in

Cara membuat pisang nugget enak dan lezat

Cara membuat pisang nugget enak dan lezat
Cara membuat pisang nugget. (IST/NET)

Siapa sih yang gak tahu dengan pisang nugget? pasti kalian tahu dong makanan lezat yang tentunya merupkan olahan dari pisang ini. Bahkan mungkin diantara kalian mengetahui cara membuat pisang nugget yang enak dirumah.

Nugget pisang merupakan salah satu jajanan ikonik di Makassar, kalau biasanya digoreng dengan tepung biasa, lain halnya dengan olahan pisang yang satu ini digoreng menggunakan tepung panir sehingga lebih bertekstur dan renyah diluarnya.

Namun jangan sampai tertukar dengan pisang pasir ya, karena pisang nugget umumnya memakai pisang raja atau dengan pisang tanduk yang terasa lebih legit dan beraroma khas.

Nugget pisang memang menjadinkreasi terbaru dalam mengolah buah pisang. Rasa yang dihasilkan dari pisang nugget sendiri memang sangat enak, renyah dan lezat.

Tekstur pisang nugget yang empuk dan lembut ini memang banyak disukai. Nugget pisang ini masih jarang dijumpai. Jarangnya nugget pisang dijual dimasyarakat hingga bisa dijadikan kesempatan bagus untuk dimanfaatkan.

Cara membuat pisang nugget goreng coklat pun terbilang sangat simpel dan sederhana. Bahan baku nya juga sangatlah mudah dijumpai sehingga untuk mengolah pisang nugget pun bisa Anda dapatkan dengan sangat gampang.

Pisang nugget ini juga memiliki potensi bisnis yang sangat bagus lho, sehingga jika usaha nugget pisang ini dijalankan tentu akan mendatangkan keuntungan tersendiri.

Peluang usaha pisang nugget ini patinya terbuka sangat luas bagi siapapun yang inghin terjun didalamnya. Olahan nugget pisang yang banyak disukai karena memiliki rasa yang manis dan menagihi.

Sebelum Anda mempelajari cara membuat pisang nugget, ada beberapa tips yang perlu diketahui. Pertama, pilihlah pisang matang pohon yang berwarna kuning tua, biasanya berbentuk lebih tebal dan berisi.

Pisang matang pohon ini berbeda dengan pisang belum matang, yang berwarna pucat dan berukuran kecil-kecil. Pisang seperti ini tidak cocok untuk dijadikan olahan pisang manis karena rasanya sepat dan tidak enak untuk dimakan.

Sama halnya seperti saat membuat olahan nugget ayam, sapi, dan ikan, untuk membuat nugget pisang, pisang harus dikukus terlebih dahulu agar tekstur pada nugget menjadi sangat lembut dan lembek.

Cara membuat pisang nugget tanpa dihancurkan Inilah yang membuat nugget pisang terasa melted pada gigitan pertama. Setelah dikukus, sebaiknya tunggu pisang sampai tiris. Lalu, agar lebih padat masukkan pisang ke kulkas selama kurang lebih tiga jam.

Jika udah nge-set, baru deh keluarkan pisang dari kulkas, dan potong sesuai selera Anda. Untuk tahu lebih lengkap cara membuat banana nugget, yuk kita mulai cara membuat pisang nugget crispy sederhana berikut!

Cara membuat pisang nugget :

Bahan-bahan

500 gr pisang matang yang sudah dikupas

100 gr gula pasir (boleh dikurangi kalau pisangnya sudah manis)

100 gr tepung kunci

3 sdm susu bubuk

1 butir telur utuh

1/2 sdt garam

Balutan:

100 gr tepung terigu

3 sdm gula pasir

Air matang secukupnya

200 gr tepung roti atau tepung panir

Topping

Susu cokelat compound

Matcha compound

Susu kental manis

Keju

Oreo biskuit

Atau bisa diganti sesuai selera.

Cara membuat

1. Cincang kasar pisang, tidak perlu halus agar terasa tekstur pisangnya.

2. Masukkan gula pasir, tepung, susu bubuk, telur, dan garam, ke dalam adonan pisang, aduk rata dengan sendok.

3. Masukkan dalam loyang yang sudah dialasi plastik, supaya mudah mengeluarkan saat sudah matang.

4. Kukus adonan selama 15-20 menit.

5. Setelah dirasa cukup padat, angkat dan dinginkan sebelum dipotong.

6. Potong-potong nugget sesuai selera, tebal sekitar 1 cm.

7. Campur adonan balutan kecuali tepung roti, tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental (seperti adonan tepung pisang goreng biasa).

8. Celupkan nugget ke dalam adonan tepung balutan, lalu gulingkan di tepung panir.

9. Goreng dengan api sedang hingga kuning keemasan, sajikan dengan topping sesuai selera.

Selain enak dan lezat, pisang nugget yang sudah dibalut tepung roti bisa awet disimpab di freezer lho. Dan kamu bisa kapan saja menggorengnya. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *