Seledri merupakan sayuran dan tumbuhan obat yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Manfaat seledri sendiri sangat banyak untuk kesehatan maupun menjadi penyedap dalam makanan.

Saledri adalah tanaman sayuran bumbu yang berbentuk seperti rumput yang berasal dari Amerika, seledri dapat tumbuh pada dataran rendah sampai tinggi.

Tanaman saledri juga dapat dikembangkan di daerah tropis seperti di Indonesia, sebagai tanaman subtropis seledri mebutuhkan sinar matahari yang cukup sekitar 8 jam per harinya.

Tanaman seledri termasuk kedalam tanaman jenis dikotil (biji berkeping dua) dan merupakan tanaman setahun atau dua tahun, yang berbentuk menyerupai rumput atau semak.

Tanaman saledri juga tak memiliki cabang, susunan tubuhnya hanya terdiri dari akar, batang, daun, bunga dan buah saja.

Manfaat seledri untuk kesehatan pun sangat baik karena mengandung gizi yang cukup tinggi dan sangat lengkap yaitu ada protein, lemak, karbohodrat, kalsium, fostar, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan air.

Selain memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi, seledri juga mengandung zat glukosida, apiol, flafonoid, dan apiin. Zat itulah yang bermanfaat sebagai obat peluruh keringat, demam, darah tinggi, rematik dan sukar tidur.

Memang sangat bermanfaat untuk kesehatan, manfaat seledri untuk rambut pun sangat banyak khasiatnya lho. Selain aman dan tak ada unsur kimia, khasiat yang ditimbulkan pun tak kalah bagus nya dengan beragam produk untuk rambut yang tersedia di salon lho!

Manfaat seledri buat kesehatan rambut sendiri bisa mengatasi berbagai permasalahan dalam rambut yakni salah satunya masalah rambut rontok, mencerahkan rambut kusam, dan menghilangkan ketombe di rambut.

Nah, bagi Anda yang sudah dikaruniai buah hati pun manfaat seledri untuk rambut bayi sangat baik untuk pertumbuhan rambut buah hati Anda.

Seledri juga sangat berkhasiat untuk lebatkan rambut bayi. Hal ini dikarenakan protein, kalsium, lemak, zat besi, vitamin A, B, dan C yang terkandung dalam seledri dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Itu hanya sebagian saja manfaat yang terkandung dari seledri bagi tubuh Anda, jika Anda ingin mengetahui lebih banyak lagi apa saja manfaat seledri buat kesehatan, berikut beberapa manfaatnya:

Manfaat seledri untuk kesehatan

Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan senyawa 3-n-butylphthalide dalam seledri diketahui mampu untuk menurunkan kadar lemak dalam darah. Sebuah penelitian pada hewan juga menunjukkan adalah penurunan kadar kolesterol jahat atau HDL dan trigliserida setelah pemberian ekstrak seledri.

Mencegah infeksi dan meningkatkan sistem imun

Manfaat daun seledri untuk keseahatan selanjutnya tidak kalah penting yaitu dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan mencegah infeksi.

Seledri dipercaya memiliki kandungan senyawa yang dapat bertindak sebagai antimikroba sehingga dapat membantu mencegah infeksi pada tubuh.

Membantu menurunkan berat badan

Selain kaya nutrisi, seledri memiliki kandungan serat tinggi dan kalori yang rendah. Hal ini lah yang membuat seledri cocok untuk dimasukkan ke dalam menu untuk menurunkan berat badan.
Kandungan vitamin dan mineral dalam seledri juga cukup tinggi sehingga tidak khawatir terkena malnutrisi.

Mencegah gigitan nyamuk

Gigitan nyamuk tidak selalu berbahaya, tapi sudah pasti menimbulkan ketidaknyamanan. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak seledri pada kulit dapat mengusir gigitan nyamuk hingga waktu 4,5 jam lamanya. Seledri mungkin ditemukan dalam beberapa produk pengusir nyamuk.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat rebusan daun seledri ini salah satunya didapatkan dari kandungan kalium yang ada di dalamnya. Sebelumnya sudah disebutkan juga bahwa seledri dapat membantu menurunkan kadar lemak jahat dalam darah.

Kolesterol dan tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko penyakit kardiovaskular dan daun seledri dapat menurunkan kedua faktor risiko tersebut.

Meringankan nyeri sendi

Daun seledri memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meringankan gejala radang sendi, rematik, hingga asam urat.

Manfaat daun seledri satu ini masih berhubungan dengan kandungan senyawa 3-n-butylphthalide di dalamnya. Selain daunnya, batang seledri juga dipercaya bermanfaat untuk asam urat karena bertindak sebagai obat diuretik.

Mengatasi masalah perut dan sembelit

Mengandung polisakarida berbasis Pektin, seledri termasuk senyawa yang dikenal sebagai apiuman, yang telah terbukti bisa mengatasi maag. Kandungan ini membantu meningkatkan perlindungan pada lapisan lambung, serta memodulasi sekresi lambung.

Kadar air seledri tinggi sekitar 95%, ditambah dengan serat larut dan tidak larut. Semua kandungan itu baik untuk saluran pencernaan. Satu cangkir batang seledri bisa memenuhi kebutuhan 5 gram serat makanan.

Baik untuk kesehatan mata

Seledri mengandung banyak vitamin A, sehingga meningkatkan penglihatan, mengobati mata kering, dan melindungi kornea.

BACA JUGA: Daftar Kredivo ditolak? Begini caranya biar langsung di setujui

Itulah beberapa manfaat seledri buat kesehatan tubuh, Anda bisa mengonsumsi nya dengan cara dibuat jus, ataupun bisa dicampur ke dalam menu makanan yang akan Anda santap.