Muhammad Sulaiman Harsono atau yang akrab disapa Bolot lahir di Bogor, Masa Pendudukan Jepang, 5 Maret 1942. Beliau merupakan seorang pelawak dan pemain lenong Betawi. Dalam setiap lawakannnya, ia dikenal sebagai seorang yang budeg dan hanya mendengar yang berhubungan dengan wanita atau uang.

Sosoknya pun masih eksis di layar kaca hingga saat ini. Puluhan tahun berkarir di dunia hiburan, komedian berusia 77 tahun itu terbilang sukses. Namun siapa sangka bahwa dirinya pernah merasakan pahitnya kehidupan.

Dalam sebuah acara Talk Show bernama Okay Bos yang dipandu oleh Raffi Ahmad dan Vicky Prasetyo, Haji bolot hadir sebagai bintang tamu. Dalam kesempatan itu ia menceritakan bagaimana masa lalunya. Hal ini bermula dari pertanyaan Raffi kepadanya.

“Pak Haji jarang sakit rahasianya apa?” tanya Raffi.

Dengan sigap pelawak senior itu pun menjawab pertanyaan yang diberikan Raffi Ahmad tersebut. Baginya agar terhindar dari berbagai penyakit, ia memegang tiga hal dalam hidupya.

Adapun tiga hal tersebut, yakni jangan terlalu berambisi, jangan memiliki sifat sirik, dan berbanyaklah sedekah. Tak berhenti sampai di situ saja, pertanyaan lainnya juga diajukan dan cukup mengejutkan.

“Pak Haji katanya 3 tahun tinggal di kandang kambing?” Tanya Sahila Hisyam.

“Sebenarnya gua bukan tinggal di kandang kambing, tapi tinggal di bekas tinggal kambing,” ujar Haji Bolot.

Tidak percaya dengan kisah yang diceritakan Haji Bolot, Raffi pun kemudian menanyakan kebenaran akan hal itu.

“Itu beneran?” tanya Raffi.

Pria kelahiran Bogor itupun menjelaskan bahwa dirinya pernah tinggal di bekas kandang kambing selama tiga tahun bersama istri dan anak-anaknya. Hal ini ia lakukan lantaran dirinya tak memiliki rumah.

Masa itu, jangankan untuk membangun rumah, untuk makan saja ia dan keluarganya masih kesusahan.

Raffi pun bertanya lagi, “Pak haji katanya pernah pas lagi susah-susahnya, Pak Haji ditinggalin sama orang-orang terdekat.”

“Nih gua cerita yang bener nih ya. Begitu gua punya anak dua sampe punya anak tiga, anak gua yang nomor tiga itu umur empat bulan,” ujar sang pelawak mengawali ceritanya.

“Begitu gua pulang, anak sama istri gua ada di situ. Begitu gua berangkat ke pasar, gua beli lauk untuk makan, tinggal anak gua doang. Istri gua pulang, disuruh pulang sama emaknya,”

Ia mengungkapkan, istrinya pernah pergi meninggalkannya bersama anak-anak. Lantaran sang istri disuruh pulang oleh orangtuanya. Namun dibalik kisah masalalunya itu, ada fakta yang cukup mengejutkan, bahwa sekarang dirinya telah menjadi juragan kontrakan.

Meskipun dulunya Haji Bolot tak punya tempat tinggal, kini ia pun sudah menjadi juragan kontrakan dengan total sebanyak 140. Walaupun kini sudah memiliki aset yang cukup menjanjikan ia tetap menghabiskan waktunya di layar kaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here