulit wajah Anda.

Semangka memiliki kadar air yang tinggi, sehingga sangat baik untuk Anda yang memiliki kurit kering. Selain itu juga, semangka juga akan menyegarkan kulit. Dan jika dicampurkan dengan madu, itu akan membantu mengunci kelembapan kulit dan mencegah terjadinya kerusakan pada kulit wajah Anda.

Alpukat dan madu

Alpukat merupakan buah yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh maupun untuk kecantikan.

Oleh karena itu, alpukat dapat dijadikan sebagai bahan masker yang sangat cocok untuk semua jenis kulit, termasuk untuk jenis kulit yang kering. Buah ini mengandung lemak yang sehat dan dapat menutrisi kulit kering Anda menjadi lebih lembap. Anda juga bisa menambahkan campuran air mawar dan madu yang juga memiliki manfaat yang sama yaitu untuk melembapkan kulit Anda.

Pisang dan minyak zaitun

Pisang juga diketahui dapat membantu Anda dalam melembapkan kulit dan mengandung berbagai kandungan nutrisi di dalamnya yang sangat baik untuk kulit.

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang sangat cocok dijadikan masker untuk segala jenis kulit. Tambahkan pula madu atau minyak zaitun agar membuat masker pisang yang Anda buat semakin cocok dijadikan sebagai perawatan untuk kulit wajah yang kering.

Pepaya, madu, dan susu

Masker untuk kelit kering dan kusam dari bahan alami yang selanjutnya yakni terbuat dari bahan pepaya, madu dan juga susu.

Madu dan susu memiliki sifat menghidrasi kulit. Selain membuat kulit wajah Anda menjadi lebih lembap, masker pepaya dan madu ini juga dipercaya bisa membuat kulit Anda menjadi lebih lembut, kenyal, dan halus. Sedangkan susu dipercaya dapat membantu mencerahkan kulit.

Pepaya, mentimun, dan pisang

Masih menggunakan bahan yang sama yakni pepaya, namun kali ini masker untuk kulit kering dibuat dari tambahan pepaya, mentimun dan juga pisang.

BACA JUGA: 7 Cara memutihkan kulit secara alami dengan cepat

Seperti yang disebutkan sebelumnya, jika mentimun bisa membantu untuk menyejukkan kulit wajah Anda. Bahan lainnya dalam masker ini juga bisa membantu melembapkan kulit. Masker satu ini juga tak hanya dapat melembapkan dan menyejukkan kulit, lho! Namun juga bisa membantu menjaga kelembutan kulit wajah Anda.

Itu dia beberapa masker yang dapat Anda buat untuk masalah kulit kering yang Anda alami. Dengan menggunakan masker wajah secara rutin dapat membantu Anda mengatasi masalah kulit kering. Semoga bermanfaat!