Cemburu itu wajar. Namun, cemburu buta juga tidak baik karena akan rentan memicu sebuah konflik. Anda juga pasti risih dan lama-lama terus meladeni pacar yang cemburuan. Apalagi jika hal yang dicemburui tidak beralasan. Oleh karena itu segera lakukan tindakan dengan cara mengatasi pasangan cemburuan.

Lika-liku perihal asmara memang menjadi salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dalam setiap romansa. Tak selamanya manis, terkadang hubungan pun mengalami beberapa problematika termasuk soal datangnya rasa cemburu.

Apakah pasangan Anda termasuk tipikal pria pencemburu, girls? Jika jawabannya iya, maka memang butuh beberapa cara mengatasi pasangan cemburuan untuk meredakan rasa cemburunya.

Seperti apa cara mengatasi pasangan cemburuan yang jitu untuk menghadapi pria atau wanita yang cemburu? Ini dia cara-nya:

Cara mengatasi pasangan cemburuan

Tetap bersikap tenang dan tidak emosi

Cara mengatasi pasangan cemburuan yang pertama adalah tak perlu menggunakan emosi untuk menghadapinya. Sebenarnya, pasangan cemburu berlebihan, biasanya memiliki sebuah alasan yang menjadi pemicunya.

Sehingga tanggapilah hal ini dengan santai, apalagi jika memang menurut Anda tidak ada alasan yang kuat untuk cemburu. Malah jika kamu bersikap emosi dan meledak-ledak, bahkan hingga membalas dengan saling cemburu malah akan membuat masalah tidak kunjung selesai.

Katakan ‘everhing is gonna be allright’

Meskipun menyebalkan, namun terkadang pasangan yang memiliki rasa cemburu terlalu tinggi, akan selalu mengkawatirkan Anda, dan inigin menunjukkan jika dirinya selalu peduli dan memikirkan Anda.

Maka cara paling tepat mengatasi pasangan yang cemburu berlebih adalah dengan meyakinkan dia bahwa Anda semuanya akan baik-baik saja. Dan yakinkan bahwa semuanya akan baik-baik saja. Dan Anda tidak akan mengkhianatinya. Namun kamu juga harus bertanggung jawab dengan perkataanmu tersebut.

Dan cobalah untuk mengingatkan pasangan mengenai rasa cemburu yang dimilikinya. Katakan padanya sudah seberapa parah rasa cemburu yang dimilikinya dan hal tersebut bisa berpengaruh buruk kepada hubungan.

Jelaskan padanya jika rasa cemburu memang wajar jika dia miliki namun jangan sampai terlalu berlebihan. Anda juga memiliki hak untuk menikmati hidup sendiri dan bersenang-senang dengan orang-orang disekeliling Anda.

Masukkan pasangan ke lingkungan Anda

Kecemburuan bisa muncul karena adanya kesalahpahaman yang terjadi, bisa jadi pasangan Anda kurang begitu mengenal teman-teman di lingkungan Anda. Cara mengatasi pasangan cemburuan karena hal seperti itu Anda bisa memulai dengan mengajak pasangan Anda untuk masuk ke dalam dunia dan lingkungan Anda.

Perkenalkan dia pada sahabat-sahabat Anda, sehingga saat Anda sedang bersama dengan teman-teman Anda, dia menganggap Anda tidak bermain-main di belakangnya.

Untuk itu lah, untuk mengatasi rasa cemburu pasangan Anda tersebut cobalah untuk mengenalkannya teman-teman Anda kepadanya, baik itu teman cowok maupun cewek. Dengan mengenalkannya, maka kemungkinan besar jika rasa cemburunya yang tadinya besar bisa berkurang.

Jujur dan terbuka pada pasangan

Awal dari cemburu berlebih adalah kurang percaya satu sama lain, yang mungkin terjadi jika Anda pernah membohongi dirinya. Dalam hubungan, sikap jujur dan saling terbuka menjadi hal yang sangat penting. Maka dari itu jujurlah kepada dia dan bersikap apa adanya dan saling terbuka satu sama lain agar dapat meminimalisir terjadinya sebuah kesalahpahaman yang akan membuat pasangan curiga terus menerus kepada Anda.

Ungkapkan perasaan serta pendapat Anda mengenai sikap cemburunya yang berlebihan itu, beritahu padanya jika Anda memang kurang nyaman dengan sikapnya tersebut.

Sebisa mungkin beritahukan hal ini dengan lebut dan tenang Jangan sampai apa yang Anda katakan malah membuat dia semakin curiga kepada Anda. Jika perlu Anda bisa melibatkan pasangan dalam salah satu kegiatan Anda sehingga secara tidak langsung akan membuat dia lebih mengenal lingkungan Anda.

Buktikan bahwa Anda juga mencintainya

Cara mengatasi pasangan cemburuan selanjutnya yakni dengan memberikannya bukti, bahwa Anda juga memiliki perasaan yang sama, cinta yang juga kuat kepadanya. Bisa jadi jika selama pasangan memiliki rasa cemburu yang terlalu berlebihan dikarenakan kurangnya perhatian, kasih sayang, serta cinta yang Anda tunjukkan padanya.

Cobalah untuk menunjukkan rasa cinta dan sayang Anda yang lebih kepadanya. Misalnya saja dengan menghubunginya saat Anda sedang bersama teman-teman Anda, berikan perhatian meskipun Anda tengah dalam keadaan yang sangat sibuk, atau Anda bisa menanyakan apa saja kegiatan yang telah dilakukannya. Hal itu akan membuat pasangan merasa dihargai dan membuat kecurigaannya kepada Anda perlahan menghilang.

Ciptakan batasan dalam hubungan

Buat aturan dan batasan dalam hubungan Anda, apa yang boleh ataupun tidak boleh dilakukan di dalam hubungan kalian. Batasan ini juga bisa merujuk pada apa yang pasangan Anda dan Anda inginkan sebenarnya dalam hubungan.

Untuk mengatasi sifat pasangan yang cemburuan maka ciptakan dan terapkan mengenai batasan yang jelas, tentang cara kalian mengelola emosi satu sama lainnya sehingga tidak ada kesalahpahaman. Pastikan jika aturan ini diterapkan oleh kamu dan pasangan, hal ini bisa menjadi landasan bagi komitmen Anda dan pasangan satu sama lainnya.

Pupuk rasa percaya diri pasangan Anda

Salah satu cara mengatasi pasangan cemburuan adalah dengan memupuk rasa percaya diri pada pasangan Anda. Ketidakpercayaan diri bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan pasangan memiliki rasa cemburu yang berlebihan. Sehingga jangan bosan meyakinkan pacar jika Anda bernar-benar menyayangi dan mencintainya sepenuh hati.

Ingatkan padanya jika Anda memang memilihnya dibandingkan dengan sekian banyak orang lainnya. Yakinkan pasangan jika Anda tak akan berbuat macam-macam di belakangnya. Dengan begitu, pacar akan merasa percaya diri dan tidak akan menyimpan rasa cemburu yang terlalu berlebihan lagi terhadap Anda.

Sabar dan perhatikan perkembangan sikapnya

Perlu Anda ketahui jika mengatasi pasangan yang selalu cemburuan tidak bisa diselesaikan hanya dalam satu hari saja. Anda dan pasangan mungkin saja membutuhkan waktu hingga berhari-hari agar bisa mendapatkan solusi terbaik untuk masing-masing pihak dalam mengatasi permasalahan ini.

BACA JUGA: Cara mengatasi pertengkaran dengan pasangan

Kalian berdua juga tentunya harus kompak untuk bisa menyelesaikan masalah dan jangan meninggalkan masalah begitu saja seakan tidak terjadi apa-apa. Jangan lupa untuk selalu mengontrol perkembangan sikap cemburu pasangan hingga Anda benar-benar yakin jika hal tersebut sudah bukan masalah besar lagi.

Nah itulah beberapa cara mengatasi pasangan cemburuan yang bisa Anda coba mulai sekarang. Dang ingat! cobalah untuk menghadapinya dengan tenang, sabar tanpa harus menggunakan emosi dan dengan sikap dewasa.