Soto ayam merupakan makanan khas Indonesia yang berupa sejenis sup ayam dengan kuah yang berwarna kekuningan. Warna kuning ini dikarenakan oleh kunyit yang digunakan sebagai bumbu.

Soto ayam memiliki cita rasa yang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi kenikmatannya. Mungkin anda sering kali menemukan variasi dari soto ayam seperti soto ayam santan, soto ayam lamongan, soto ayam betawi, dan masih banyak lainnya.

Hampir di semua daerah di Indonesia banyak di jumpai penjual soto ayam yang menyajikan varian rasa yang khas.

Tapi lebih nikmat rasanya jika menghidangkan soto ayam buatan anda sendiri. Nah, jika anda masih bingung bagaimana resep dan cara membuatnya, yuk langsung aja simak uraian resep dan cara membuat soto ayam kuah bening mudah dan enak.

Cara Membuat Soto Ayam Kuah Bening

Bahan:

1 ekor ayam
4 buah kentang , bersihkan, iris tipis
2 buah tomat , bagi menjadi 6 bagian
200 gram kol, iris tipis
200 gram tauge, bersihkan dan kukus hingga matang
50 g soun , rendam dengan air panas
3 butir telur ayam , rebus hingga matang kemudian iris menjadi 4 bagian
1 batang daun bawang , iris halus
3 buah bawang merah
2 siung bawang putih
2 L air
50 g bawang goreng
25 gram Lengkuas
2 sdm minyak goreng
2 cm kunyit
4 buah kemiri
1 buah jeruk nipis , bagi menjadi 8 bagian
15 g jahe
3 lembar daun jeruk
2 batang serai
2 lembar daun salam
Merica secukupnya
Garam secukupnya

Cara Membuat:

Haluskan kemiri, kunyit, jahe, bawang merah, dan bawang putih yang sudah disiapkan tadi. Lalu tambahkan merica dan garam.

Kemudian, siapkan penggorengan dengan api sedang, lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan minyak goreng, lalu masukkan Daun jeruk, daun salam, serai, dan lengkuas. Tumis bumbu hingga tercium harum.

Siapkan panci untuk merebus air lalu rebus air sampai mendidih. Setelah air sudah mendidih kemudian masukkan bumbu yang sudah ditumis ke dalam panci aduk hingga semua bumbu larut dalam air. Lalu msasukkan ayam yang sudah dibersihkan ke dalam kuah soto yang sedang direbus. Rebus kuah hingga mendidih dan ayamnya matang. Boleh sedikit mencicipi kuahnya, agar jika terasa kurang sedap bisa ditambahkan garam dan merica sesuai selera Anda.

Keluarkan ayam dari dalam kuah, kemudian pisahkan daging ayam dengan tulangnya. Sisihkan daging ayam dan masukkan kembali tulang ayam ke dalam kuah. Masukkan daun bawang yang sudah diiris halus ke dalam kuah. Lalu kentang yang sudah diiris tipis-tipis di goreng hingga kering. Setelah selesai sisihkan dalam wadah tertutup.

Goreng ayam yang sudah di rebus dalam kuah tadi dan goreng hingga berwarna kecoklatan, setelah itu suwir ayam kecil-kecil.

Siapkan mangkuk untuk menyajikan soto. Lalu letakkan tauge, kentang goreng, soun, 1 irisan tomat, telur, dan daging ayam, lalu tuangkan kuah soto secukupnya ke dalam mangkuk.

BACA JUGA: Resep dan cara membuat pancake ala rumahan

Taburkan bawang goreng ke dalam mangkuk dan taruh irisan jeruk nipis di atasnya. Soto ayam di lengkapi dengan menambahkan kecap manis, sambal, dan kerupuk.

Bagaimana sangat mudah bukan cara membuat soto ayam kuah bening? Selamat mencoba!