Salah satu opsi bagi Anda untuk menemukan tempat bermukim dengan banyaknya ketersediaan hunian dan harga yang terjangkau, adalah dengan memilih hunian di kawasan-kawasan penyanggah (kota satelit).

Area ini dipilih dikarenakan kota-kota yang ada dapat dikatakan minim dari sisi ketersediaan maupun banderolan harga yang tergolong mahal.

Jika saat ini Anda tinggal di Ibukota, wilayah-wilayah penyanggah seperti Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan dan Bekasi adalah wilayah yang tepat dalam mendukung keinginan Anda untuk memiliki tempat bermukim pribadi.

Diantara empat wilayah penyanggah tersebut, Depok adalah wilayah yang paling banyak dicari dalam beberapa tahun terakhir.

Tidak hanya menjadi wilayah yang sangat berdekatan dengan kawasan strategis di DKI Jakarta, ketersediaan hunian disana dikatakan tergolong memadai untuk beragam generasi dan golongan pendapatan.

Jika Anda berminat, sebelum Anda memilih proyek-proyek rumah dijual di Depok, ada baiknya Anda mengetahui untung-rugi yang dihadirkan oleh Kota Belimbing tersebut. Berikut adalah pemaparannya

Untung

Murahnya harga rumah dijual di Depok
Fakta membuktikan, alasan utama masyarakat pencari properti yang beraktivitas di Ibukota sengaja memilih Depok disebabkan oleh faktor harga jual rumahnya.

Tidak usah membandingkan dengan harga jual perumahan di Ibukota yang kini tidak masuk akal lagi, perbandingan harga per meter persegi rumah dijual di Depok dengan kawasan penyanggah lain saja dapat dinyatakan lebih murah.

Dilansir dari Lamudi.co.id, harga rata-rata per meter persegi dari disana berkisar pada angka 8,8 juta rupiah per meter persegi. Lebih murah dibanding wilayah dengan harga jual per meter persegi pada kawasan penyanggah ibukota yang juga murah yakni Bekasi (10 juta per meter persegi).

Semisal Anda mengambil rumah dijual di Depok tipe 36 yang cukup untuk keluarga kecil, jika menggunakan fitur KPR dengan lama 20 tahun, setidaknya Anda hanya mengeluarkan budget senilai 1,3 juta – 1,5 juta per bulannya.

Jika harga rata-rata rumah dijual di Depok saja tertera seperti itu, masih ada kemungkinan Anda bisa mendapatkan harga per meter dari sebuah proyek hunian yang lebih rendah mengingat varian proyek perumahan yang beragam tipenya hadir di seluruh penjuru Depok.

Ketersediaan aksesibilitas lengkap
Selain harga, aksesibilitas prima adalah faktor yang sangat menguntungkan saat memilih hunian di Depok untuk tempat bermukim.

Tidak hanya dihubungkan dengan jalan raya yang dapat menjangkau ke Ibukota, Bogor, dan Bekasi, Depok di hari ini juga didukung fasilitas aksesibilitas jalan bebas hambatan (Jalan Tol Depok-Antasari & JORR) yang dapat mempercepat waktu tempuh mobilisasi Anda sehari-hari.

Selain infrastruktur jalan, fasilitas transportasi massal menuju kawasan-kawasan tersebut juga kini semakin maju. Moda-moda transportasi massal juga telah tersedia dan siap digunakan seperti commuter line, transjakarta, hingga moda transportasi teranyar Light Rapid Transit (LRT).

Rugi

Terlalu ramai penduduk
Ada banyak alasan masyarakat pencari properti dalam memilih hunian yang berlokasi di kawasan penyanggah Ibukota, salah satunya adalah menjauhkan diri dari hiruk pikuk Ibukota.

Jika Anda adalah orang yang memiliki visi tinggal di kawasan penyanggah yang menyediakan nuansa ketenangan menjauhi hiruk pikuk Ibukota, unit-unit rumah dijual di Depok dapat dikatakan akan jauh dari visi Anda.

Dapat dikatakan, tinggal dan beraktivitas di Depok di setiap harinya tidak akan jauh beda suasana kepadatannya dengan Ibukota DKI Jakarta.

Sekalipun perumahan yang menawarkan tempat bermukim adalah kawasan ekslusif di sisi-sisi yang jauh dari perkotaan, Anda pasti akan menemukan padatnya mobilisasi penduduk setiap harinya.