in

Manfaat buah jeruk untuk kesehatan

Manfaat buah jeruk. (IST/NET)

Jeruk merupakan buah yang memiliki bentuk yang bulat dengan kulit yang berwarna oranye. Banyak sekali manfaat buah jeruk yang terkandung didalamnya.

Selama ini juga mungkin kita dengan mudahnya menemukan jeruk, namun tahukah Anda darimana sebenarnya jeruk itu berasal?

Pohon jeruk saat ini salah satu yang paling banyak dibudidayakan di dunia, namun sampai sekarang tidak jelas dari mana asal serta bagaimana penyebarannya ke seluruh dunia.
Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari mana asal pohon jeruk, ilmuwan pun kemudian memetakan genom lebih dari 50 varietas buah jeruk.

Selain itu ilmuwan juga menggunakan dua spesies yang masih berhubungan namun tidak masuk dalam keluarga jeruk. Ini dilakukan untuk lebih memahami apabila ada perubahan genetika yang terjadi pada garis keturuan jeruk.

Hasilnya, ilmuwan menemukan jika nenek moyang jeruk berasal dari pegunungan Himalaya, mencakup wilayah timur Assam, Myanmar utara, dan Yunnan bagian barat. Lalu bagaimana akhirnya jeruk menyebar?
Penelitian yang dipublikasikan di Nature ini mengungkapkan jika hal ini dipicu adanya perubahan iklim yang terjadi 6-8 juta tahun lalu.

Di masa itu, terjadi pelemahan muson yang berakibat pada cuaca kering. Hal ini menyebabkan perubahan besar yang memicu migrasi tanaman dan hewan dari daerah tersebut.

Spesies jeruk pun sangat beragam dan terdapat berbagai dan terdapat berbagai jenis hibrida hasil persilangan antarspesies hingga menghasilkan varietas yang berbeda-beda.

Manfaat buah jeruk bagi kesehatan tentu sangat beragam, buah jeruk juga sangat terkenal dengan kandungan vitamin C yang ada didalamnya.

Namun tak hanya kandungan vitamin C, jeruk juga memiliki kandungan karbohidrat, serat, vitamin beserta mineral, dan juga mengandung senyawa tanaman.

Nah banyak sekali bukan kandungan yang terdapat dalam buah jeruk? Tentunya manfaatnya pun akan sangat banyak bagi kesehatan tubuh Anda.

Jika Anda ingin mengetahuinya, berikut beberapa manfaat buah jeruk bagi kesehatan Anda.

Manfaat buah jeruk untuk kesehatan

Melancarkan saluran pencernaan

Buah jeruk memiliki serat yang tinggi, sehingga bagus untuk saluran pencernaan manusia. Serat yang dimilikinya akan membantu mengeluarkan kotoran dalam organ pencernaan Anda sehingga dapat mencegah sindrom iritasi yang terjadi pada usus besar.

Selain itu manfaat buah jeruk yang lain dapat merangsang produksi cairan pencernaan serta memperbaiki pencernaan Anda.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat buah jeruk yang satu ini di percaya dapat memperkaya imunitas tubuh. Dengan memiliki kekebalan tubuh yang kuat maka tubuh dapat menolak beberapa infeksi dan penyakit yang akan menyerang tubuh.

Selain itu jeruk juga mengandung zat polifenol yang yang memiliki fungsi sebagai antivirus yang dapat membunuh virus yang masuk sebelum menyebarkan infeksi ke dalam tubuh.

Mencegah penyakit ginjal

Sebuah studi telah menemukan fakta bahwa saat manusia mengonsumsi orange juice secara teratur, maka hal tersebut dapat membantu mencegah batu ginjal pada tubuh.

Karena buah jeruk dapat mengurangi kelebihan sitrat dalam urine dan juga dapat mengurangi tingkat keasamannya. Selain itu ternyata jeruk juga dapat mengurangi kadar gula dalam tubuh dengan baik.

Memperkuat gigi

Vitamin C yang dimiliki jeruk dapat memperkuat struktur pada gigi, mengurangi peradangan pada gigi dan gusi dan juga membuat aroma napas tetap segar dan bertahan lebih lama.

Mengatur tekanan darah tinggi

Buah jeruk memiliki kandungan magnesium yang di percaya dapat membantu akan kontrol tekanan darah seseorang.

Selain itu manfaat buah jeruk kali ini memiliki zat flavonoid yang memiliki fungsi serupa yakni membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi.

Memperkuat tulang

Buah jeruk terkenal memiliki senyawa kalsium dan vitamin D yang tinggi. Kedua senyawa dan nutrisi tersebut sangat berfungsi untuk tulang, yaitu memperkuat struktur tulang sehingga tidak mudah mengalami keretakan, osteoporosis dan patah tulang.

Jeruk juga diketahui memiliki kandungan asam askorbat yang tugasnya membantu melakukan penyerapan kandungan kalsium dengan lebih baik.

Mencegah datangnya kanker

Kanker merupakan momok menyeramkan pada sebagian orang, pasalnya penyakit menyebabkan angka kematian yang tinggi. Namun alangkah lebih baiknya jika Anda mencegah sedari dini dengan mengonsumsi buah jeruk yang terkenal dapat mencegah kanker karena manfaat buah jeruk kali ini memiliki senyawa seperti fisetin, quercetin, astragalin, isoquercitrin, asam galat serta enzim yang lain.

BACA JUGA: Enak dimakan, ini manfaat tempe untuk kesehatan

Senyawa tersebut dalam sebuah penelitian mampu melindungi tubuh terhadap serangan kanker pada payudara, usus besar dan prostat. Jeruk juga memiliki senyawa yang disebut limonene yang dapat menghambat sel kanker.

Nah, itu lah beberapa manfaat buah jeruk bagi kesehatan yang perlu Anda ingat dengan baik dan jangan lupa untuk mengaplikasikan beberapa manfaat buah jeruk tersebut dalam pola hidup sehat Anda. Selamat mencobanya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *