Belum lama ini warga Makassar dihebohkan dengan seekor anak sapi yang terlahir berkepala dua. Tapi sayang, anak sapi itu tidak memiliki usia terlalu lama, usai di lahirkan sapi itu mati.

Anak sapi itu lahir secara caesar dengan bantuan dari tim dokter hewan di Pusat Kesehatan Hewan, Tamangapa, kecamatan Manggala, Makassar pada Rabu (29/8) lalu.

Menurut dokter hewan Puskeswan, Muhtadin Wahyu, sapi itu awalnya dibawa oleh pemiliknya ke pusat kesehatan karena kesulitan saat proses persalinan.

Sang pemilik meminta bantuan kepada tim dokter untuk mengeluarkan anak sapi di perut induk sapi miliknya.

Tim dokter pun membantunya. Tapi mereka kesulitan jika harus membantu kelahiran anak sapi itu secara normal. Akhirnya mereka pun membantunya dengan cara operasi caesar.

Muhtadin juga menjelaskan kalau awlanya sapi itu posisinya ada di sebelah kiri, tidak tepat pada saat masih dalam perut induknya.

Tapi saat dilakukan operasi, anak spai itu memang memiliki dua kepala. Kejadian itu bisa disebabkan karena banyak faktor, misalnya dari sperma induk dan kelainan genetik.

Saat dilakukan proses operasi caesar, induk sapi itu lebih dulu disembelih atas izin dari pemiliknya. Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan tim dokter dalam mengeluarkan anak sapi itu secara operasi caesar.

Setelah penyembilan induknya dilakukan, proses operasi caesar pun dilakukan. Tapi setelah operasi, anak sapi itu mati.

Anak sapi tersebut hingga kini masih disimpan di Pusat Kesehatan Hewan, Jalan Tamangapa Makassar untuk keperluan penelitian dokter.