Renang merupakan salah satu cabang aquatik, Renang adalah upaya untuk menggerakan semua bagian tubuh ke atas permukaan air. Manfaat renang pun sangat beragam.

Renang biasanya dilakukan tanpa perlengkapan bantuan. Renang adalah cabang olahraga yang menggunakan anggota tubuh terutama bagian tangan dan kaki untuk bergerak di dalam air.

Olahraga renang dimuali sejak abad 19 di London. Sekitar tahun 1837, hanya ada 6 kolam renang di kota tersebut.

Kemudian popularitas renang pun terus membaik, dan pada tahun 1869 beberapa asosiasi mulai bermunculan. Popularitas kejuaraan renang sederap dengan kebangkitan Olimpiyade dan tercantum sebagai olahraga modern di Anthena pada tahun 1896.

Sepanjang perkembangan yang dapat diikuti, kota Bandung merupakan kota yang mengawali kegiatan olahraga renang di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan pembangunan kolam renang Cihampelas pada tahun 1904.

Di samping itu, sebelum kemerdekaan telah ada beberapa kolam renang di beberapa kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan lainnya.

Renang pun mempunyai beberapa macam gaya, misalnya dalam renang untuk rekreasi biasanya orang berenang dengan gaya dada, gaya punggung atau gaya bebas dan gaya kupu-kupu.

Dan jika gaya renang yang dilombakan dalam perlombaan renang adalah gaya kupu-kupu, gaya punggung, gaya dada, dan gaya bebas.

Dalam lomba renang nomor gaya bebas, perenang dapat menggunakan berbagai macam gaya renang, kecuali gaya dada, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu.

Tidak seperti halnya gaya dada, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu, Federasi Renang Internasional tidak mengatur teknik yang digunakan dalam nomor renang gaya bebas.

Walaupun demikian, hampir semua perenang berenang dengan gaya krol, sehingga gaya krol (front crawl) digunakan hampir secara universal oleh perenang dalam nomor renang gaya bebas.

Manfaat renang bagi kesehatan tubuh tentunya sangat penting, karena berenang memiliki khasiat yang sangat super bagi tubuh Anda.

Tak hanya bermanfaat bagi orang dewasa saja, namun ada juga manfaat renang untuk anak selain menjadi aktivitas yang menyenangkan dan juga menghabiskan hari libur.

Sebuah penelitian di Norwegian University of Sciene and Technology juga membuktikan jika berenang dapat membantu melatih kemampuan motorik anak dan mengasah keseimbangan tubuhnya.

Oleh karena itu olahraga ini dikatakan baik bagi semua kalangan, karena olahraga ini merupakan cara yang baik untuk bersantai dan memperbaiki mood Anda. Selain itu, manfaat renang pun baik bagi kesehatan fisik dan juga mental.

Jika Anda belum mengetahui apa saja manfaat renang, berikut diantaranya:

Manfaat renang bagi kesehatan tubuh

Menyehatkan jantung

Manfaat renang lainnya adalah meningkatkan detak jantung dan menjaga kesehatan paru-paru. Para peneliti telah mengatakan bahwa berenang dapat mengurangi risiko kematian dibandingkan dengan orang yang tidak aktif. Dengan demikian, berenang membantu menurunkan tekanan darah dan mengontrol gula darah.

Renang membuat Anda lebih cerdas

Manfaat renang yang banyak orang tidak sangka adalah kemampuannya untuk meningkatkan kecerdasan. Renang meningkatkan fungsi memori dan kemampuan berpikir.

Aktivitas ini membantu dalam mengurangi peradangan dan resistensi insulin di otak, dengan membangun pertumbuhan sel otak baru.
Berenang juga dikenal untuk meningkatkan mood dan kemampuan otak untuk berpikir lebih efisien.

Memperkuat otot

Salah satu manfaat renang yang paling signifikan adalah membuat seluruh tubuh Anda bergerak. Ada berbagai gaya yang digunakan saat berenang dan masing-masing berfokus pada kelompok otot yang berbeda.

Ini membantu memperkuat otot Anda dan membangun kekuatan dan daya tahan tubuh.

Melatih pernafasan

Berenang mampu melatih pernapasan agar lebih kuat dan panjang. Hal ini karena gerakan saat berenang meliputi otot anggota tubuh yang mampu memacu aliran darah ke jantung, paru-paru lebih lancar, dan juga pembuluh darah.

Meninggikan badan

Jika ingin memiliki tubuh yang tinggi, salah satu aktivitas yang bisa Anda lakukan adalah berenang. Berenang membuat tubuh sehat juga tinggi. Maka dari itu, ajarkan anak sedari dini untuk berenang.

Meredakan stress

Banyak bergerak mampu menghilangkan stres dan merangsang hormon endorfin yang mampu membuat suasana hati menjadi lebih tenang. Bahkan, tanpa Anda sadari, saat bersentuhan dengan air pun, suasana hati menjadi lebih senang.

Bentuk tubuh ideal

Berenang merupakan pilihan tepat bagi Anda yang menginginkan tubuh ideal. Bagian bisep mampu terbentuk efektif jika Anda sering berenang. Hal ini karena seluruh anggota tubuh bergerak.

Nah itulah beberapa manfaat renang bagi kesehatan Anda, agar aktivitas renang Anda lebih menyenangkan, jangan lupa ajaklah keluarga maupun teman-teman ya!