Kerutan yang muncul pada wajah menjadi salah satu masalah perempuan yang tidak mengenal umur. Ya, masalah kerutan bisa terjadi ketika Anda masih muda. Hal ini dapat terjadi bila Anda tidak merawat kulit dengan benar. Jangan khawatir, ada beberapa cara menghilangkan kerutan di wajah yang dapat Anda coba.

Bertumbuhnya usia memang tak bisa dihindari oleh setiap orang. Konsekuensi dari setiap perubahan pun tak bisa dilawan. Salah satunya adalah wajah yang mulai menunjukan garis-garis halus atau akrab disebut dengan kerutan.

Sebenarnya hal ini bukan masalah yang serius, karena terjadi secara normal, sering bertambahnya usia. Namun banyak orang yang ingin terus terlihat muda di usianya yang sudah mulai tua. Tak jarang mereka pun merasa sangat terganggu dengan kulitnya yang mulai timbul kerutan.

Namun, kerutan yang muncul pada wajah ini umumnya sangat dikhawatirkan para wanita. Mereka adalah makhluk Tuhan yang selalu ingin terlihat sempurna dalam kesehariannya, terlebih mereka yang sangat eksis dan menjadi publik figur.

Karena seringnya bikin tidak percaya diri, Anda pun mungkin kepikiran untuk langsung melakukan perawatan kecantikan untuk menyamarkan kerutan dengan cepat. Padahal, sebetulnya Anda juga bisa menggunakan cara menghilangkan kerutan pada wajah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang alami yang ada dirumah.

Sekarang Anda tidak perlu buru-buru pergi ke klinik kecantikan untuk menghilangkan di wajah. Sebab, ada beberapa cara menghilangkan kerutan dengan bahan alami yang ampuh untuk menyamarkan garis-garis halus diwajah. Berikut ini bahan-bahannya:

Cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami

Putih telur

Telur tak hanya bisa digunakan untuk menu makanan, namun telur juga dipercaya untuk meningkatkan kecantikan seseorang. Salah satunya untuk menghilangan kerutan diwajah dengan menggunakan putih telur.

Penggunaannya cukup mudah, ambil seputir telur lalu pisah kuning telurnya. Kemudian putih telur tersebut Anda oleskan pada wajah secara merata. Tunggu hingga menggering, lalu bilas bersih dengan air.

Pisang

Pisang mengandung potasium, vitamin B,C dan E. Kandungan tersebut sangat baik untuk mejaga kesehatan kulit. Anda bisa menggunkan pisang sebagai masker untuk mengatasi kulit keriput.

Pisang akan bekerja sangat baik untuk melembabkan kulit, memperbaiki produksi kolagen, elastisitas kulit dan kekenyalannya serta melawan kerusakan akibat radikal bebas. Cara menggunakannya cukup mudah, haluskan pisang, oleskan secara merata pada wajah, diamkan selama 30 menit, lalu cuci bersih dengan air.

Nanas

Nanas sangat membantu dalam menetralkan efek buruk radikal bebas dan eksitensi sel dan mencegah penuan dini pada kulit. Nanas dengan kandungan potasium dan vitamin C ini dapat menghilangkan noda hitam serta membuat kulit lebih bercahaya. Cara menggunakan, haluskan nanas dan oleskan secara merata pada wajah. Diamkan selama 20 menit, kemudian cuci hingga bersih.

Madu

Seperti yang sudah banyak diketahui orang bahwa madu memiliki khasiat yang cukup baik untuk kecantikan. Salah satunya dapat mengatasi kulit keriput. Vitamin B dan potasium yang ada di dalam madu membantu memperbaiki elastisitas kulit dan kekenyalannya. Gunakan madu sebagai masker untuk bisa mendapatkan kulit bersih dan bebas keriput. Cara penggunaannya cukup mudah, oleskan madu diwajah secara merata, diamkan selama 20 menit lalu bilas air.

Alpukat

Alpukat mengandung vitamin B, C, E, K, selenium, potasium, zinc, folat dan beta karoten. Kandungan tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Anda juga bisa menggunakan alpukat untuk mengatasi kulit keriput.

Cara menggunakannya, haluskan daging alpukat hingga menjadi pasta lembut. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Lemon

Lemon memiliki fungsi yang cukup baik untuk mengatasi kulit keriput. Jeruk juga membantu mengencangkan kulit dan membuat kulit lebih segar. Cara menggunakannya cukup mudah, Anda cukup memeras air lemon dan oleskan pada wajah dengan menggunakan kapas. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan hampir tak terhitung. Lidah buaya memang dikenal sebagai bahan alami untuk meningkatkan kecantikan. Kandungan sam malat di dalamnya membantu memperbaiki elastisitas kulit dan mengurangi keriput serta garis halus.

Cara menggunakannya cukup mudah, potong daun lidah buaya, lalu ambil bagian gelnya. Bersihkan wajah dan oleskan gel tersebut pada wajah. Diamkan selama 5-10 menit, lalu bilas dengan air.

BACA JUGA: Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan

Almond

Almond memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Almond kaya akan nutrisi, seperti vitamin E, zat besi, zinc, asam folat dan asam oleat. Kandungan nutrisi tersebut berfungsi sebagai antioksidan yang kuat untuk mencegah degenerasi serat kolagen di kulit dan menunda proses penuaan.

Cara menggunakan, rendam almon 8-10 butir dalam susu, biarkan semalaman, kemudian haluskan almon, lalu oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Itulah cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami yang mudah untuk Anda coba di rumah.

Namun, bila Anda alergi pada salah satu bahan-bahan yang telah dijelaskan di atas, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ya!