Sering berjemur atau berenang memang bisa membuat kulit menjadi belang. Kulit belang acap sekali membuat penampilan menjadi kurang menarik sehingga mengurangi kepercayaan diri. Oleh karena itu, ketahuilah cara menghilangkan kulit belang sehingga kulit Anda memiliki warna yang rata seperti kulit asli kembali.

Kulit belang adalah penampakan kulit yang tidak rata sebagaimana warna kulit asli. Orang dengan kulit belang bisa jadi memiliki belang yang lebih terang atau lebih gelap dari aslinya. Kebanyakan orang yang sering terpapar panas memiliki warna belang yang lebih gelap dari kulit aslinya.

Cara menghilangkan kulit belang tidak perlu Anda lakukan dengan pergi ke salon atau klinik kecantikan. Anda bisa menghilangkannya dengan menggunakan cara yang alami.

Tak perlu mahal dan mengeluarkan dana yang banyak, inilah beberapa cara menghilangkan kulit belang yang peraktis dan bisa dilakukan di rumah sebagai berikut.

Cara menghilangkan kulit belang

Kulit jeruk

Apabila Anda makan buah jeruk maka jangan buang kulitnya. Kulit jeruk bisa digunakan untuk menghilangkan belang di tangan, wajah dan bagian lainnya. Cara menghilangkan kulit belang dengan kulit jeruk harus mengeringkan dan menghaluskannya terlebih dahulu hingga menjadi bubuk.

Setelah kulit jeruk menjadi bubuk lalu campurlah 2 sendok teh bubuk kulit jeruk tersebut dengan 2 sendok teh madu dan 1 sendok teh brown sugar. Balurkan campuran tersebut ke seluruh bagian kulit yang belang selama 15 menit lalu bilas.

Lakukanlah cara ini dengan rutin sampai kulit belang Anda hilang dan memiliki warna yang rata. Cara ini tidak hanya menghilangkan kulit belang tetapi juga menutrisi kulit karena kandungan vitamin E di dalam kulit jeruk baik bagi kesehatan kulit.

Air lemon

Lemon adalah kelompok jeruk yang baik digunakan sebagai cara menghilangkan kulit belang di wajah dan area tubuh lainnya. Tidak hanya bagian kulitnya, air perasan lemon juga bisa digunakan untuk mengatasi belang, lho!

Caranya cukup mudah kok, cukup campurkan 2 sendok makan air perasan lemon dan 1 sendok makan gula. Aduk rata bahan-bahan tersebut lalu campurlah dengan 2 sendok makan madu. Balurlah bahan tersebut pada bagian yang belang sembari dipijat dengan cara yang halus lalu kemudian dibilas.

Lidah buaya

Kulit yang terpapar sinar matahari memang membuat warnanya menjadi lebih gelap dari kulit asli. Hasilnya pun kulit menjadi belang karena ada bagian kulit yang lebih gelap. Anda bisa menghilangkan belang gelap di kulit dengan memutihkan bagian tersebut.

Lidah buaya merupakan bahan alami yang bisa memutihkan bagian belang yang gelap tersebut. Selain itu, penggunaan lidah buaya juga bisa membantu kulit tetap lembap. Cara menghilangkan kulit belang dengan lidah buaya cukup mengoleskan gel lidah buaya dan minyak almond ke bagian kulit yang lebih gelap selama 15-20 menit kemudian dibilas.

Pasta mentimun

Mentimun memiliki kandungan vitamin A yang bagus untuk membantu memperbaiki warna kulit dan mengurangi belang. Ada dua cara di dalam menggunakan mentimun untuk mengatasi kulit belang.

Cara pertama adalah dengan mencampurkan mentimun yang sudah diblender dengan 2 sendok makan gel lidah buaya hingga menjadi pasta. Aplikasikan campuran ini sebagai masker pada pagi dan malam hari di bagian kulit yang belang.

Hasil dari penggunaan bahan alami ini biasanya mulai nampak setelah 1 minggu. Selain itu, cara kedua adalah dengan mencampurkan empat sendok makan pasta mentimun, 2 sendok teh tepung dan 2 sendok teh air lemon. Campur dan aplikasikan sebagai masker selama 20 menit. Bilas dengan air dingin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Masker madu

Bahan-bahan alami yang sangat baik digunakan sebagai cara menghilangkan kulit belang adalah bahan yang mengandung madu, sirup lemon, dan glerosin. Campuran bahan tersebut bisa menjadi masker madu yang bisa menghilangkan belang.

Lulur kunyit

Sejak zaman dahulu, kunyit merupakan rempah yang banyak digunakan untuk kecantikan kulit. Tidak hanya bisa menghaluskan, kunyit juga bermanfaat untuk menghilangkan belang. Pastinya tidak sulit menemukan kunyit di rumah karena sering menjadi bumbu masak.

Scrub bengkuang

Bengkuang sudah lama dikenal akan khasiatnya yang bisa mencerahkan dan memutihkan kulit. Ini juga berarti bahwa bengkuang juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi kulit belang karena memiliki efek memutihkan.

Bagian kulit yang lebih gelap dari warna kulit asli adalah alasan mengapa kulit Anda terlihat belang. Jadi, jika Anda memutihkan kulit yang gelap maka warna kulit Anda akan sama dan tidak nampak belang.

Cara menggunakan bengkuang untuk menghilangkan belang di tangan, wajah, dan lainnya adalah dengan membuatnya menjadi scrub. Parutlah bengkuang lalu campurlah dengan menggunakan yogurt plain dan garam (sebagai scrub).

BACA JUGA: Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan

Setelah itu, gosok-gosoklah scrub bengkuang ini secara perlahan ke bagian tubuh yang lebih gelap akibat paparan sinar matahari. Diamkan selama beberapa menit kemudian bilaslah. Penggunaan scrub rumahan yang murah ini tidak hanya bisa menghilangkan belang saja tetapi juga bisa menyegarkan kulit.

Nah itulah beberapa cara menghilangkan kulit belang yang bisa Anda lakukan dirumah. Namun, perlu Anda ketahui pula jika reaksi setiap kulit akan berbeda.

Jadi, hentikan pemakaianjika Anda memiliki kulit sensitif atau tidak cocok dengan bahan yang bisa digunakan untuk memutihkan kembali kulit yang belang. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here