Kayu manis adalah salah satu jenis rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu dalam berbagai jenis makanan. Selain menambah rasa dan memiliki aroma yang sedap, ternyata ada banyak manfaat kayu manis bagi kesehatan tubuh. Apa saja?

Kayu manis telah banyak digunakan untuk pengobatan, namun khasiat kayu manis untuk kesehatan hingga saat ini masih menjadi pro kontra. Oleh karena itu, masih dibutuhkan penelitian lanjutan terkait dengan hal ini.

Kulit batang kayu manis memiliki aroma yang sangat khas, rasa agak manis, pedas dan kelat. Jika pengamatan dilakukan secara makroskopik, potongan kulit berbentung gelondong, agak menggulung membujur dan memiliki panjang sampai 1 meter dengan tebal kulit 1 mm sampai 3 mm.

Apa saja sih manfaat dari kayu manis itu sendiri? Berikut ini beberapa manfaat kayu manis bagi kesehatan tubuh yang sangat sayang Anda lewatkan yakni:

Manfaat kayu manis

Mengontrol gula darah

Manfaat kayu manis dipercaya mampu untuk mengontrol gura darah. Hal ini dikarenakan kayu manis mengandung antioksidan yang bisa membantu mengontrol tingkat gula darah.

Selain itu, kayu manis juga membantu proses pencernaan setelah makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe 2. Satu gram kayu manis saja diketahui bisa menurunkan tingkat gula darah, trigliserida, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes.

Antiinfeksi

Manfaat selanjutnya, kayu manis bisa mengatasi infeksi. Hal ini karena adanya komponen anti infeksi natural. Dalam berbagai penelitian, kayu manis terbukti efektif menghilangkan bakteri H. Pylori yang dapat menyebabkan sakit maag dan berbagai jenis penyakit lainnya yang disebabkan bakteri.

Meningkatkan fungsi otak

Mencium bau kayu manis diketahui bisameningkatkan aktivitas otak. Selain itu, aroma kayu manis juga bisa meningkatkan proseskognitif seseorang dan membantu dalam hal berkonsentrasi, mengingat, dan kecepatan bekerja.

Menurunkan kolesterol

Kandungan kayu terdiri dari kalsium, serat, dan banyak mineral seperti mangan. Oleh karena itu, kayu manis sangat cocok untuk kesehatan pencernaan, usus, serta melindungi dari penyakit jantung dan kolesterol.

Kalsium dan serat pada kayu manis juga membantu menghilangkan garam pada tubuh dan mencegah kanker usus. Tak hanya itu, manfaat kayu manis juga bisa mengobati konstipasi karena kandungan seratnya.

Mencegah pertumbuhan sel kanker

Sebuah penelitian yang dilakuakan di University of Texas menunjukan jika kayu manis bisa menguraangi proliferasi sel kanker. Tidak hanya itu, kayu manis pun diketahui salah satu rempah yang ternyata dapat menyembuhkan kanker.

Menghangatkan

Minyak yang dihasilkan dari kayu manis dipercaya bisa mencegah darah untuk menggumpal. Kayu manis juga mengeluarkan asam lemak antiperadangan yang disebut arachidonic. Asam lemak ini kemudian mengurangi radang dan penggumpalan darah.

Cinnamaldehyde adalah suatu senyawa atau komponen di dalam minyak atsiri terletak pada sel minyak pada kulit kayu manis. Minyak atsiri semula di luar sel kemudian merusak sel-sel disekitarnya sehingga terbentuklah saluran semacam organ dengan minyak atsiri di dalamnya yang disebut kelenjar. Pembentukan kelenjar yang demikian disebut sebagai pembentukan secara schizolysigen.

Meringankan sakit pada penderita rematik

Manfaat kayu manis untuk kesehatan sadalah mampu mengatasi rematik. Dalam penelitian yang dilakukan di Department of Internal Medicine menunjukkan, kayu manis juga dapat mengurangi sitokin (protein-protein kecil sebagai mediator dan pengatur imunitas, inflamasi dan hematopoesis) yang dapat menyebabkan rematik.

Baik untuk jantung

Sebuah penelitian mengungkapkan, konsumsi makanan yang kaya akan rempah-rempah seperti kunyit dan kayu manis, dapat mengurangi efek negatif dari makanan berlemak, sehingga dipercaya dapat dipercaya menurunkan risiko penyakit jantung.

Mengatasi alzheimer

Manfaat kayu manis untuk kesehatan yang selanjutnya adalah kemampuannya mengatasi Alzheimer. Semua ini karena kandungan antioksidan seperti polifenol yang tinggi. Kandungan antioksidan yang tinggi pada kayu manis ini bisa melindungi tubuh dari radikal bebas, antioksidan juga dipercaya bermanfaat untuk penyakit Alzheimer.

Selain kandungan antioksidan yang tinggi, kandungan lain yang terdapat pada kayu manis dipercaya juga dapat menghambat penumpukan protein di otak, yang merupakan salah satu penyebab utama Alzheimer.

BACA JUGA: Manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh

Nah, itulah manfaat kayu manis untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Meski kayu manis berguna untuk menunjang kesehatan tubuh, namun Anda juga perlu memperhatikan jumlah takaran yang sebaiknya diterima tubuh. Meski tidak ada takaran yang pasti, dalam sehari biasanya Anda disarankan tidak lebih mengonsumsi kayu manis lebih dari 2 sendok atau 5 gram.