Kehalusan telapak tangan merupakan dambaan bagi banyak wanita. Apakah Anda juga mendambakan telapak tangan yang halus dan lembut? Tenang, ada berbagai cara menghaluskan telapak tangan yang murah dan mudah dilakukan.

Anda bisa menerapkan berbagai cara tersebut untuk menghaluskan telapak tangan Anda yang cenderung kasar. Simak selanjutnya untuk mengetahui cara menghaluskan telapak tangan.

Telapak tangan yang kasar mengindikasikan bahwa kulit pada telapak tangan Anda kering dan mengalami pecah-pecah. Selain itu, itu juga berarti banyak penumpukan sel-sel kulit mati yang tidak diangkat.

Hal-hal tersebut menimbulkan kesan telapak tangan yang kasar. Lantas, hal-hal apa sajakah yang menjadi penyebabnya? Udara kering adalah salah satu penyebab kulit menjadi kering dan pecah-pecah sehingga telapak tangan menjadi kasar.

Apabila Anda berada di suatu wilayah yang memiliki tingkat kelembapan rendah maka itu juga bisa menyebabkan telapak tangan Anda menjadi kasar karena kulit akan menjadi kering. Penyebab telapak tangan kasar adalah adanya paparan zat kimia.

Banyak wanita yang tidak sadar bila setiap hari mereka terkena paparan zat kimia. Zat-zat kimia tersebut berada di dalam sabun, deterjen, dan lainnya. Penyebab telapak tangan menjadi kasar juga dikarenakan kekurangan cairan atau dehidrasi.

Tak perlu membuang banyak uang di klinik kecantikan dengan tujuan untuk menghaluskan telapak tangan. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan biaya yang lebih terjangkau. Ada beberapa cara menghaluskan telapak tangan yang murah dan mudah.

Yuk, terapkan beberapa cara menghaluskan telapak tangan di bawah ini!

Cara menghaluskan telapak tangan

Tidak berlebihan mencuci tangan pakai sabun

Mencuci tangan memang bagian dari hidup sehat. Akan tetapi, kebiasaan ini tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Cara mencuci tangan yang direkomendasikan adalah pakai sabun dan air hangat. Sayangnya, keduanya bisa membuat tangan Anda rentan sekali kasar.

Paparan bahan kimia dan suhu panas dari air bisa mengurangi kelembapan sehingga membuat kulit Anda kering. Itu sebabnya, Anda harus bijak ketika mencuci tangan agar cara ini dapat menghaluskan kembali telapak tangan Anda yang kasar.

Cara menghaluskan telapak tangan yang bisa Anda lakukan yakni dengan cucilah tangan secukupnya, seperti pada sebelum dan sesudah makan, selesai membersihkan sesuatu, atau setelah menggunakan toilet. Saat mencuci tangan, jangan menggosoknya terlalu keras. Lakukanlah secara perlahan dan pijat lembut hingga ke sela jari.

Pilih produk pembersih yang tepat

Selain kebiasaan cuci tangan yang kurang tepat, telapak tangan yang kering juga bisa disebabkan oleh produk yang terlalu keras untuk tangan. Agar telapak tangan Anda yang kasar kembali harus, salah satu cara yang perlu Anda lakukan adalah mengganti produk dengan yang lebih aman.

Anda mungkin perlu memilih pembersih yang bebas alkohol, pewangi, dan pewarna. Pilih juga produk yang dilabeli hypoallergenic yang kemungkinan lebih aman untuk kulit yang sensitif.

Sering pakai pelembab

Kulit kasar disebabkan oleh kondisi kulit kering. Jadi, cara menghaluskan telapak tangan yang kasar tentu saja dengan sering pakai pelembap. Anda mungkin memerlukan produk pelembap khusus yang diformulasi untuk kulit tangan, yakni hand cream.

Nah, memakai pelembap tidak hanya setelah mandi saja. Jika kulit Anda memang kering dan kasar, oleskan pada kulit tangan sesuai kebutuhan. Misalnya, setelah Anda mencuci tangan.

Perbanyak minum air putih

Kondisi kulit kering dan kasar bisa diatasi dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh, yakni minum air putih. Pasalnya, air bisa menjaga kelembapan kulit tubuh Anda.

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar ini cukup mudah Anda lakukan. Anda hanya perlu disiplin untuk minum air. Bila Anda mudah lupa, cobalah untuk memasang pengingat di ponsel Anda agar bisa tetap minum air.

Makan makanan yang sehat

Menjaga kelembapan kulit tidak hanya dilakukan dengan perawatan di luar tubuh saja. Pasalnya, kulit membutuhkan berbagai nutrisi yang bisa Anda dapatkan dari makanan. Tingkatkan asupan makanan sehat, seperti sayur, buah, dan kacang-kacangan.

Hindari penggunaan mesin pengering tangan

Apakah Anda terbiasa mengeringkan tangan dengan mesin pengering tangan yang biasa ada di restoran-restoran? Jika iya maka tinggalkanlah kebiasaan itu mulai dari sekarang. Mesin pengering tangan bisa membuat kulit Anda menjadi kasar.

Udara panas yang ada pada mesin pengering tersebut memicu penguapan yang lebih tinggi sehingga menghilangkan cairan pada sel kulit tangan dan akhirnya menjadi kasar. Oleh karena itu, gunakanlah handuk atau tisu untuk mengeringkan tangan.

Gunakan sarung tangan

Apabila aktivitas harian Anda tidak terhindarkan dari kegiatan mencuci yang mengharuskan adanya kontak dengan sabun-sabun atau zat kimia tertentu maka pakailah sarung tangan. Anda bisa menggunakan sarung tangan plastik atau karet saat mencuci baju, cuci piring, atau berkebun.

BACA JUGA: 5 cara menghilangkan bau kaki

Namun, jika Anda telah mencoba berbagai cara menghaluskan telapak tangan yang kasar menggunakan cara diatas, tapi tidak juga ampuh, mungkin sudah saatnya Anda meminta bantuan pada dokter.

Berdasarkan laman Mayo Clinic, kondisi kulit kering dan dibiarkan begitu saja ternyata bisa menyebabkan kompilasi, lho! Misalnya seperti, eksim ataupun infeksi. Jadi, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang teepat. Semoga bermanfaat!