Memiliki bekas luka kadang membuat anda merasa kurang percaya diri. Beberapa orang mungkin bisa menghilangkan bekas luka dengan cepat dan ada beberapa juga yang tidak.

Umumnya bekas luka yang sulit menhilang ini diakibatkan ketika luka mulai mengering dan terasa gatal, malah digaruk dan akhirnya menimbulkan bekas luka.

Bagi anda yang memiliki bekas luka dan ingin mencoba menghilangkanya. Yuk simak beberapa cara alami untuk menghilangkan bekas luka.

Cara menghilangkan bekas luka

Mentimun

Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi vitamin A, B, dan C serta mineral, seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika.

Membuat mentimun menjadi bagian penting dalam perawatan kulit. Siapkan mentimun lalu iris seacara tipis-tipis.

Kemudian tempelkan pada seluruh wajah dan diamkan selama 30 menit. Setelah selesai basuh dengan menggunakan air bersih.

Madu

Menghilangkan bekas luka bisa juga menggunakan madu karena dapat mencerahkan kulit, madu kaya akan anti oksidan dan juga dapat mengangkat sel kulit mati.

Sebelum tidur, tutupi bekas luka kamu dengan madu. Bungkus bekas luka yang tertutup madu dengan perban.

Biarkan selama satu malam penuh. Di pagi hari, lepaskan perban dan cuci madu dengan air hangat. Jadikan ini bagian dari rutinitas kamu setiap malam.

Air Kelapa

Air kelapa ternyata cukup ampuh dalam menghilangkan bekas luka yang hitam. Gunakan air kelapa untuk membasuh luka anda lalu diamkan dulu beberapa saat. Kemudian, bilas dengan air bersih.

Putih Telur

Putih telur juga bisa digunakan untuk membantu menghilangkan bekas luka anda. Caranya pisahkan dulu putih telur dari kuning telur kemudian oleskan putih telur pada bekas luka, anda bisa menambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis ataupun lemon untuk menghindari bau amis yaang ditimbulkan. Diamkan dulu beberapa saat, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Lidah Buaya

Lidah buaya tak hanya bermanfaat sebagai cara untuk merawat rambut dan mencerahkan kulit, ternyata lidah buaya juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka secara alami.

Caranya belah dulu lidah buaya yang sudah disiapkan, lalu ambil gel lidah buaya yang ada di tengah dan oleskan secara merata pada kulit anda. Diamkan 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Jangan sampai kulitmu terkena getah lidah buaya. Karena getah tanaman ini bisa memicu munculnya iritasi dan gatal-gatal. Disarankan agar lidah buaya tidak digunakan selama dua minggu pertama setelah luka terjadi.

Kencur

Kencur memang sudah dikenal sebagai cara untuk menghilangkan bekas luka. Caranya dengan membuat ramuan beras kencur menjadi obat luar. Siapkan 1 genggam beras yang telah direndam selama 7 menit, tambahkan 4 kencur.

Lalu tumbuk ke dua bahan tesebut sampai halus dan tambahkan sedikit air agar menjadi salep, oleskan pada bekas luka.

Mengkudu

Buah mengkudu memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi sehingga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka hitam.

Cara adalah haluskan terlebih dahulu buah mengkudu yang sudah disiapkan. Oleskan buah mengkudu yang sudah dihaluskan ke bagian kulit yang terluka secara merata.

Diamkan selama beberapa saat dan kemudian bilas sampai bersih.

Daun Jarak

Daun jarak juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka di kaki secara alami dan cepat. Cara penggunaanya, siapkan beberapa lembar daun jarak, kemudian direbus lalu basuhkan air rebusan daun jarak tersebut pada bekas luka

Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan buah kaya akan antioksidan dan vitamin C. Kandungan yang ada di dalam ini mampu membantu mengangkat sel kulit mati yang membuat luka menjadi menghitam.

Caranya, belah buah jeruk menjadi dua bagian, kemudian oleskan pada kulit secara merata dan diamkan selama 30 menit. Lalu bila dengan air bersih.

Lemon

Tak hanya jerus nipis, lemon pun mempunyai kandungan vitamin C yang banyak. Asam alpha hidroksi juga bisa menangkanl radikal bebas yang ada dalam kulit sehingga bekas luka dapat memudar seiring waktu.

Cara penggunaannya, oleskan perasan lemon pada bekas luka. Lalu tunggu hingga kering, kemudian bilas dengan air bersih.

Nah itulah beberapa cara menghilangkan bekas luka yang bisa anda coba di rumah, untuk mendapatkan hasil yang maksimal perawwatan ini bisa dilakukan secara rutin. semoga bermanfaat.