Pernikahan adalah upacara pengikatan janji nikah yang dirayakan atau dilaksanakan oleh dua orang dengan maksud meresmikan ikatan perkawinan secara norma agama, norma hukum, dan norma sosial.

Upacara pernikahan memiliki banyak ragam dan variasi menurut tradisi suku bangsa, agama, budaya, maupun kelas sosial. Penggunaan adat atau aturan tertentu kadang-kadang berkaitan dengan aturan atau hukum agama tertentu pula.

Contohnya saja upacara adat pernikahan di Bugis Makassar yang disebut dengan Mapparola. Mapparola merupakan kunjungan mempelai wanita ke rumah orang tua mempelai pria.

Biasanya mempelai wanita datang ditemani iring-iringan dari keluarga wanita sembari membawa seserahan berupa perlengkapan pribadi dan kue kue untuk mempelai pria.

Dalam acara Mapparola tersebut pada umumnya pasangan pengantin menggunakan mobil berhias untuk bertandang ke orang tua pasangannya tersebut.

Tapi lain halnya dengan pasangan pengantin asal Makassar ini, mereka  melakukan mapparola dengan menggunakan motor vespa.

Aksi dua sejoli yang tengah berbahagia dan lakukan mapparola dengan motor vespa itu pun terekam kamera dan menjadi trending usai dibagikan melalui akun Instagram @makassar_iinfo dan telah dilihat oleh ribuan pengguna Instagram lainnya.

Dalam keterangannya, pengantin tersebut bernama Fauzi Aruji dan Sitti Nurdianty. Usai melaksanakan akad nikah di rumah mempelai wanita Fauzi langsung mengajak Nurdianty ke rumah orang tuanya.

Uniknya mereka melakukan adat Bugis-Makassar yang disebut Mapparola itu lain dari biasanya yakni dengan menggunakan motor vespa.

Dalam video itu tampak kedua mempelai yang masih mengenakan baju pengantin adat Bugis-Makassar, Fauzi dan Nurdianty berkendara dari Jalan Urip Sumoharjo ke rumah orang tua Fauzi di Jalan Gunung Latimojong.

Dan dibelakang kedua pengantin itu pun terlihat juga rombongan rekan-rekan Fauzi yang juga berasal dari komunitas Vespa Makassar.

Postingan Makassar_iinfo itu pun kemudian menjadi viral, dan mendapatkan beragam komentar yang menyebut pasangan pengantin tersebut unik.

genthongteam,”Bambanknya karaeng. Bagus bedaknya mua nya ka ndak luntur make up😮,”

vivitry_08,”@kirman_skut @anggadarwis_ @rulbaco referensi besok2 kalau kalian nikah bagus ini 😂,”

akbarsaja96,”Yang mewah mah sudah banyak dan sudah biasa, tapi yg unik dan sederhana jarang, 😍😍👏 kebahagiaan yg utama,”

BACA JUGA: Viral, pasangan pengantin di Lombok memakai kain kafan sebagai mas kawin

sitinurmala64,”Sedikit uang panaik tdk masalah yg penting bahagia . Semangatki nak 👍😄,”

alqadryalfiansyah,”Handal mmg ini senior andalanga dari dulu😘 @fauzi.nurdianti,”