Susah buang air besar (BAB) atau sembelit adalah masalah pencernaan yang sangat umum terjadi. Namun jangan khawatir, susah buang air besar dapat diredakan dengan berbagai cara mengatasi susah BAB.

Banyak orang yang menganggap jika masalah susah buang air besar (BAB) hanyalah karena kekurangan asupan serat. Mengonsumsi banyak makanan berserat layaknya sayur dan buah-buahan, maka dengan sendirinya akan lebih mudah buang air besar.

Anggapan ini ternyata adalah salah kaprah. Pakar kesehatan menyebutkan jika susah BAB, apalagi yang berlangsung berhari-hari lamanya tidak boleh disepelekan. Selain bisa membuat perut menjadi tidak nyaman, susah BAB bisa jadi adalah tanda dari adanya masalah kesehatan yang lebih serius, khususnya pada organ pencernaan.

Lalu, bagaimana cara mengatasi susah BAB atau sembelit yang baik? Sebelum menggunakan obat pencahar, alangkah baiknya jika Anda mencoba cara mengatasi susah BAB dengan cara-cara alami ini terlebih dahulu. Berikut beberapa diantaranya.

Cara mengatasi susah BAB

Minum sparkling water

Cara mengatasi susah BAB yang pertama yakni dengan mengonsumsi cairan dalam jumlah cukup bisa membantu melancarkan pencernaan yang mampet. Terutama sparkling water yang menurut salah satu penelitian bisa membantu lebih baik daripada air biasa.

Tetapi sebaiknya jangan pilih minuman berkarbonasi dengan gula tinggi. Gula berlebih justru bisa menyebabkan sembelit lebih parah.

Konsumsi serat prebiotik

Konsumsi lebih banyak serat, terutama serat prebiotik yang tidak mudah dicerna. Serat prebiotik akan disimpan di dalam usus dan difermentasi, memberi makan bakteri baik yang bertugas melancarkan pencernaan di dalam usus.

Serat prebiotik bisa ditemukan di dalam pisang, bawang merah, bawang putih, kulit apel, dan kacang-kacangan.

Konsumsi makanan yang mengandung probiotik

Cara mengatasi susah BAB selanjutnya yaitu dengan cara memakan makanan yang mengandung bakteri baik (probiotik) seperti yogurt, sauerkraut, tapai, dan kimchi bisa membantu melancarkan pencernaan yang terganggu.

Selain itu, makanan yang mengandung probiotik seperti yogurt juga bisa mengatasi konstipasi dengan memproduksi lactic acid dan asam lemak yang mampu merangsang pergerakan usus.

Minum kopi

Kafein di dalam kopi akan meningkatkan dorongan untuk buang air besar. Ini karena kemampuan kafein dalam merangsang otot-otot di sistem pencernaan.

Perbanyak minum air putih

Salah satu akibat dari sembelit adalah tinja kering. Oleh karena itu, cara mengatasi susah BAB, dengan memperbanyak minum air putih karena konsumsi air putih dapat memudahkan tinja untuk keluar.

Minuman yang dianjurkan saat mengalami sembelit adalah jus seperti jus apel atau pir dan teh herbal.

Perhatikan apa yang dimakan

Anda harus lebih memperhatikan makanan Anda, karena terdapat beberapa makanan yang disarankan untuk memperlancar buang air besar (BAB).

Beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk memperlancar buang air besar adalah buah kiwi, jeruk, oatmeal, bayam, lidah buaya, kacang, yogurt, kopi, nasi.

Olahraga

Olahraga dapat menyebabkan peningkatan denyut jantung dan pernapasan yang dapat merangsang kontraksi otot di seluruh tubuh dan membantu makanan bergerak lebih cepat melalui usus.

Cobalah untuk melakukan olahraga ringan sekitar 20 sampai 30 menit selama lima hari dalam seminggu, karena hal tersebut bisa menjadi cara mengatasi susah buang air besar Anda lho!

BACA JUGA: 5 alasan pentingnya mencuci tangan dengan benar

Nah, kini Anda tidak perlu lagi menggunakan obat yang dijual secara bebas ya, semoga dengan adanya beberapa cara mengatasi susah buang air besar diatas dapat membantu Anda jika sedang mengalami susah buang air besar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here