Cinta sejati tidak cukup untuk mempertahankan sebuah hubungan, hanya karena Anda mencintai pasangan. Namun bukan berarti Anda mau bertahan dengan perilaku tidak sehatnya yang melukai Anda. Oleh karena itu segeralah mencari tips mengakhiri hubungan tidak sehat tersebut.

Ketika Anda sudah lelah dengan terlalu banyak pertengkaran, saling mendiamkan satu sama lain, dan sering takut membuat pasangan marah, sudah saatnya Anda angkat kaki dari hubungan tersebut.

Anda mungkin telah sadar jika hubunganmu sudah tidak sehat lagi, bahkan Anda mungkin telah membayangkan bagaimana rasanya hidup tanpa pasangan.

Jika Anda yang merasa ada dalam hubungan yang tidak sehat, maka tak perlu ragu untuk menyudahinya. Namun terkadang memang sangat sulit untuk memutuskan hubungan dengan seseorang, apalagi jika jalinan cinta itu sudah berlangsung lama.

Buat Anda yang masih ragu untuk keluar dari hubungan yang sudah tidak bisa diteruskan lagi karena sudah merasa sudah tidak sehat, berikut ini beberapa tips mengakhiri hubungan tidak sehat yang dapat Anda lakukan.

Tips mengakhiri hubungan tidak sehat

Berhenti mengharapkan akhir yang baik

Dalam hubungan yang sehat, ketika ternyata harus berakhir, biasanya tak lantas pasangan menjadi bermusuhan. Berbeda dengan hubungan yang tidak sehat yang kurang memiliki empati dan pengertian antara satu sama lain.

Sehingga pasangan yang putus cinta karena hubungan mereka tidak sehat pada umumnya tidak akan baik-baik saja. Malah bisa saja satu pihak tidak terima dan melakukan konfrontasi. Hal ini yang harus Anda persiapkan saat akan memutuskan cinta dengan si dia yang selama ini menjadi toxic dalam hidupmu.

Luangkan waktu untuk berpikir mengenai hubungan

Orang-orang yang berada dalam hubungan yang tidak sehat terkadang merasa sulit untuk memutuskan karena mereka merasa tidak sanggup untuk hidup sendiri tanpa pasangan. Dan pihak yang menjadi racun dalam hubungan ini bisa memberikan ‘ancaman’ yang membuat Anda jadi mengurunkan niat untuk mengakhiri hubungan.

Misalnya dengan mengatakan Anda tidak akan menemukan orang lain yang mencintai Anda lagi, Anda tidak layak menerima cinta, atau hal-hal menakutkan lainnya yang membuat Anda menjadi ragu untuk mengatakan putus.

Anda perlu menjauh dari hubungan yang tidak sehat untuk membuat Anda dapat berfikir lebih jernih. Ingatkan Anda bahwa setelah putus nanti Anda memiliki kehidupan lebih baik yang menunggu. Orang-orang yang telah berhasil mengakhiri hubungan tidak sehat ini biasanya akan terkejut dengan apa yang mereka dapatkan setelah keluar dari hubungan tersebut.

Curhat dengan teman yang dipercaya

Jika Anda menginginkan pengingat maka jangan lupa untuk menghubungi orang-orang terdekat Anda yang mengetahui persoalan dari hubungan Anda tersebut. Ini akan membuat Anda kembali mengingat mengapa hubungan yang dijalani tidaklah sehat dan apa yang akan Anda dapatkan setelah putus nanti.

Dukungan dari teman-temanmu akan membuat lebih bersemangat dan membantu untuk terlepas dari kegalauan yang tengah dialami. Ingatlah hubungan yang tidak sehat bisa menurunkan harga diri Anda, membuat Anda ragu membuat penilaian, bahkan depresi.

Katakan keinginan dengan jelas dan sederhana

Setelah Anda telah benar-benar yakin maka katakanlah keinginan Anda itu kepada pasangan dengan kalimat yang jelas dan sederhana. Cobalah untuk membuat pasangan mengerti. Sebutkan alasan mengapa Anda ingin menyudahi hubungan cinta dengannya.

Katakanlah dengan jujur, seperti ‘Menurut saya lebih baik jika kita berpisah dan saya ingin melakukannya sekarang.’ Tak perlu merinci apa saja permasalahan hubungan kalian. Mengatakan alasan dengan sangat detail justru akan membuat Anda kembali disalahkan oleh pasangan.

Batasi komunikasi setelah putus

Saat Anda telah berhasil keluar dari hubungan yang tidak sehat, maka penting sekali untuk membatasi diri dengan dia yang kini sudah menjadi mantan. Anda harus berhenti melakukan komunikasi yang terlalu sering dengannya.

BACA JUGA: Tanda pasangan tidak bahagia dalam hubungan

Saat Anda berhenti berkomunikasi dengannya, Anda memberikan diri sendiri kesempatan untuk merasakan bagaimana rasanya hidup tanpa toxic people. Hal ini akan memberikan motivasi dalam diri Anda untuk semakin memiliki cinta baru yang lebih baik.

Nah itulah beberapa tips mengakhiri hubungan tidak sehat dengan pasangan, semoga dengan adanya tips mengakhiri hubungan tidak sehat diatas bisa membuat Anda tidak ragu lagi untuk mengakhiri hubungan yang tidak bisa untuk dilanjutkan lagi. Semoga bermanfaat!