Fenomena stretch mark umum terjadi di kalangan ibu hamil dan orang yang turun berat badan secara drastis. Biasanya, semburat garis tipis ini muncul di bokong, perut, atau paha bagian dalam. Ini tentu akan menurunkan kepercayaan diri Anda, oleh karena itu Anda harus mencari cara menghilangkan stretch mark.

Sebelum mengetahui cara menghilangkan stretch mark di paha bagian dalam, ada baiknya Anda melihat dulu siapa saja yang berisiko mengalami hal ini.

Menurut American Academy of Dermatology, kemunculan stretch mark tidak terjadi pada semua orang. Faktor yang berperan penting adalah peningkatan hormon secara tiba-tiba dan riwayat keluarga yang pernah mengalami kondisi ini.

Jika Anda menemukan stretch mark pada kulit, terutama dibagian paha bagian dalam, kemungkinan besar Anda tengah mengalami fase seperti, mengalami pubertas, kehamilan, mengalami kenaikan atau penurunan berat badan secara cepat, dan pertumbuhan otot yang cepat akibat sering melakukan latihan angkat beban.

Meski stretch mark cenderung tak berbahaya, kondisi ini kadang bisa mengganggu penampilan sehingga menurunkan kepercayaan diri. Itu sebabnya, mengetahui cara menghilangkan stretch mark di paha bagian dalam bisa membantu Anda mengembalikan kepercayaan diri.

Sebenarnya, belum ada cara yang benar-benar bisa menghilangkan stretch mark, termasuk di paha bagian dalam.

Akan tetapi, terdapat beberapa cara menghilangkan stretch mark dengan menggunakan bahan alami yang mungkin bisa membantu Anda untuk perlahan memudarkan semburat garis tersebut di paha bagian dalam Anda. Berikut ini adalah cara-caranya:

Cara menghilangkan stretch mark

Minyak zaitun

Minyak zaitun berfungsi untuk melembapkan dan mengeksfoliasi kulit (mengangkat sel kulit mati). Pijatan dengan minyak zaitun bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menyamarkan stretch marks. Cara penggunaannya:

Ambil sedikit minyak di telapak tangan dan pijat lembut di area yang muncul stretch mark

Diamkan selama 30 menit agar vitamin A, D, dan E dalam minyak terserap ke dalam kulit
Mandi setelah dipijat
Lakukan secara teratur

Lidah buaya

Aloe vera atau lidah buaya membantu mempercepat proses penyembuhan dan memiliki efek yang menenangkan kulit. Anda bisa menggunakan gel lidah buaya untuk membantu mempercepat proses memudarkan stretch marks. Caranya cukup gosokkan langsung gel lidah buaya ke kulit dan diamkan selama 15 menit. Selanjutnya, bilas dengan air hangat.

Madu

Anda juga bisa menghilangkan stretch marks menggunakan madu asli. Madu bersifat sebagai antiseptik untuk mengurangi stretch marks. Anda bisa menggunakan madu sebagai scrub. Campurkan madu dengan garam dan gliserin. Kemudian oleskan pada bagian garis halus yang ingin Anda hilangkan. Biarkan hingga kering dan bilas bersih menggunakan air.

Kentang

Kentang mengandung polifenol dan karotenoid yang dapat membantu memperbaiki tekstur kulit. Untuk memudarkan stretch mark yang timbul pasca hamil, Anda bisa mencoba memanfaatkan kentang. Cara menggunakannya cukup mudah:

Potong kentang menjadi dua.
Gosokkan setengah kentang di atas stretch mark.
Diamkan dahulu hingga mengering, kemudian bilas menggunakan air hangat.

Perasan lemon

Sifat asam dari lemon ini yang bisa membantu membersihkan stretch mark. Cara menggunakannya cukup mudah, gosokkan saja perasan sari lemon selama 10 menit pada area yang ada stretch mark. Kemudian bilas menggunakan air hangat. Lakukan yang rutin untuk hasil yang maksimal.

Gula

Anda juga bisa memudarkan warna stretch marks dengan menggunakan gula di rumah Anda. Jadikan gula sebagai scrub yang akan mengangkat sel kulit mati di atas stretch mark Anda sehingga warna stretch mark akan semakin pudar. Caranya:

Ambil satu sendok teh gula, campurkan dengan minyak pijat dan beberapa tetes perasan lemon.
Gosokkan campuran tersebut setiap sebelum mandi.
Lakukan ini secara teratur sebelum mandi dan membilas tubuh.

BACA JUGA: Cara menghilangkan bopeng di muka akibat bekas jerawat

Putih telur

Putih telur mengandung protein yang bisa membantu peremajaan sel kulit dan membantu meregenerasi kulit sehingga tampak lebih cerah. Cara menggunakan putih telur untuk memudarkan stretch mark:

Kocok putih telur.
Bersihkan dahulu bagian stretch mark yang akan diolesi putih telur.
Olesi kulit yang muncul stretch mark dengan kuas.
Biarkan kering lalu bilas menggunakan air dingin.
Selanjutnya, oles minyak zaitun untuk menjaga kulit tetap lembap dan kenyal.

Ulangi cara ini setiap hari untuk membantu mencerahkan kulit Anda dan memudarkan warna stretch mark secara perlahan-lahan.

Nah, itu lah beberapa cara menghilangkan stretch mark dengan menggunakan bahan alami yang dapat Anda lakukan di rumah. Semoga dengan adanya cara-cara diatas kini Anda dapat mengatasi masalah stretch mark Anda. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here