Pada umumnya orang dewasa membutuhkan waktu tidur tujuh hingga delapan jam dalam sehari. Waktu tidur yang cukup dan berkualitas dapat membuat Anda lebih segar dan siap menjalani aktivitas pada esok hari. Sayangnya, berbagai kegiatan seperti bekerja hingga aktivitas sosial lainnya membuat seseorang menjadi kurang tidur. Apa bahaya kurang tidur bagi kesehatan?

Selama ini juga mungkin Anda berpikiran jika kurang tidur sekedar berakibat pada rasa kantuk yang berlebih saja. Akan tetapi, hal itu akan membuat Anda kurang produktif saat beraktivitas, baik belajar maupun bekerja.

Namun, ternyata lebih dari itu, bahaya kurang tidur ternyata akan berdampak bagi kesehatan tubuh Anda loh, baik secara fisik maupun emosional.

Jika Anda belum mengetahui apa saja bahaya kurang tidur bagi kesehatan tubuh Anda, berikut ini beberapa bahaya yang disebabkan oleh kurang tidur yang bisa terjadi, antara lain:

Bahaya kurang tidur bagi kesehatan tubuh

Memicu diabetes

Efek kurang tidur yang satu ini sering kali diabaikan. Padahal, efek kurang tidur ini dapat memicu respon stress pada tubuh sehingga terjadinya pelepasan hormon kortisol dan norepenepherine yang berhubungan dengan resistensi insulin. Kondisi inilah yang memengaruhi hormon dalam tubuh yang mengontrol nafsu makan.

Stroke

Bahaya kurang tidur selanjutnya yang bisa terjadi adalah meningkatkan risiko stroke. Perlu diketahui, bahaya kurang tidur ini dapat menurunkan kinerja jantung sehingga membuat aliran darah menuju otak menjadi terhambat yang pada akhirnya memicu terjadinya stroke.

Tekanan darah tinggi

Bahaya kurang tidur satu hingga enam jam per hari dapat menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan darah sistolik dan bisa menggangu aktivitas sehari-hari. Hal inilah yang memicu tekanan darah tinggi.

Kanker payudara

Saat Anda kurang tidur, hormon melatonin yaitu hormon anti kanker akan menurun. Kurang tidur juga memicu meningkatnya kadar hormon estrogen (senyawa steroid yang berfungsi sebagai pemicu perkembangan organ seks). Ketika ini terus terjadi dalam siklus tidur, maka akan menyebabkan terjadinya kanker payudara pada wanita.

Perubahan pola makan

Seperti dijelaskan, akibat kurang tidur mampu memengaruhi hormon yang mengontrol nafsu makan. Efek kurang tidur ini dapat menyebabkan terjadinya penurunan leptin yaitu sinyal rasa kenyang ke otalk dan meningkatnya ghrelin yaitu hormon yang merangsang nafsu makan. Jika ini terus terjadi, pola makan akan terganggu dan memungkinkan risiko penyakit lain terjadi pada tubuh.

Memicu gangguan jantung

Orang yang terbiasa tidur terlalu larut sehingga berdampak pada kekurangan waktu tidur rentan terhadap penyakit jantung. Akibat kurang tidur lanjutannya juga dapat menurunkan proses metabolisme dan meningkatkan tekanan darah sehingga proses kerja jantung menjadi terganggu.

Mengganggu kemampuan otak

Akibat kurang tidur dalam waktu yang sangat lama dapat mengganggu kemampuan berpikir dan menerima informasi sehingga akan menggangu fokus seseorang ketika beraktivitas.

Berat badan naik

Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa mereka yang tidurnya kurang dari 6 jam setiap harinya, cenderung menjadi lebih gemuk dibanding mereka yang jam tidurnya 7-9 jam hari.

BACA JUGA: Kamu harus tahu, ini lho manfaat menangis untuk kesehatan

Akibat kurang tidur ini ternyata ada kaitannya dengan peningkatan nafsu makan dan bertambahnya rasa lapar. Bagi Anda yang berencana menurunkan berat badan, begadang adalah aktivitas yang sebaiknya Anda hindari.

Nah, itulah beberapa bahaya kurang tidur yang dapat terjadi pada diri Anda. Meski kurang tidur terdengar sepele, namun jika hakl ini dilakukan dalam jangka waktu yang lama, maka hal itu bisa berdampak bagi kesehatan Anda.

Jika Anda mengalami kesulitan tidur sebaiknya segera konsultasikan keluhan Anda tersebut itu kepada dokter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here