Buah kiwi merupakan sejenis buah beri yang dapat dimakan dari tanaman merambat berkayu dalam genus Actindia. Manfaat buah kiwi juga tentunya sangat banyak dan beragam.

Bentuk buahnya yang mungil dan berwarna hijau ini tergolong kaya manfaat buah kiwi untuk kesehatan. Jumlah serat dan vitamin C dalam kiwi ditengarai lebih banyak ketimbang jeruk.

Akan tetapi siapa sangka bahwa kiwi ternyata mulanya bukan berasal dari Selandia Baru, melainkan dari negeri tirai bambu, Cina yang dinamai gooseberry.

Menurut laporan The Time, pada 1904, biji kiwi dibawa oleh guru Selandia Baru usai mengunjungi Cina. Ia memberikan benih tersebut pada petani yang kemudian berhasil berbuah pertama kali pada 1910.

Ternyata, buah ini pernah diklaim oleh orang Amerika Serikat dan Inggris sebagai buah hasil kekayaan negeri mereka.

Namun akhirnya pada 1959, Selandia Baru memenangkannya dan terus mempromosikan buah gooseberry ini sebagai buah khas mereka yang diberi nama kiwi.

Kiwi sendiri diambil dari nama burung lokal Selandia Baru. Hingga akhirnya sejak 1970, permintaan dunia akan buah kiwi pun meningkat tajam. Dan kini semua orang mengaitkan kiwi dengan negara Selandia Baru.

Kiwi ini dikenal sebagai penghasil vitamin C terbesar dibandingkan dengan buah-buahan yang lainnya.

Beragam kandungan yang dimiliki oleh kiwi diantaranya memiliki, protein, kandungan air, karbohidrat, kalori, abu, lemak, magnesium, fiber, zat besi, vitamin c, dan masih banyak lagi kandungan manfaat buah kiwi hijau ataupun kuning.

Jika diantara kalian sedang dalam program hamil (promil) ada juga manfaat buah kiwi untuk promil karena penelitian mendalam di bidang kesehatan yang baru menunjukkan bahwa kesuburan pasutri ditambah dengan kebiasaan memakan buah-buahan yang mengandung vitamin C yang tinggi akan semakin membuka peluang terjadinya kehamilan.

Dokter spesialis gizi klinik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dokter Fiastuti Witjaksono MS Sp GK di Jakarta baru-baru ini memberi contoh bahwa mengkonsumi buah kiwi Zespri patut dijadikan pertimbangan bagi seorang wanita yang ingin segera hamil.

Tak hanya bermanfaat untuk yang sedang promil saja, manfaat buah kiwi untuk ibu hamil muda dan hamil tua pun sangat baik karena buah kiwi kaya akan folat dan Vitamin C nya.

Untuk masalah kecantikan pun manfaat buah kiwi ini sangat baik digunakan dalam menjaga kesehatan kulit, berikut beberapa manfaat buah kiwi bagi kecantikan kulitmu.

manfaat buah kiwi untuk kecantikan

Mencerahkan kulit wajah

Buah kiwi yang memiliki bentuk unik ini dikenal sebagai salah satu sumber vitamin E yang cukup tinggi. Dengan mengkonsumsi buah kiwi, maka kamu bisa mendapatkan manfaat vitamin E tersebut.

makan buah kiwi memang bermanfaat untuk membantu menyehatkan kulit wajah kita, sehingga kulit akan tampak lebih cerah alami. Buah kiwi juga bisa digunakan sebagai masker wajah yang alami.

Untuk membuat masker dari buah kiwi, haluskan terlebih dulu buah kiwi yang sudah dipotong, kemudian aplikasikan langsung pada wajah.

Mengecilkan pori-pori

Saat pori-pori wajah tampak membesar seperti kulit jeruk, rasanya tentu membuat kita menjadi kurang percaya diri. Selain itu, pori-pori yang terbuka juga akan mudah dimasuki kotoran dan debu yang akan membuat wajah semakin kusam.

Buah kiwi ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengecilkan pori-pori wajah. Buah kiwi memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi, kandungan mineral tersebut ternyata mampu mengecilkan pori-pori wajah yang membesar.

Menjaga kelembapan kulit

ngin wajahmu selalu lembab secara alami? Kamu bisa memanfaatkan mineral dari buah Kiwi untuk menjaga kelembaban kulit wajahmu.
Seperti telah disinggung sebelumnya, bahwa kandungan mineral ini mampu mengecilkan pori-pori yang membesar. Ternyata khasiat mineral dari buah kiwi ini dapat juga digunakan untuk menjaga kelembaban kulit.

Merawat kulit berminyak

Kulit berminyak juga merupakan masalah kulit wajah yang terkadang membuat kita memiliki masalah kulit lainya. Kulit wajah yang berminyak akan rentan terkena kotoran dan debu, serta rentan terkena infeksi yang akan menimbulkan berbagai macam jerawat tumbuh di wajah.

Dengan buah kiwi yang mengandung vitamin C tadi, dapat membantu menghilangkan jerawat dan membantu mengontrol minyak yang berlebih pada sebum kulit.

Menghilangkan jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah wajah yang paling sering dialami sebagian orang. ada banyak bahan alami yang memang bisa membantu menyembuhkan bahkan menghilangkan jerawat di wajah, salah satun bahan alami ini adalah buah Kiwi.

BACA JUGA: 9 manfaat buah apel yang mengandung manfaat bagi kesehatan

buah kiwi yang ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan ini dapat membantu menghilangkan jerawat jika dicampur dengan bahan lain, yaitu air perasan jeruk lemon.

Nah itulah beberapa manfaat buah kiwi bagi kesehatan dan juga kecantikan, kamu bisa mengonsumsinya langsung, atau bisa dicampur dengan bahan makanan lainnya, atau dapat dimanfaatkan sebagai masker dan juga dicampur dengan bahan lainya.