in

Fakta dibalik viralnya slip gaji Bupati Banjarnegara yang menghebohkan jagat maya

Fakta dibalik viralnya slip gaji Bupati Banjarnegara yang menghebohkan jagat maya
Fakta dibalik viralnya slip gaji Bupati Banjarnegara yang menghebohkan jagat maya. (IST/IG)

Banyak sekali diantara kita yang ingin menjadi penjabat pastinya, Karena pejabat disebut-sebut memiliki gaji yang sangat besar. Belum lama ini beredar slip gaji Bupati Banjarnegara yang menjadi viral di media sosial.

Dan baru-baru ini juga memang jagat maya tengah dihebohkan dengan beredarnya foto slip gaji Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono.

Foto tersebut pun diunggah oleh akun resmi Instagram Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, @kabupatenbanjarnegara. Pada amplop berwarna cokelat itu tercantum nama Budhi Sarwono dengan jabatan Bupati Banjarnegara.

View this post on Instagram

GAJIAN BUPATI BULAN OKTOBER 2019.

A post shared by Kabupaten Banjarnegara (@kabupatenbanjarnegara) on

 

Tertulis juga bahwa gaji tersebut merupakan upah Oktober 2019, nominal yang didapat Budhi Sarwono adalah sebesar Rp 5,9 juta per bulannya.

Tertulis gaji pokoknya ialah sebesar Rp 6.114.100. Namun angka itu masih harus dipotong dengan zakat sebesar Rp 152.900. Sementara itu kolom potongan Korpri dan PMI nya nampak kosong. Hingga total potongan hanya sebatas zakat saja.

Dikolom paling bawah, tertera jumlah hasil gaji bersih setelah kena potongan yakni Rp 5.961.200. Tentu jauh dari apa yang dipikirkan oleh banyak orang.

Meskipun demikian, banyak warganet yang penasaran dengan deretan tunjangan-tunjangan yang diperoleh Bupati Banjarnegara tersebut. Sebab dalam foto yang diunggah, daftar tunjangannya tak diunggah.

“GAJIAN BUPATI BULAN OKTOBER 2019,” tulis akun @kabupatenbanjarnegara.

Kasi Pengelolaan Informasi Dinas Kominfo Banjarnegara Khadir menjelaskan jika pihaknya mengunggah foto slip gaji Bupati Banjarnegara itu hanya untuk membuat masyarakat tahu besarnya gaji bupati.

Menurutnya jika gaji bupati merupakan salah satu informasi publik yang bisa diakses oleh masyarakat luas.

“Iya benar kami yang mengunggah slip gaji bupati bulan Oktober. Terkait slip gaji itu kami diberitahu langsung oleh bupati,” kata Khadir.

Khadir juga mengatakan jika gaji yang diterima bupati terdiri atas gaji pokok dan juga tunjangan.

“Jumlah tersebut sudah termasuk tunjangan,” ujarnya.

Budhi Sarwono, Bupati Banjarnegara menceritakan awal mula slip gaji tersebut difoto oleh salah satu anaknya yang masih duduk di bangku SMP.

“Anak saya lagi duduk di samping saya, anak SMP kelas 2, baru tahu gajinya papa segitu. dan dia merasa kaget. Dan kemudian ia foto,” ujar Budhi.

Hingga akhirnya oleh budi, file foto tersebut kemudian diserahkan kepada Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika Banjarnegara.

“Ini upload saja, biar masyarakat tau,” kata Budhi.

BACA JUGA: Cuma dibayar Rp 35.ooo sebulan, slip gaji guru honorer ini viral, kok miris ya!

ia mengaku tak mempersoalkan komentar dari warganet terkait dengan unggahan foto slip gaji Bupati Banjarnegara tersebut.

“Ada banyak yang komentar, katanya ada yang kasihan, banyak yang enggak senang juga. Ya sudah enggak apa-apa, wong memang gajinya segitu,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *