Sebuah hubungan memang tidak selamanya mulus, tentu sesekali akan mengalami yang namanya pertengkaran. Namun tak semua orang bisa mengatasi sebuah pertengkaran, karena semuanya harus menggunakan cara mengatasi pertengkaran dengan baik dan benar.

Begitu pertengkaran dimulai, tentu akan sulit rasanya untuk menenangkan diri dan mencoba meredamkan situasi agar kembali seperti biasanya. Tahu-tahu semuanya sudah di luar kendali dan rasanya seperti tidak bisa kembali seperti dulu lagi.

Jangan bersedih dulu, sebenarnya ada banyak cara mengatasi pertengkaran agar Anda dan pasangan cepat kembali berbaikan dan seperti sedia kala lagi.

Bagaimana caranya? Pertama-tama, tenangkanlah dulu diri Anda, tarik napas dalam-dalam, dan ingat, kamu ingin masalah selesai dan kembali baik dengan pasangan. Setelah itu lalu mulailah pelajari cara mengatasi pertengkaran dengan pasangan seperti berikut ini.

Cara mengatasi pertengkaran dengan pasangan

Jangan diumbar

Setelah melewati pertengkaran hebat dengan pacar, Anda mungkin tergoda untuk curhat pada teman-temanmu. Kalau Anda betul-betul harus mengeluarkan segala unek-unek, ceritakan hanya pada sahabat terdekat yang Anda percayai. Jangan menambahi bumbu-bumbu atau mengurangi detail penting yang bisa membuat pasangan tampak sangat bersalah atau jahat.

Minta maaf sepenuh hati

Nah, untuk cara yang satu ini Anda harus mau menurunkan gengsi dan meminta maaf padanya dari dalam hati. Dia akan tahu kalau Anda benar-benar minta maaf atau tidak, lho. Dengan meminta maaf, pasangan Anda kemungkinan besar juga akan minta maaf kembali dan amarah kalian bisa segera padam.

Maafkan dengan tulus

Kadang Anda hanya ingin permintaan maaf darinya tapi situasi jadi keruh dan berputar-putar membahas berbagai masalah lain. Parahnya lagi, Anda belum merasa puas dengan hasil adu pendapat kalian. Tapi jika ia sudah menawarkan permintaan maafnya, lupakan dan maafkan dia dengan tulus. Biarkan waktu yang akan membantu Anda dan pasangan mengobati luka kalian.

Jangan terlalu agresif

Turunkan suara Anda, pejamkan mata, ambil napas dalam-dalam dan hembuskan dengan perlahan. Ulangi selama tiga kali setiap suara Anda mulai meninggi. Setelah lumayan tenang, barulah lanjutkan pembicaraan dengan otak yang dingin.

Hal ini memang sangat sulit diterapkan saat emosi Anda yang tengah memuncak dan Anda lepas kendali. Tapi semua hal yang terasa sulit itu pasti bisa dilatih. Memang tak mungkin Anda langsung pandai mengontrol amarah saat sedang bertengkar dengannya, tapi lama-lama Anda pasti akan biasa dengan trik ini.

Jangan saling menunjuk

Daripada mengatakan, “Kamu itu selalu lupa sama janjimu sendiri!”, lebih baik Anda bilang, “Aku merasa kita sering melewatkan hal-hal penting yang sudah kita sepakati bersama,”. Dengan begitu, pasangan Anda tak akan bersikap defensif dan ia pun bisa memahami apa sebenarnya yang mengganggu pikiran Anda.

Sabar dan dengarkan

Meskipun rasanya emosi tengah membuncah dan Anda ingin segera melepaskan apa yang ada di pikiran, tahan diri. Usahakan untuk mendengarkan lebih banyak daripada Anda berbicara. Mendengarkan akan memberi Anda kesempatan untuk berpikir jernih dibandingkan dengan saat Anda teriak-teriak dan tak berhenti bicara.

BACA JUGA: Tips dan cara hidup bahagia yang bisa Anda terapkan mulai dari sekarang

Jangan main fisik

Kalau Anda sudah merasa gatal dan ingin menggunakan tangan untuk menyakiti pasangan atau Anda tahu dia hampir menggunakan kekerasan pada Anda, menyingkirlah terlebih dahulu. Menggunakan kekerasan fisik tak akan menyelesaikan masalah, tapi hanya akan memperparah keadaan. Lebih baik kalian menunggu sampai ketegangan sedikit menguap.

Bertengkar itu memang sangat menghabiskan tenaga, pikiran, dan hati. Tapi mau bagaimana lagi? Menghadapi konflik adalah suatu proses yang bisa mendewasakan Anda dan pasangan.

Bertengkarlah dengan sehat dan kalian pun akan semakin memahami dan mengenal sifat satu sama lain. Ingat, selalu terapkan tujuh cara mengatasi pertengkaran di atas, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here