Dibandingkan dengan gigi, lidah merupakan bagian dalam mulut yang sering diabaikan kebersihan serta kesehatannya. Namun tahukah Anda jika ada beberapa penyakit yang disebabkan oleh lidah yang kotor? Nah, oleh sebab itu Anda harus mengetahui cara menjaga kesehatan lidah dengan baik dan benar.

Dr. Puneet Ahuja, Konsultan Senior Bedah Gigi di Sri Balaji Action Medical Institude, India mengatakan jika beberapa infeksi bisa disebabkan oleh kebersihan lidah yang buruk.

Oleh karena itu, sangat penting mengetahui cara menjaga kesehatan lidah agar terhindar dari sejumlah infeksi yang dapat mengganggu kesehatan.

Lidah yang sehat yakni berwarna merah muda dengan bintik kecil yang disebut dengan papila, juga akan ada lapisan putih di atasnya.

Dr. Puneet Ahuja mengatakan jika memiliki lidah berwarna merah muda sama sekali bukanlah mitos belaka, namun justru itu fakta yang perlu semua orang ketahui. Lidah yang berwarna hitam, kuning, putih, atau bahkan merah, menandakan bahwa lidah tersebut tidak bersih.

Lidah yang berubah warna atau sakit dapat menandakan adanya masalah kesehatan yang lebih serius seperti kekurangan vitamin, AIDS, hingga kanker mulut, lho!

Untuk mencegah berbagai penyakit dan infeksi yang mungkin saja terjadi tersebut, kita harus mengetahui cara menjaga kesehatan lidah sebagai berikut:

Cara menjaga kesehatan lidah

Perbanyak minum air

Karena lidah merupakan tempat bersarangnya bakteri, maka Anda harus memberishkannya lewat cara menjaga kesehatan lidah dengan memperbanyak minum air putih. Selain untuk menghilangkan dahaga dan dehidrasi, air putih juga mampu menghilangkan bakteri yang ada di permukaan lidah dan membuatnya menjadi lebih sehat. Sudah disarankan oleh banyak ahli kesehatan tentang manfaat minum air putih, Anda tentu tidak ingin mengabaikannya begitu saja bukan?

Berkumur dengan air garam

Selain minum air putih, Anda juga bisa merawat kesehatan lidah dengan berkumur-kumur setelah makan. Lebih baik lagi, berkumur dengan menggunakan air yang sudah dicampur dengan garam agar lidah semakin terjaga kesehatannya. Air garam sendiri memiliki khasiat meningkatkan pH di sekitar rongga mulut sehingga mampu menekan tumbuhnya bakteri.

Hindari minuman beralkohol, soda, dan berkafein

Selain tak baik bagi kesehatan tubuh, mengonsumsi minuman beralkohol dan berkafein juga tak baik unuk kesehatan lidah. Kedua jenis minuman tersebut memiliki kandungan zat asam yang cukup tinggi sehingga akan melapisi permukaan lidah dan membuatnya tak sehat. Jadi, sebisa mungkin hindari jenis-jenis minuman tersebut karena akan membuat lidah Anda semakin tak sehat.

Rutin mengonsumsi buah dan makanan sehat lainnya

Cara menjaga kesehatan lidah yang selanjutnya yakni Anda perlu mengonsumsi makanan-makanan sehat yang mengandung banyak zat air seperti sayuran dan buah-buahan. Memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, mengonsumsi buah dan sayur mampu membuat kesehatan lidah Anda bisa tetap terjaga. Selain rasanya yang nikmat dan menyegarkan, lidah Anda juga akan terpelihara kesehatannya.

Jangan memakai tindik di lidah

Ingat ya, jangan karena alasan ingin disebut sebagai ‘anak gaul’, Anda memakai aksesoris tambahan pada beberapa bagian tubuh, salah satunya lidah. Banyak dilakukan orang, menindik lidah akan membuat syaraf-syaraf lidah menjadi tertekan dan berkurang fungsinya. Selain tak nyaman, lidah yang ditindik juga akan membuat lidah Anda rentan terluka dan iritasi.

Bersihkan lidah menggunakan pembersih khusus lidah

Dr. Euan Swan dari Canadian Dental Association di Ottawa mengatakan bahwa permukaan lidah bisa menampung banyak bakteri. Menumpuknya kuman di lidah bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut. Bakteri yang terkurung dalam lidah bisa melakukan perjalanan ke bagian lain di mulut Anda. Hal ini bisa menyebabkan penumpukan plak yang menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit pada gusi.

Pertumbuhan bakteri yang berlebihan bisa mengubah lidah Anda menjadi kuning, putih atau bahkan hitam dan berbulu. Studi di University of Michigan’s School of Medicine menemukan bahwa sekitar sepertiga spesies bakteri yang ditemukan pada lidah manusia tidak tumbuh pada permukaan lain di mulut mereka.

Oleh karena itu, dr. Ahuja mengatakan cara cara menjaga kesehatan lidah ialah dengan membersihkannya menggunakan alat khusus pembersih lidah. Anda bisa menggunakannya dengan menariknya dari pangkal ke ujung lidah. Ulangi kegiatan ini dua sampai tiga kali saat proses pembersihan lidah berlangsung.

BACA JUGA: Cara membersihkan wajah dengan baik dan benar

Marc Lowenberg, dokter gigi kecantikan di New York mengatakan paling tidak Anda membersihkan lidah satu kali dalam sehari. Gunakan alat pembersih lidah setelah menyikat gigi baik di pagi atau malam hari. Setelah menggunakan alat pembersih lidah, Anda disarankan untuk menggunakan obat kumur non-alkohol atau berkumur dengan air hangat.

Itu dia berbagai cara menjaga kesehatan lidah yang bisa Anda terapkan mulai dari sekarang agar lidah Anda terjauh dari segala penyakit. Mulailah untuk mempraktikkan cara diatas untuk menjaga lidah Anda tetap bersih, sehat dan juga terawat, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here